Friday, May 31, 2019

Naskah Drama Cerita Legenda Indonesia

Naskah Drama Cerita Legenda - Seringkali kita mendapat tugas garapan untuk mementaskan drama yang berasal dari cerita legenda terkenal dari Indonesia dan kita mengalami banyak kesulitan dalam menyusun naskah drama tersebut selain karena waktu yang terbatas.


Hal itu juga disebabkan karena sedikitnya referensi yang memuat tentang naskah drama dari cerita legenda terkenal di Indonesia. 

Dengan kenyataan seperti ini sebenarnya sobat pelajar harus lebih kreatif dan berusaha membuat naskah drama tersebut berdasarkan cerita legenda yang diinginkan.

Namun demi membantu sobat pelajar semua kali ini saya akan mencoba berbagi beberapa cerita legenda yang telah dimodifikasi menjadi naskah drama untuk tugas garapan dari sekolah

A. Kumpulan Naskah Drama Cerita Indonesia

Sebelum kita melihat beberapa naskah yang kita butuhkan mari lebih dulu melihat beberapa koleksi naskah yang bisa kita pelajari dan kita gunakan sebagai contoh.

Berikut ini akan dicertakan juga beberapa cerita dalam bentuk naskah pementasan drama. Cerita tersebut tentunya ada yang termasuk legenda dan ada juga beberapa cerita lain.

Disini kita bisa memilih beberapa judul naskah yang sesuai dengan tema drama yang sedang kita butuhkan.

Ada banyak contoh, kita bisa mencari berdasarkan tema ceritanya, panjang pendek naskahnya dan lain sebagainya. Beberapa naskah yang bisa kita pelajari yaitu:

1) Naskah drama anak anak cerita legenda
2) Contoh drama cerita legenda
3) Naskah drama cerita rakyat singkat
4) Naskah drama legenda jaka tarub
5) Naskah drama legenda batu menangis
6) Naskah drama legenda sangkuriang
7) Naskah drama legenda candi prambanan
8) Naskah drama legenda bawang merah bawang putih

Mohon maaf jika ada beberapa naskah yang memang belum tersedia. Seiring waktu kita akan terus melengkapi berbagai kumpulan naskah drama yang ada di atas. Jadi jangan sungkan untuk kembali mengunjungi situs ini untuk mendapatkan beberapa naskah lain yang dibutuhkan.

B. Contoh Naskah Drama Legenda Indonesia

Kalau di atas kita sudah mendapatkan beberapa ide untuk cerita drama yang bisa kita jadikan naskah pementasan drama sekarang kita lihat beberapa naskah drama cerita legenda yang sudah disiapkan.

Berikut akan di ulas sedikit mengenai beberapa naskah yang ada. Naskah berikut di bagi berdasarkan panjang pendek naskahnya yaitu meliputi naskah untuk drama 4 orang, drama 5 orang dan seterusnya.

Dengan melihat beberapa contoh yang ada maka diharapkan kita bisa membuat sendiri naskah yang kita butuhkan berdasarkan sebuah cerita legenda yang ada di Indonesia. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan rujukan dan bahan belajar kita semua. Mari kita lihat beberapa contoh berikut.

Contoh Drama Legenda 4 Orang Pemain
Sebenarnya banyak cerita legenda yang dapat digarap untuk pementasan drama dengan 4 orang pemain. Cerita legenda tersebut adalah legenda yang memiliki sentral pemain tunggal yang focus mengisahkan satu karakter dalam ceritanya.

Cerita legenda tersebut dapat kita modifikasi menjadi naskah drama legenda untuk 4 orang pemain. Beberapa contoh legenda yang dapat kita kembangkan menjadi drama 4 orang tersebut antara lain sebagai berikut:

Drama Legenda 5 Orang Pemain
Untuk naskah legenda 5 pemain ini, kita membutuhkan cerita legenda yang lebih komplek dari yang untuk drama legenda 4 pemain. Kita dapat mengembangkan sebuah naskah drama ini dengan menyiapkan cerita legenda yang menceritakan pada dua tokoh utama atau lebih.

Namun untuk mencari cerita legenda yang seperti ini agak lumayan sulit karena pada umumnya legenda merupakan cerita yang tidak terlalu kompleks yang fokus pada pesan moral yang dibawanya.

Drama Legenda 6 Orang Pemain
Jika sobat pelajar mempunyai cerita legenda yang lumayan panjang, cerita legenda tersebut cocok untuk kita kembangkan menjadi naskah drama legenda untuk 6 orang pemain.

Dengan mendapatkan cerita yang agak panjang ini kita tidak akan terlalu banyak mengalami hambatan dalam menyusun sebuah naskah drama yang diadopsi dari cerita legenda.

Drama Legenda 7 Orang Pemain
Sedangkan untuk drama legenda 7 orang pemain, drama legenda 8 orang pemain dan drama legenda 9 pemain sobat pelajar harus ekstra keras dalam menyusunnya.

Sebab selain melibatkan banyak tokoh tentunya cerita yang akan dibawakan juga harus kita kembangkan sedemikian mungkin agar memenuhi keinginan dan tujuan pementasan drama itu sendiri.

Kumpulan Naskah Drama tentang Cerita Rakyat

Saya mohon maaf karena tidak dapat menampilkan contoh naskah drama legenda yang sobat perlukan disini namun jika sobat benar-benar membutuhkan naskah tersebut saya telah menyiapkan beberapa contoh naskah drama yang diambil dari cerita legenda. 

Sobat dalam menyalin atau mencopy naskah tersebut sebagai contoh melalui pintu yang saya sediakan. Semoga tugas garapan drama sobat pelajar semua dapat cepat selesai dengan hasil yang memuaskan.

Naskah Drama Cerita Legenda Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pusta Swara