Thursday, April 23, 2015

Ragam Tari Daerah Riau

3:49 AM By Kumpulan Tugas , ,

Tari Daerah Riau. Sudah banyak tari daerah yang sudah kita bahas, nah kali ini tari daerah riau akan kita bahas lebih dalam. Mau tahu tari apa saja yang akan kita bahas pada topik kali ini, berikut penjelasan tentang Tari Daerah Riau.

Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini termasuk salah satu provinsi makmur di Indonesia, dengan gross regional product per kapita sebesar USD 7.886 (2008). Dalam seni tari, tidak terlalu banyak literatur yang membahas berbagai tari daerah Riau ini. Untuk itu berikut akan disajikan beberapa tari daerah Riau agar kita dapat memahami dan melestarikannya.

Tarian Daerah Riau

Berikut ini beberapa tarian yang berasal dari daerah Riau:
  1. Tari Tandak; merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.
  2. Tori Joged Lambak; adalah tari pergaulan muda-mudi, yang sangat populer dan disenangi
  3. Tari Melemang; merupakan tarian tradisional yang berasal dari Tanjung pisau Negeri Bentan Penaga, kecamatan Bintan
  4. Tari Zapin;
  5. Tari Dayung Sampan;
  6. Tari Zikir Barat;
  7. Tari Engku Putri
  8. Tari Joget Mak Cik Normah

Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan Tanjung Pinang sebagai ibukotanya. Kepulauan Riau mempunyai kekayaan budaya yang beraneka ragam dari mulai sastra, musik, dan tari dengan banyak pengaruh dari budaya Melayu dan Arab. Di bawah ini Anda akan temukan 5 tarian tradisional khas daerah ini. 

1. Tari Melemang 
Tari melemang diperkirakan sudah ada sejak abad 12 dan awalnya dikenal sebagai tarian istana Kerajaan Bentan. Tarian yang memadukan unsur tari, musik, dan menyanyi ini mengisahkan tentang kehidupan kerajaan dan dipentaskan oleh 14 orang yang masing-masing memainkan peran. Kata melemang sendiri berarti berdiri sambil membongkokkan badan ke belakang dan hal ini memang tampak pada kecakapan serta kegesitan para penari dalam mengambil sesuatu, misalnya uang receh atau sapu tangan. Kini, tari Melemang sudah menjadi pertunjukan hiburan rakyat dengan durasi sekitar satu jam. 

2. Tari Makyong 
Tarian ini adalah jenis dramatari yang sangat dipengaruhi oleh budaya Melayu. Makyong diperkirakan telah ada di Riau hampir seabad yang lalu dan sering kali dipentaskan di pematang sawah selepas memanen padi. Tarian tersebut dipentaskan oleh penari-penari topeng dan diiringi alat musik seperti rebab, gendang, dan tetawak. 

3. Tari Zapin 
Tari zapin telah lama berkembang di banyak daerah di Indonesia dan salah satunya di Kepulauan Riau. Tari ini banyak dipengaruhi oleh budaya Arab dan sarat kandungan agama dan tata nilai. Tarian ini mempertontonkan gerakan kaki cepat mengikuti pukulan gendang (marwas). Zapin awalnya hanya dilakukan penari lelaki namun kini penari perempuan juga ditampilkan. 

4. Tari Joged Lambak 
Tari Joged Lambak adalah tarian yang kental dengan budaya Melayu. Gerak tariannya cenderung lemah gemulai sementara lagu-lagu yang ditarikan adalah lagu atau irama joget seperti Serampang Laut, Tanjung Katung, dan Anak Kala. Alat musik yang digunakan antara lain gendang, gong atau tetawak. 


Salin Copy Materi

5. Tari Tandak 
Tari tandak dikenal sebagai tari pergaulan yang digemari masyarakat setempat dan menjadi media silaturahmi tempat bertemunya antara pemuda dan pemudi antar kampung. Tarian ini adalah gabungan antara seni tari dan sastra dan dipentaskan oleh laki-laki dan perempuan pada malam hari.
Demikianlah informasi sederhana pada materi kali ini tentang tari daerah Riau. Semoga kita bisa mempelajari lebih dalam lagi tentang kekayaan daerah Riau khususnya seni tarinya.

Lihat juga tugas...!