Friday, June 14, 2013

Tips Mengerjakan Tugas Dengan Mudah

Banyak sobat pelajar yang mengeluhkan karena banyaknya tugas yang diberikan oleh guru dan merasa kesulitan dalam mengerjakannya. Untuk sobat saya akan memberikan tips keren untuk mengerjakan tugas dengan mudah berapapun banyaknya tugas yang harus dikerjakan.

Tips Mengelola Tugas-Tugas dari Guru

Tugas seorang pelajar memang berat karena harus mampu menguasai sebanyak mungkin ilmu yang diberikan oleh semua guru dari semua mata pelajaran. Begitu pula dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan, seorang pelajar harus benar-benar jeli dan pandai dalam mengelola setiap tugas yang diberikan di sekolah.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mengelola tugas-tugas yang diberikan agar tidak mempersulit dan dapat dikerjakan dengan baik. Tips tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Buat buku khusus untuk tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan catat setiap tugas yang diberikan dengan jelas dan rapih.
  2. Buat skala prioritas dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Dalam hal ini kerjakanlah tugas yang lebih dahulu diberikan secara berurutan sesuai jadwal pelajaran di sekolah.
  3. Segera kerjakan tugas yang diberikan maksimal dua hari setelah tugas itu diberikan.
  4. Jika terdapat kesulitan jangan ragu untuk mencari referensi tambahan baik dari rekan sekelas, teman dari kelas lain atau orang lain yang memiliki informasi yang mungkin dapat membantu kita dalam mengerjakan tugas tersebut.
  5. Lakukan semua tips diatas secara rutin dan berkesinambungan.
Dengan melakukan beberapa tips diatas secara teratur sobat semua dapat terhindar dari segala masalah karena tugas-tugas yang diberikan di sekolah. Sobat tidak akan kesulitan meski tugas-tugas yang harus dikerjakan menumpuk karena sobat memiliki jadwal yang konsisten.

Cara Mudah Mengerjakan Tugas

Beberapa hal di atas akan lebih maksimal apabila didukung dengan beberapa tips cara mudah mengerjakan tugas berikut ini.

Tugas diberikan berdasarkan materi yang dipelajari karena itu belajarlah secara rutin, usahakan jadwal belajar sehari-hari lebih awal dari jadwal mengerjakan tugas (PR) agar saat mengerjakan tugas materi yang baru saja dipelajari masih kita ingat.

Buatlah rangkuman dari materi yang dipelajari; rangkuman ini berisi materi-materi yang penting yang harus kita kuasai. Sobat dapat membuat rangkuman ini dengan cara menandai materi yang penting pada buku cetak yang dibaca atau memberikan tanda tertentu pada buku catatan yang dimiliki.

Carilah referensi pelajaran dari kaka tingkat. Hal ini untuk memberikan kita gambaran materi-materi penting yang harus kita kuasai dan tugas-tugas seperti apa yang biasanya berkaitan dengan materi tersebut.

Jadilah kreatif dan kerjakan tugas sobat sendiri. Hal ini untuk melatih kemandirian dan pemahaman sobat akan materi yang sedang dipelajari.

Jangan ragu untuk meminta bantuan jika mengalami kesulitan dengan materi tugas yang diberikan. Dengan catatan mintalah informasi yang dapat membantu bukan meminta orang lain mengerjakan tugas kita.

Demikianlah informasi yang dapat saya berikan mengenai “Tips Mengerjakan Tugas Dengan Mudah” ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat pelajar semua.

Tips Mengerjakan Tugas Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah