Sunday, January 26, 2014

Ringkasan Materi PKN - Pancasila Sebagai Idiologi Terbuka

6:49 AM By Kumpulan Tugas

Ringkasan Materi PKN - Pancasila Sebagai Idiologi Terbuka. Materi kali ini adalah tentang Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dengan topik Pancasila sebagai idiologi terbuka. Bagi rekan pelajar yang sedang belajar materi ini, penjelasan tentang Pancasila sebagai idiologi terbuka ini jelas akan menambah pemahaman kita.


Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila dalam kedudukannya ini sering disebut sebagai Dasar Filsafat atau Dasar Falsafah Negara (Philosofische Gronslag) dari Negara, ideologi Negara atau (Staatsidee). Dalam pengertian ini pancasila merupakan suatu dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan Negara atau dengan kata lain perkataan. Pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara.

Selain paparan diatas, pembahasan kita juga meliputi beberapa aspek sebagai berikut:
  1. Pemahaman tentang idiologi menurut para ahli 
  2. Dua kutub idiologi 
  3. Pengertian idiologi secara luas dan sempit 
  4. Sejarah Perumusan Pancasila 
  5. Fungsi Pancasila sebagai idiologi Negara 
  6. Pancasila Sebagai Idiologi Terbuka 
  7. Idiologi Tertutup 
  8. Idiologi Terbuka
  9. Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan 
Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia merupakan ideologi yang terbuka. Artinya pancasila memiliki nila-nilai yang bersifat tetap dan tidak dapat berubah, namun dalam praktek sehari-hari pancasila dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa harus mengubah kandungannya.

Jika dasar negara bersifat tertutup maka bangsa Indonesia akan tertinggal dari perkembangan zaman dan peradaban dunia. Akibatnya Indonesia akan terkucilkan dari pergaulan internasional.

Sebagai Ideologi terbuka, Pancasila memberikan orientasi ke depan, mengharuskan bangsanya untuk selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dan akan dihadapinya, terutama menghadapi globalisasi dan era keterbukaan dunia dalam segala bidang. Ideologi Pancasila menghendaki agar bangsa Indonesia tetap bertahan dalam jiwa dan budaya bangsa Indonesia dalam ikatan Negara kesatuan Republik Indonesia... Selengkapnya.

Lihat juga tugas...!