Wednesday, September 7, 2016

Contoh Bab II Kajian Pustaka pada KIR (Karya Ilmiah Remaja)

Contoh KIR Bab II Kajian Pustaka ini merupakan contoh materi atau teori yang akan digunakan sebagai landasan dalam penelitian karya ilmiah yang akan dilakukan. Sobat pelajar yang masih kesulitan dan belum tahu isi dari bab ini silahkan disimak pembahasan kita kali ini. Ada beberapa materi yang harus ada pada sebuah kajian pustaka bab 2. 


Materi yang dimaksud tentunya disesuaikan dengan pembahasan atau analisis penelitian yang akan dilakukan. Sebagai contoh saja, ketika penelitian akan mengupas mengenai pemanfaatan pisang sebagai selai maka paling tidak ada beberapa hal yang harus dicantumkan misalnya dari sejarah singkat pisang, macam-macam atau jenis pisang dan juga kegunaan dan pemanfaatan pisang.

1) Karya tulis ilmiah 
2) Bab 3 karya ilmiah 
3) Bab 2 karya ilmiah 
4) Contoh karya ilmiah 
5) Contoh metode penelitian karya ilmiah 
6) Contoh judul karya ilmiah yang menarik 
7) Contoh tinjauan pustaka karya tulis ilmiah

Lalu apa sebenarnya tujuan dari dibuatnya bab tersebut dalam sebuah karya tulis remaja? Tentu saja, bab 2 ini disusun atau dibuat agar dapat mendukung apa yang akan dijelaskan selanjutnya dalam karya tersebut. Logikanya, karena kita akan membuat karya tentang pemanfaatan buah pisang maka harus dipastikan pisang itu buah yang seperti apa dan seterusnya.

Jadi, andai kata ada orang lain yang tertarik mempelajari karya ilmiah remaja tersebut maka ia akan mendapatkan informasi yang benar-benar jelas. Bayangkan kalau orang dari luar negeri yang membaca mengenai pisang, tentu istilah "pisang" ini kan harus jelas apa dan bagaimananya, benar tidak?

Karena itulah, dalam sebuah karya kir adanya kajian pustaka ini sangat penting sebagai landasan teori yang digunakan dalam penelitian. Lalu, bentuk dan susunan penulisan bab yang satu ini seperti apa, apakah sama dengan bab lain? Agar lebih jelas mari kita pelajari langsung contoh di bawah ini.

BAB II 
KAJIAN PUSTAKA 

2.1 Kajian Pustaka 
Berdasarkan judul penelitian yang penulis ambil yaitu tentang “Pemanfaatan Pisang Untuk selai di RT 02 RW 06 Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Malang” maka diperlukan penjelasan tentang sejarah awal mula ditemukan pohon pisang, jenis-jenis pisang, pemanfaatan pisang: 

2.1.1 Pohon Pisang 
Pisang (Musa paradisiacal L) adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Kata pisang berasal dari bahasa Arab, yaitu maus yang oleh Linneus dimasukan ke dalam keluarga Musaceae, untuk memberi penghargaan kepada Antonius Musa, yaitu seorang dokter pribadi kaisar Romawi (Oktaviani Agustinus) yang menganjurkan untuk memakan pisang. Itulah sebabnya dalam bahasa latin, pisang disebut sebagai Musa paradisiacal L. 

Menurut sejarah, pisang berasal dari Asia Tenggara yang oleh para penyebar agama Islam disebarkan ke Afrika Barat, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.selanjutnya pisang menyebar ke seluruh dunia, yang meliputi daerah tropis dan subtropis. Negara-negara penghasil pisang yang terkenal diantaranya adalah: Brasilia, Filipina, Panama, Honduras, India, Equador, thailand, Karibia, Colombia, Mexico, Venezuela, dan Hawai. Indonesia merupakan negara penghasil pisang nomor empat di dunia. 

Di Indonesia, terdapat lebih dari 230 jenis pisang, tetapi yang umum dijual di pasaran dan umum dikonsumsi: pisang barangan, raja, raja sareh, raja uli, raja jambe, raja molo, raja tahun, raja bulu, kepok, tanduk, mas, ambon lumut, ambon kuning, susu, nangka, kapas, kidang, lampung, pisang tongkat langit, dan lain-lain. 

2.1.2 Macam-macam pisang 
1. Pisang yang enak dimakan, dibagi menjadi dua, yaitu: 
a. pisang yang dimakan buahnya tanpa diolah 
b. Pisang yang dimakan setelah diolah 

2. Pisang yang yang hanya diambil pelepah batangnya sebagai serat. 
3. Pisang liar yang digunakan sebagai tanaman hias. 

2.1.3 Pemanfaatan pisang 
Pemanfaatan adalah suatu proses atau cara memanfaatkan. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2003, hal 711). Jadi pemanfaatan kulit pisang merupakan suatu proses atau cara memanfaatkan kulit pisang menjadi sesuatu yang lebih berguna. 

Pisang merupakan sampah organik yang mudah hancur oleh tanah, sehingga pisang sangat cocok untuk pembuatan pupuk kompos. Pisang juga sangat cocok untuk pakan ternak khususnya kambing atau sapi. 

Akan tetapi ternyata pisang juga dapat diolah menjadi selai yang rasanya enak. Selai kulit pisang ini juga bernilai ekonomi tinggi jika dijual, selain itu pemanfaatan kulit pisang menjadi selai ini juga dapat mengurangi penumpukan sampah yang semakin hari kian menumpuk.  Selain kulit buah pisang beberapa bagian buah pisang juga dapat dimanfaatkan, seperti: 

1. Batang: dapat dibuat rakit, tali, dan kertas daur ulang, juga berbagai kerajinan tangan. 
2. Daun: dapat dipakai sebagai alas atau bungkus makanan 
3. Jantung: Dapat diolah menjadi sayur 

Contoh Karya Ilmiah Remaja Pemanfaatan Buah Pisang

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai isi dari bab kajian pustaka untuk karya tulis remaja yang biasanya dibuat oleh siswa sekolah. Semoga saja contoh tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa pelajari juga cara membuat atau menyusun bab - bab pada karya tulis lainnya dibagian akhir pembahasan.

Contoh Bab II Kajian Pustaka pada KIR (Karya Ilmiah Remaja) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko