Saturday, July 12, 2014

Contoh Laporan Study Tour - Bab II Pembahasan

1:21 AM By Kumpulan Tugas

Contoh Laporan Study Tour - Bab II Pembahasan. Pembahasan kali ini adalah tentang isi sebuah laporan study tour atau biasa kita sebut bab ii pembahasan. Pada bab ini sudah pasti hal yang akan dikupas adalah mengenai inti dan isi dari laporan yang sedang kita kerjakan, bab ini akan membahas tentang study tour itu sendiri sesuai dengan kerangka pada bab sebelumnya.


Masih bingung bagaimana menyusun isi laporan ini? Ada baiknya kita selesaikan pembahasan mengenai contoh bab ii ini supaya kita mempunyai gambaran bagaimana isi sebuah laporan study wisata (study tour) berikut.


BAB II
PEMBAHASAN
A.           Sejarah Berdiri
Monumen Jogja Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan upacara tradisional penanaman Kepala Kerbau, peletakan batu pertama oleh Srisultan Hamungkubuwono IX dan Sripakualam VIII. Gagasan untuk mendirikan monument ini diluntarkan oleh Bapak Kolonel Soegearto selaku wali kota Jogjakarta tahun 1983.
Nama Jogja Kembali dipilih dengan maksud sebagai peringatan dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibukota RI Yogyakarta pada waktu itu tanggal 29 Juni 1949 hal ini merupakan tanda awal bebasnya Bangsa Indonesia dari kekuasaan Belanda.
B.           Bentuk Objek
Monumen Jogja Kembali berbentuk kerucut atau gunung dengan ketinggian 51,80m adalah sebuah gambaran "Gunung Kecil" ditempatkan disebuah lereng Gunung Merapi. Monumen Jogja Kembali terletak dijalan lingkar utara dusun Jongkan, desa Sari Harjo, kecamatan Ngaglik kabupaten Sleman Jogjakarta, didirikan diatas lahan seluas 49,920m2. Monument ini diresmikan oleh presiden Soeharto pada tanggal 06 Juli 1989 dengan penandatanganan prasasti.

Gambar 1. Monumen Jogja Kembali
C.           Kondisi Objek
1.      Di halaman Monumen Jogja Kembali terdapat Replika Pesawat Cureng hasil sumbangan dari KASAU Marsekal Rilo Pambudi tanggal 29 Juli 1994.
2.      Di sudut plaza timur dipamerkan sepucuk Senjata Meriam PSU S. 60 buatan Rusia. Meriam ini merupakan sumbangan KASAD diambil dari Godbalkir, Guspus gad dan optic Sidoharjo Jawa Timur tanggal 28 April 1996.
3.      Pintu masuk barat yang terletak di taman sebelah area parkir terdapat Replika Pesawat Guntai.
4.      Di sudut plaza timur dipamerkan Meriam PSU S. 60 57mm dan di taman plaza barat dipamerkan sepucuk meriam PSU Befors L.60 kaliber 40mm.

Gambar 2. Pesawat Cureng hasil sumbangan dari KASAU Marsekal Rilo

 
Gambar 3. Senjata PSU S. 60 Buatan Rusia
D.          Koleksi Objek
1.      Koleksi di lantai 1
a.       Patung dada Panglima Besar Jendral Soedirman dan Letnan Jendral Oerip Sumoharjo.
b.      Patung Djut Nyak Dien (1950 – 1908)
c.       Patung Tengku Umar (1854 – 1899), dll
Ruang Museum I
a.       Panil Tegak I
Pada panil ini disajikan dokumen foto-foto peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur 56 Jakarta.
b.      Panil Dinding I
Disajikan bingkai dokumen peristiwa sewaktu rakyat Jakarta dalam menyambut gema Proklamasi di Lapangan I Koda tanggal 19 September 1945.
c.       Vitrin Sudut I
Dalam vitrin ini dilestasikan benda-benda keoleksi yang mendukung perjuangan fisik bersenjata rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.
 Ruang Museum II
a.       Panil Tegak I
Disajikan dua bingaki dokumen foto suasana perundingan antara komisi 3 negara dengan Indonesia dihotel Kaliurang pada tanggal 13 Januari 1948.
b.      Panil Dinding I
Disajikan 4 bingkai dokumen foto suasana kota Jogjakarta setelah agresi militer belanda ke-2.
Ruang Museum III
Terdiri dari:
a.       Evokatif dapur umum
b.      Evokatif Palang Merah Indonesia
c.       Peta timbul rute konsolidasi komandan WK III
Ruang Museum IV
         Terdiri dari:
a.       Patung dada Ir Soekarno
b.      Patung dada Drs Moh. Hatta
c.       Tempat tidur Presiden Soekarno
  
2.      Koleksi Relief
a.       Relief 01
Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur No 56 Jakarta.
b.      Relief 02
Gema proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jogjakarta, 05 September 1945.
c.       Relief 03
Kongres pemuda di Balai Mataram Jogjakarta, 10 November 1945.
   
Gambar 4. Tandu Jendral Soedirman
 
Gambar 5. Patung Ir. Soekarno - Hatta


Sudah ada gambaran bukan mengenai isi bab ini? sekarang  tinggal giliran rekan pelajar semua untuk menyelesaikan laporan study tour nya yang tertunda karena membaca postingan ini hee e e.... Selamat belajar dan semoga kita dapatkan ilmu yang benar-benar bermanfaat.

Kembali ke

Lihat juga tugas...!