Thursday, July 10, 2014

Cara Menyusun Karya Ilmiah Remaja

7:45 AM By Kumpulan Tugas ,

Cara Menyusun Karya Ilmiah Remaja - Sudahkah rekan tahu bagaimana cara menyusun sebuah karya ilmiah remaja? Nah, kali ini kita akan membahas materi tentang cara menyusun karya ilmiah remaja, tentunya sudah tidak asing bukan? 

Langsung saja mari kita bahas bagaimana caranya untuk menyusun sebuah karya ilmiah. Berikut materi kita tentang Cara Menyusun Karya Ilmiah Remaja. Karya ilmiah remaja merupakan salah satu ajang bagi para rekan pelajar menengah atas untuk menimba ilmu dan menguji kemampuan. 

Selain memberikan pengetahuan tentang suatu karya ilmiah, karya ilmiah remaja juga banyak diperlombakan bagi siswa-siswi pelajar. Bagi rekan pelajar, selain memberikan ilmu karya ilmiah remaja juga memberikan ruang untuk berkreasi melakukan penelitian dan pengamatan pada suatu objek. Karya Ilmiah Remaja: Pemanfaatan Kulit Pisang Sebagai Bahan Pembuatan Siomay

Pengertian

Menurut Brotowijoyo karya ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta yang ditulis dengan metode yang baik dan benar. Sedangkan Karya Ilmiah Remaja merupakan suatu tulisan ilmiah yang berisikan ide kreatif siswa yang disusun secara sistematis dan komprehensip, dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan yang relefan dengan hasil kajian. 
Karya Ilmiah Remaja
(sumber: b-foreveryone)
Karya ilmiah remaja merupakan hasil nyata dari siswa yang melakukan kajian dan analisis mengenai suatu topik bahasan yang kemudian dituangkan dalam bentuk tertulis. 

Susunan Penulisan

Penulisan dan penyusunan karya tulis remaja mengikuti dan mengacu pada ketentuan baku penulisan karya ilmiah pada umumnya. Karya ilmiah remaja memiliki beberapa bagian yaitu muka halaman, pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi, hasil penelitian serta bagian penutup.

Untuk rekan pelajar yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai karya ilmiah remaja berikut kami susun lebih detail tentang penjelasan setiap bagian-bagian tersebut.

Halaman muka

Halaman muka pada karya ilmiah remaja terdiri dari informasi dasar mengenai karya ilmiah remaja itu sendiri mulai dari judul sampai dengan daftar isi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat detail bagian ini pada Contoh Halaman Muka.

Pendahuluan

Pendahuluan merupakan penjelasan awal yang akan menghantarkan pembaca pada topik bahasan yang kita ambil pada suatu karya tulis. Untuk menyusunnya kita perlu memperhatikan beberapa teknik penyusunan yang baik sehingga kita mampu menarik minat seseorang untuk membaca karya ilmiah yang kita susun. Bagian-bagian pendahuluan dibahas lengkap dengan contoh pada Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah.

Tinjauan Pustaka

Selanjutkan pada bagian tinjauan pustaka kita akan menyajikan kepada pembaca tentang teori-teori yang mendasari penelitian yang kita lakukan. Pada bagian ini teori yang berkaitan dengan topik pembahasan kita akan disusun secara sistematis. Untuk bahan, sumber dan penulisannya silahkan baca materi Contoh Tinjauan Pustaka.

Metodelogi

Pada bagian metodologi kita akan membahas mengenai tata-cara yang kita lakukan dalam penulisan berikut informasi lain seperti waktu dan tempat penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data dan sistematika penulisan. Untuk memahami bagian ini sebaiknya rekan pelajar mempelajarinya di Bagian Metodelogi.

Hasil Penelitian

Sekarang kita sampai pada bagian dimana kita akan menyusun hasil kerja kita yaitu bab hasil penelitian. Di bab inilah kita akan mengupas secara detail tentang hasil dari penelitian yang kita lakukan sebelumnya. Jangan lupa untuk melihat contohnya pada bagian Hasil Penelitian.

Penutup

Bagian terakhir dari sebuah karya ilmiah adalah bagian penutup yang berisi kesimpulan serta saran dari hasil penelitian yang kita lakukan. Meski ini bagian penutup tapi bagian ini juga tidak kalah penting dengan bagian lain. Jadi berikan penutup yang berkesan, meyakinkan, rapih dan sesuai dengan apa yang kita bahas. Setelah membaca bagian ini tidak lengkap kalau rekan pelajar tidak melihat contohnya pada Bab Penutup.

Itu tadi pembahasan kita mengenai Cara Menyusun Karya Ilmiah Remaja. Semoga setelah mengikuti pembahasan ini kita semua tidak pusing saat akan menyusun sebuah karya ilmiah khususnya karya ilmiah remaja.

Lihat juga tugas...!