Monday, July 27, 2015

Sifat - Sifat Terpuji

8:17 PM By Kumpulan Tugas ,

Materi Sifat - Sifat Terpuji Pelajaran Agama Islam - Seorang mukmin hendaknya memiliki sifat-sifat terpuji yang tercermin dalam tingkah lakunya sehari-hari. Dengan memiliki sifat-sifat ini niscaya kehidupan kita akan lebih terarah. Mengingat pentingnya sifat tersebut, kali ini kita akan membahas materi tentang sifat terpuji untuk materi Agama Islam.

Segala macam perilaku atau perbuatan baik yang tampak dalam kehidupan sehari- hari disebut akhlaqul karimah atau akhlaqul mahmudah. Acuannya adalah Al Quran dan hadis serta berlaku universal. Akhlaqul karimah atau sifat-sifat terpuji ini banyak macamnya, di antaranya adalah husnuzzan yang pengertiannya adalah sebagai berikut. Tapi sebelum itu mari kita sempatkan juga membaca beberapa informasi lain berkaitan dengan hal ini, yaitu misalnya:

1) Sifat sifat tercela
2) Sifat sifat terpuji dalam islam
3) Contoh sifat sifat terpuji
4) Makalah sifat sifat terpuji dalam islam
5) Artikel sifat sifat terpuji dalam islam
6) Sifat sifat terpuji bagi allah
7) Sifat sifat terpuji dalam kehidupan sehari hari
8) Sifat sifat terpuji nabi muhammad saw

Sekarang, dengan mempelajari beberapa hal di atas maka kita bisa lebih meningkatkan kualitas pribadi kita menjadi seseorang yang memiliki pribadi lebih baik. Sekarang mari kita lihat apa saja sifat terpuji yang bisa kita miliki dalam kehidupan kita.

Husnuzzan kepada Allah
Kata husnuzzan berarti berprasangka baik atau disebut juga positive thinking. Lawan dari kata ini adalah su'uzzan yang artinya berprasangka buruk atau disebut juga negative thinking... Sebagai seorang muslim hendaknya kita memiliki sifat husnuzzan agar pikiran kita tidak dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif yang tidak ada manfaatnya bahkan justru mengganggu kita.

Mengingat pentingnya sifat ini maka sebaiknya kita menerapkan sifat ini di kehidupan nyata sehari-hari agar hati dan pikiran kita senantiasa bersih dan memiliki sifat terpuji sebagai seorang muslim yang taat kepada Alloh SWT. 

Gigih dan Optimis
Sikap gigih atau kerja keras serta optimis termasuk di antara akhlak mulia yakni percaya akan hasil positif dalam segala usaha. Rasa yakin ini akan menimbulkan sugesti, percaya diri, dan makin bersemangat dalam menjalankan berbagai hal baik yang ada.

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari jika kita memiliki sifat gigih dan optimis maka kita tidak akan mudah menyerah jika menghadapi berbagai persoalan hidup, kesulitan atau bahkan kegagalan. Sebagai seorang muslim yang taat kepada Alloh SWT maka hendaknya kita memiliki sifat ini dan diterapkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berinisiatif
Berinisiatif merupakan perilaku yang terpuji karena sifat tersebut berarti mampu berprakarsa melakukan kegiatan yang positif serta menghindarkan sikap terburu- buru bertindak dalam situasi sulit. Inisiatif dalam kehidupan kita sehari-hari sangat penting perannya dalam memajukan kehidupan kita. Dengan memiliki sifat ini maka kita tidak akan berpangku tangan dan hanya menunggu hal yang jauh dari jangkauan.

Inisiatif ini akan mendukung sifat gigig dan optimis khususnya dalam menjalankan kehidupan duniawi misalnya saja dalam hal berusaha mencari nafkah halal di jalan Alloh SWT. Bukan hanya itu, dalam kehidupan sehari-hari juga banyak hal kecil yang akan lebih lancar jika kita memiliki inisiatif. 

Rela Berkorban
Allah swt telah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa yang hidup tersebar di muka bumi agar mereka saling mengenal. Firman Allah swt. Surah Al Hujurat Ayat... 

Sikap Terpuji terhadap Mahkluk Hidup Selain Manusia
Agama Islam adalah rahmat Allah untuk semesta alam yang artinya rahmat tersebut bukan hanya untuk manusia saja tetapi juga untuk makhluk hidup selain manusia yaitu alam dan...

Masih banyak sifat terpuji yang hendaknya kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari namun beberapa sifat diatas setidaknya akan memberikan pedoman tingkah laku bagi kita semua dan membimbing kita pada kehidupan yang sejalan dengan syariat.

Sifat - Sifat Terpuji
Makalah Tentang Sifat Sifat Terpuji
[Download]

Itulah tadi pembahasan kita mengenai materi Sifat - Sifat Terpuji kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembelajaran serta pengembangan diri kita.

Lihat juga tugas...!