Tuesday, March 26, 2019

Bahasa Indonesia: 5 Cerpen Terbaru Tentang Sahabat Beserta Analisisnya

Untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Ada 5 cerpen terbaru tentang sahabat. Untuk tugas bahasa Indonesia kali ini kita membahas 5 cerpen terbaru tentang sahabat. Lima cerpen terbaru ini dipilih karena bahannya yang sederhana. 


Juga karena penulisnya merupakan siswa pelajar jadi dapat dikatakan cerpen sahabat kali ini adalah hasil pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. 

Untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan menulis kita harus belajar. Khusus pada mata pelajaran ini kita belajar melalui karangan. Baik itu yang merupakan buatan sendiri atau juga karangan orang lain.

Cerpen. Menjadi tema khusus dalam pelajaran kita. Dalam tema ini kita belajar banyak. Pertama kita belajar mengenai cerpen itu sendiri. Dari pengertian, unsur cerpen dan seterusnya.

Setelah panjang lebar dengan teori, diakhir pembelajaran kita diberi kesempatan untuk menganalisis langsung sebuah karya cerpen. Terserah kita. Biasanya kita dibebaskan memilih cerpen yang akan dianalisis.

Selain mengenai hal itu kita juga belajar menulis. Ya, dibagian awal kita menggali banyak berbagai unsur cerpen. Dibagian berikutnya kita berlatih menerapkan. Kita belajar membuat karya berdasarkan pemahaman kita.

Kita diberi kesempatan untuk belajar mengarang. Atau menulis cerpen bebas. Berdasarkan tema yang kita pilih sendiri. 

Pada awalnya akan terasa sangat sulit. Bukan karena tidak bisa. Tapi biasanya lebih karena kurang percaya diri. Karena belum pernah menulis. Momen itulah yang harus dilalui. 

Untuk mengawali proses menulis. Untuk memancing daya imajinasi kita. Untuk belajar menuangkan ide dan gagasan yang kompleks dalam sebuah tulisan.

Untuk tujuan itulah kita mulai membaca. Mencari contoh karangan-karangan sederhana. Untuk dijadikan pelajaran. Guna menambah pemahaman, untuk belajar mengarang.

Bisa membaca dari cerita cerpen karangan penulis profesional. Atau bisa juga membaca karangan-karangan sederhana karya teman lain. Untuk itulah kita bagikan contoh kali ini. 

Sekedar untuk memberikan gambaran awal untuk mulai menulis. Tidak harus dikuti tapi untuk memancing imaji. Makanya, silahkan simak 5 cerpen sahabat tersebut untuk belajar bahasa Indonesia yang sudah disiapkan.

Dibawah ini untuk tugas Bahasa Indonesia mengenai beberapa contoh cerpen terbaru tentang sahabat. Berikut judul cerpennya dulu, secepatnya akan saya update langsung contoh cerpennya agar dapat digunakan dan didownload.

1) Semangat roti isi keju
2) Petikan terakhir senarcinta rafa
3) Sahabat terbaik
4) Hancurnya sebuah harapan
5) Persahabatan yang rapuh

Beberapa cerpen yang saya pilih untuk melengkapi bahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, jika karya tersebut kurang memenuhi kaidah penulisan cerpen atau lain-lainnya semoga dapat menambah ilmu dan pengalaman bagi rekan pelajar semua.


Kumpulan Cerpen Terbaru tentang Sahabat

Masih banyak lagi cerpen persahabatan yang akan Tugas Sekolah bagikan disini, namun untuk sementara ini 5 cerpen terbaru diatas sepertinya sudah lebih dari cukup untuk referensi kita belajar. Untuk mendapatkan update terbaru silahkan berkunjung kembali ke blog tercinta ini.

Bahasa Indonesia: 5 Cerpen Terbaru Tentang Sahabat Beserta Analisisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti