Sunday, May 19, 2019

Contoh Makalah Bola Voli

Contoh Makalah Bola Voli. Pada contoh kali ini kita akan membahas contoh makalah bola voli melalui susunan makalahnya dan juga materi-materi pendukung untuk menyusun makalah voli, dengan demikian rekan pelajar dapat menyusun sendiri materinya menjadi sebuah contoh makalah. 


Tidak berbeda dengan makalah sepak bola, makalah bola voli ini akan kita bahas melalui pembahasan dengan panduan daftar isi. Berikut in selengkapnya tentang contoh makalah yang dapat kita pelajari.

Agar lebih mudah, pembahasan ini akan kita bagi dalam beberapa bagian. Karena inti dari pembahasan ini adalah untuk mendalami. Bukan sekedar memberikan contoh. 

Kita akan berusaha membahas setiap bagian agar kita bisa paham inti dan bagaimana cara menyusun bagian-bagian makalah tersebut. Harapannya dengan begitu nanti kita bisa benar-benar paham cara membuatnya.

A. Halaman Depan Makalah

Pertama adalah halaman depan. Halaman depan yang dimaksud disini adalah halaman sampul depan atau cover, halaman judul, kata pengantar dan juga daftar isi. Jadi, pertama-tama kita pelajari dulu beberapa halaman tersebut. 

Halaman sampul adalah halaman luar sendiri. Biasanya halaman ini berisi judul, penyusun, logo dan instansi. Sederhananya, di halaman sampul (cover) ini ada informasi mengenai apa yang disusun, siapa yang menyusun dan dari instansi mana.

Selanjutnya ada halaman judul. Halaman ini hampir sama dengan cover. Bedanya biasanya ada informasi tambahan yang berkaitan dengan karya tersebut. Contohnya tujuan penyusunan makalahnya. 

Selanjutnya ada kata pengantar. Di kata pengantar ini kita akan memberikan pengantar, awalan untuk makalah yang disusun. 

Untuk Cover, Halaman Judul, kata pengantar dan Daftar Isi rekan pelajar bisa langsung melihat contohnya pada pembahasan mengenai Halaman Depan Makalah.

B. Bab I Pendahuluan

Setelah halaman depan kita akan lanjut langsung ke halaman pada bab makalah. Pada makalah setidaknya akan ada tiga bab inti yaitu bab kesatu, bab kedua dan bab ketiga. 

Bab kesatu lebih dikenal dengan bab pendahuluan. Bab ini merupakan pendahuluan atau awal dari pada isi makalah. Apa saja yang perlu dibahas dalam bab ini?

Bagaimana susunan bab 1 ini? Paling tidak, bab I Pendahuluan akan terdiri dari latar belakang, rumusan dan tujuan. 

Kalau secara lebih lengkap akan berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat dan kegunaan. Agar lebih jelas mengenai bab ini silahkan baca contohnya di Contoh Bab Pendahuluan.

C. Bab II Pembahasan

Bab II ini adalah inti dari makalah kita dan karena kita sedang menyusun makalah tentang olah raga sepak bola maka informasi atau materi yang minimal harus ada pada bab ini adalah sebagai berikut:
  • Pengertian bola voli
Informasi pada point ini akan berisi tentang pengertian bola voli secara jelas dan terarah. Silahkan lihat contoh materi pengertian bola voli ini di artikel Pengertian bola voli
  • Sejarah  bola voli
Sejarah sepak bola sudah pasti akan membahas perkembangan bola voli dari awal ditemukannya sampai dengan saat ini. Artikel mengenai sejarah bola voli dapat dilihat di Sejarah Bola Voli
  • Alat Permainan bola voli
Bagian ini akan membahas detil tentang alat-alat permainan dalam olah raga bola voli yaitu mulai dari lapangan, net sampai dengan bolanya. Materi selengkapnya di Alat Permainan bola voli
  • Peraturan Sepak Bola
Materi pada topik ini akan berisi tentang peraturan permainan yang meliputi semua peraturan  bola voli baik dari lapangan, pemain, wasit, pelanggaran dan lainnya. Lihat materinya di Peraturan bola voli
  • Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Pada poin ini akan dibahas cara bermain olah raga bola voli yaitu tentang teknik dasar permainan yang harus dikuasai. Lihat materinya di Cara Bermain Bola Voli.  

D. Bab III Penutup

Yang terakhir adalah bab 3. Pada bab ini kita akan menyelesaikan makalah yang disusun. Penutup tentu akan terdiri dari kesimpulan dan saran. 

Kesimpulan adalah hasil garis besar apa yang menjadi inti dari apa yang sudah diteliti, dianalisa dan disampaikan dalam sebuah karya tulis makalah. Jadi, dengan kesimpulan kita bisa tahu hasilnya.

Berikutnya juga ada saran. Sudah tahu bagaimana cara membuat bab ini bukan? Pasti sudah dong, sudah pada paham semua. 

Tapi, kalau yang sedikit lupa bisa lihat contoh. Untuk melihat contohnya silahkan lihat di bagian Penutup Makalah.

Contoh Makalah Bola Volly doc docx

Demikian pembahasan kita tentang contoh makalah bola voli ini. Jika rekan pelajar mengikuti panduan diatas saya yakin setelah rekan sampai diujung artikel ini rekan pelajar sudah mendapatkan contoh makalah sepak bola, rekan pelajar tinggal menyesuaikan materi-materinya serat menyusun sistematika penulisannya. 

Contoh Makalah Bola Voli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes