Saturday, July 12, 2014

Contoh Bab I Laporan Study Tour

1:11 AM By Kumpulan Tugas

Contoh Bab I Laporan Study Tour. Melanjutkan bahasan kita sebelumnya tentang contoh halaman depan laporan study tour kali ini kita akan memberikan contoh bagian selanjutnya yaitu Bab I Pendahuluan pada laporan study tour. Pada bab i, sebuah laporan akan membahas diantaranya tentang latar belakang masalah, tujuan dan kegunaan dan juga ruang linkup penulisan.


Selain beberapa hal diatas pada bagian pendahuluan ini kita juga akan membahas tentang metode pengumpulan data. Untuk lebih jelasnya mari kita cermati Contoh Bab I Laporan Study Tour berikut ini.

BAB I
PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang Masalah
Karya wisata merupakan salah satu proses pembelajaran bagi siswa dengan mengamati objeknya langsung dan dapat mengembangkan imajenasi dari objek yang diteliti. Dalam kurikulum sekarang karya wisata adalah satu metode belajar diluar kelas yang saat ini dianjurkan untuk menambah wawasan para siswa.
Penulis mengadakan pengamatan terhadap objek yaitu Monumen Jogja Kembali, dengan tujuan ingin mengetahui benda-benda bersejarah dan menambah wawasan penulis tentang sejarah Bangsa Indonesia.
Monumen Jogja Kembali digunakan sebagai sarana rekreasi, sarana pendidikan dan penelitian akan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.
B.           Tujuan dan Kegunaan Penulisan
1.      Tujuan
a.       Melatih siswa untuk mengadakan penelitian dengan mengumpulkan data-data dari objek yang dikunjungi di Monumen Jogja Kembali.
b.      Melatih siswa untuk menyusun karya tulis
c.       Membiasakan siswa dalam kerjasama menyelesaikan masalah dengan cara berdiskusi atau kelompok.
d.      Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian sekola tahun pelajaran 2011/2012 di SMA Muhammadiyah 01 Kalirejo.
e.       Untuk membuktikan teori-teori yang selama ini didapat dibangku sekolah SMA Muhammadiyah 01 Kalirejo dengan objek di lapangan.
2.      Kegunaan Penulisan
a.       Untuk menambah wawasan tentang Ilmu Pengetahuan bagi siswa dan siswi tentang benda-benda bersejarah yang ada di Monumen Jogja Kembali.
b.      Untuk lebih mencintai sejarah budaya bangsa sebagai salah satu bukti perjuangan Bangsa Indonesia.
c.       Untuk mengetahui koleksi apa saja yang ada didalam Monument Jogja Kembali.
d.      Untuk mengetahui letak lokasi keberadaan Monument Jogja Kembali.
C.           Ruang Lingkup Penulisan
Ruang lingkup penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut:
1.      Penulis ingin mengetahui secara langsung benda-benda bersejarah yang disimpan di Monument Jogja Kembali.
2.      Penulis ingin mengetahui sejarah bangsa Indonesia yang ada di Monument Jogja Kembali.
D.          Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan metode:
1.      Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data yang didokumentasikan oleh Monumen Jogja Kembali, melalui metode ini penulis ingin mendapatkan data tentang sejarah pendirian, letak dan lokasinya.
2.      Metode Observasi
Metode observasi dilakukan dengan pengamatan langsung ke Monumen Jogja Kembali.
3.      Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka yang dimaksud adalah pengumpulan data-data dengan menggunakan buku-buku sebagai rujukan atau acuan yang masih ada hubungannya dengan topic permasalahan.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang bab i pendahuluan, bagi rekan yang ingin melihat contoh cover dan halaman depan lainnya silahkan ikuti pembahasan mengenai Contoh Halaman Depan yang telah dibahas secara terpisah atau bagi rekan yang ingin menlanjutkan pembahasan berikutnya silahkan lihat contoh bab ii pembahasan.

Lihat juga tugas...!