Tuesday, January 13, 2015

Bagian-Bagian Teleskop Bintang dan Fungsinya

Tugas Bagian-Bagian Teleskop Bintang dan Fungsinya - Update tugas sekolah kali ini akan membahas mengenai sebuah materi tentang bagian-bagian teleskop bintang dan juga mengenai fungsinya. Sobat pelajar yang membutuhkan materi mengenai teropong bintang (teleskop) ini silahkan langsung disimak dibawah ini. Materi ini juga berkaitan dengan alat optik, yang sudah kita bahas sebelumnya.

Sekilas Mengenai Teleskop Bintang: Teleskop digunakan untuk memperbesar benda yang sangat jauh letaknya. Pada kebanyakan kasus di dalam penggunaan teleskop, benda bisa dianggap berada pada jarak tak berhingga. Galileo, walaupun bukan penemu teleskop, ia mengembangkan teleskop menjadi instrumen yang penting dan dapat digunakan. 

Galileo merupakan orang pertama yang meneliti ruang angkasa dengan teleskop, dan ia membuat penemuan-penemuan yang mengguncang dunia, di antaranya satelit-satelit Jupiter, fase Venus, bercak matahari, struktur permukaan bulan, dan bahwa galaksi Bimasakti terdiri dari sejumlah besar bintang-bintang individu.

Secara garis besar, teleskop atau teropong bintang (teropong astronomi) dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu teleskop pembias (Keplerian) dan teleskop pemantul. Itulah yang bisa kita ambil poin penting mengenai tugas yang kita bahas kali ini. Selanjutnya kita akan membahas satu demi satu bagian masing-masing.

Bagian Teleskop Bintang dan Fungsinya: Teleskop bintang memiliki berbagai bagian atau komponen utama yang menjadi satu bagian dalam sebuah teleskop tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai komponen atau bagian tersebut silahkan perhatikan penjelasan berikut ini.

Komponen-komponen teropong bintang :
  1. Penyangga
  2. Lensa pembidik: untuk membidik bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif tanpa memperbesarnya.
  3. Lensa objektif: Lensa yang ditujukan kepada benda-benda angkasa.
  4. Lensa okuler: Lensa yang ditempatkan di dekat mata.
  5. Pengatur panjang focus
  6. Pemutar (engsel)
Prinsip kerja :
  1. Mengkalibrasikan antara lensa pembidik dengan lensa okuler. (Bagian teleskop dan fungsi)
  2. Mengarahkan lensa pembidik pada sasaran yang akan di bidik.
  3. Setelah obyek terlihat, mengatur lensa okuler dengan cara memutar pengatur panjang lensa okuler untuk mendapatkan obyek yang jelas.Jarak fokus lensa objektif lebih besar dari jarak fokus lensa okuler
Letak benda pada teropong bintang :
  1. Obyektif : di depan lensa.
  2. Okuler : didepan lensa.Letak bayangan pada teropong bintang :
  3. Obyektif : di belakang lensa
  4. Okuler : di belakang lensa Sifat bayangan :
  5. Obyektif : nyata, terbalik, diperkecil.
  6. Okuler : maya, terbalik, diperbesar
Sebuah teleskop mempunyai dua sifat-sifat umum:
  • Seberapa baik dapat mengumpulkan cahaya.
  • Berapa banyak dapat memperbesar gambar.

Sebuah kemampuan teleskop untuk mengumpulkan cahaya yang langsung berhubungan dengan diameter lensa atau cermin. Aperture yang digunakan untuk mengumpulkan cahaya.Umumnya, semakin besar aperture, semakin menyalakan teropong mengumpulkan dan membawa fokus, dan terang gambar akhir.Pembesaran teropong, kemampuannya untuk memperbesar gambar, tergantung pada kombinasi lensa yang digunakan. Lensa mata melakukan perbesaran. Karena setiap perbesaran dapat dicapai dengan hampir setiap teropong dengan menggunakan eyepieces berbeda, aperture adalah fitur yang lebih penting daripada pembesaran

Materi Tugas Bagian-Bagian Teleskop Bintang Dan Fungsinya ini dibagikan hanya untuk kepentingan sumber referensi yang disadur dari berbagai sumber. Silahkan sobat pelajari materi tersebut dan mengkonsultasikan hal-hal lainnya kepada guru yang bersangkutan dengan bidang materi ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah referensi bacaan sobat pelajar semua.

Bagian-Bagian Teleskop Bintang dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah