Thursday, April 11, 2019

Contoh Cerpen Bahasa Indonesia - Bunuh Diri

Cerpen - Bunuh Diri. Kali ini kita akan membahasa salah satu contoh cerpen untuk tugas sekolah. Biasanya pada pelajaran bahasa indonesia kita sering diberi tugas untuk menganalisis sebuah cerpen. 

Untuk itulah kali ini akan dibagikan contoh cerpen bunuh diri yang dapat kita analisis unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsiknya.

Yang kita bahas kali ini adalah sebuah cerita pendek yang sudah diterbitkan dari tahun 2012 yang lalu. Karya ini diterbitkan di salah satu media cetak yang cukup terkenal.

Kita bisa sekedar menikmati karya ini. Bisa juga sekaligus belajar analisis. Misalnya menggali unsur - unsur cerpen lebih dalam. 

Karya ini berjudul "bunuh diri". Sebuah karya yang dihasilkan oleh Kun Himalaya yang diterbitkan di Suara Merdeka. Seperti apa, mari kita lihat cuplikannya berikut!

Cerpen - Bunuh Diri
Cerpen Kun Himalaya (Suara Merdeka, 24 Juni 2012)

BADROWI hendak bunuh diri. Sudah berkali-kali dicobanya. Sekali, hendak diputusnya kontrak kehidupan pada seutas tali. Sayangnya, dahan yang disangkanya liat tak kuasa menahan tubuhnya. 

Dahan itu patah menjadi dua. Lain waktu Badrowi meminum baygon. Ketika cairan mematikan itu telah mulus melewati kerongkongannya, istrinya memergoki.

Istrinya histeris dan berteriak-teriak macam orang gila. Sambil menangis istrinya menelepon Rumah Sakit. 

Tak berapa lama, raungan ambulans membelah malam. Supir ambulans yang gila kecepatan, berusaha mengejar nyawa Badrowi yang sudah sampai di leher.

Sayang seribu sayang, Dokter terbaik di Rumah Sakit itu belum pulang meski malam telah larut. Dokter yang berdedikasi itu sekuat tenaga bernegosiasi dengan Malaikat Izrail memperebutkan nyawa Badrowi. Dokter itu berhasil. Badrowi muntah-muntah. Semua cairan mematikan itu keluar sudah.

---Bersambung---

Itu tadi cuplikan cerpen yang akan coba kita perdalam melalui tugas cerpen kali ini. Untuk rekan yang ingin membacanya secara lengkap silahkan melalui tautan berikut.

Download Cerpen Bunuh Diri

Semoga dengan bertambahnya cerpen yang pernah kita baca, pemahaman kita mengenai salah satu karya sastra ini menjadi lebih berbobot lagi.

Contoh Cerpen Bahasa Indonesia - Bunuh Diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes