Wednesday, February 6, 2013

Manfaat dan Kegunaan Hidrokarbon

5:38 AM By Kumpulan Tugas

Manfaat dan Kegunaan Hidrokarbon. Hidrokarbon banyak memberi manfaat bagi kebutuhan manusia, baik dalam bidang pangan,sandang, papan, seni daan estetika. Dalam hal ini akan di paparkan kegunaan hidokarbon dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia, yaitu dalam bidan sandang, papan, pangan seni dan estetika.


Salin Materi

Pengertian Hidrokarbon

Dalam bidang kimia, hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur atom karbon (C) dan atom hidrogen (H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik.

Sebagai contoh, metana (gas rawa) adalah hidrokarbon dengan satu atom karbon dan empat atom hidrogen: CH4. Etana adalah hidrokarbon (lebih terperinci, sebuah alkana) yang terdiri dari dua atom karbon bersatu dengan sebuah ikatan tunggal, masing-masing mengikat tiga atom karbon: C2H6. Propana memiliki tiga atom C (C3H8) dan seterusnya (CnH2·n+2).

Karena struktur molekulnya berbeda, maka rumus empiris antara hidrokarbon pun juga berbeda: jumlah hidrokarbon yang diikat pada alkena dan alkuna pasti lebih sedikit karena atom karbonnya berikatan rangkap.

Kemampuan hidrokarbon untuk berikatan dengan dirinya sendiri disebut dengan katenasi, dan menyebabkan hidrokarbon bisa membentuk senyawa-senyawa yang lebih kompleks, seperti sikloheksana atau arena seperti benzena. Kemampuan ini didapat karena karakteristik ikatan di antara atom karbon bersifat non-polar.

Sesuai dengan teori ikatan valensi, atom karbon harus memenuhi aturan "4-hidrogen" yang menyatakan jumlah atom maksimum yang dapat berikatan dengan karbon, karena karbon mempunyai 4 elektron valensi. Dilihat dari elektron valensi ini, maka karbon mempunyai 4 elektron yang bisa membentuk ikatan kovalen atau ikatan dativ.

Hidrokarbon bersifat hidrofobik dan termasuk dalam lipid.
Beberapa hidrokarbon tersedia melimpah di tata surya. Danau berisi metana dan etana cair telah ditemukan pada Titan, satelit alam terbesar Saturnus, seperti dinyatakan oleh Misi Cassini-Huygens

Manfaat Hidrokarbon

1. Bidang Sandang

Dari bahan hidrokarbon yang bias di manfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Dari kerosin ini semua bahnya dibentuk menjdi senyawa aromatik, yaitu para-xylene.

Para-xylene ini kemudian dioksidasi menggunakan udara menjadi PTA (lihat eta proses petrokimia di atas). Dari PTA yang berbentuk seperti tepung detergen ini kemudian direaksikan dengan metanol manjadi serat poliester. Serat polyester inilah yang menjadi benang sintetis yang bentuknya seperti benang. Hampir semua pakaian seragam yang adik – adik pakai mungkin terbuat poliester. Untuk memudahkan pengenalanya bisa dilihat dari harganya. Harga pakaian yang terbuat dari benang sintetis poliester biasanya relatif lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan dasar katun, sutra atau serat alam lainya. Kehalusan bahan yang terbuat dari serat polyester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksi PTA dengan metanol). Sebetulnya ada polimer lain yang digunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Polimer tersebut terbuat dari polietilen.

2. Bidang Papan

Bahan bangunan yang berasal dari hidrokarbon pada umumnya berupa plastic. Bahan dasar plastic hampir sama dengan LPG, yaitu polimer dari polilena yaitu senyawa dasar olefin / alkena dari rantai karbon C3. Dari bahan plastic inilah kemudian jadi macam – macam mulai dari atap rumah (genteng plastik), furniture, peralatan interior rumah, bemper mobil, meja, kersi, piring dan lain – lain.

3. Bidang Estetika

Sebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. Tapi mungkin lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. Jadi bahan hidrokarbon yang digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. Misalnya lipstik, waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin), atau bahan pencampur kosmetik lainnya, farmasi atau semir sepatu. Tentunya lilin untuk keperluan kosmetik spesifikasinya ketat sekali. Lilin paraffin di Indonesia diproduksi oleh Kilang Pertamina UP-V Balikpapan melalui proses Filtering Press. Kualifikasi mutu lilin Pertamina berdasarkan kualitas yang berhubungan dengan titik leleh, warna dan kandungan minyaknya.

Pustaka
http://ariffadholi.blogspot.com/2009/10/kegunaan-hidrokarbon.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Hidrokarbon

Lihat juga tugas...!