Tuesday, November 8, 2016

Kumpulan Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4

Kembali lagi kita akan berlatih dengan latihan-latihan soal untuk pemahaman kita. Pada kesempatan ini kita juga akan berlatih untuk mata pelajaran Matematika sekolah dasar.  Tujuan latihan ini tentu untuk membiasakan kita dalam menjawab berbagai soal yang berkaitan dengan pelajaran.

Kalau hanya mendengarkan guru di sekolah tentu tidak cukup. Di rumah adik-adik juga harus belajar lagi mengingat kembali berbagai penjelasan yang sudah diberikan. Agar lebih cepat ingat dan paham, adik-adik juga disarankan untuk berlatih dengan latihan soal baik dari lembar kerja siswa atau lainnya.

Nah, berikut adalah contoh soal matematika dasar untuk kelas 4 SD. Sebagai sebuah pembelajaran di rumah agar kalian lebih bisa memahami lagi tentang sebuah soal yang terkait dengan soal cerita. Sehingga dengan terbiasa mengerjakannya tentulah bukan suatu hal yang sulit lagi untuk bisa mengerjakannya dengan baik.

Pada dasarnya soal matematika memang sedikit sulit untuk dikerjakan mengingat kemasannya yang sangat monoton. Dengan dikemas dengan bentuk cerita maka diharapkan matematika tidak lagi membosankan tetapi menyenangkan. Untuk itulah mari langsung saja kita simak soal di bawah ini.

1) Pak Yudi mencuci sepeda motornya setiap 5 hari sekali. Pak Didi mencuci sepeda motornya 6 hari sekali. Hari ini keduanya mencuci sepeda  motornya. Berapa hari lagi mereka akan mencuci sepeda motornya secara bersamaan?

Soal di atas adalah sebuah soal matematika tentang sebuah sebuah soal cerita. Yang mana soal di atas menjelaskan tentang pak Yudi dan pak Didi. Yang mana pada cerita soal di atas menjelaskan bahwa pak Yudi mencuci motor setiap 5 kali sehari, sedangkan pak Didi mencuci motor setiap 6 hari sekali. Pertannyaannya adalah berapa hari lagi mereka akan mencuci motor secara bersamaan..?

2) Lintang mendapat uang saku 15 hari sekali. Elmo mendapat uang saku 20 hari sekali. Hari ini mereka sama-sama mendapat uang saku. Berapa hari lagi mereka akan mendapat uang saku secara bersamaan?

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan anak yang bernama Lintang dan Elmo yang sama-sama menerima uang saku. Pada cerita soal di atas menjelaskan bahwa Lintang mendapatkan uang saku 15 hari sekali, sedang Elmo 20 hari sekali, dan hari ini mereka sama-sama mendapatkan uang saku. Pertannyaannya adalah berapa hari lagi mereka akan mendapatkan uang secara bersamaan..?

3) Setiap 15 detik lampu hijau lalu lintas menyala lalu padam. Setiap 20 detik lampu kuning menyala lalu padam. Setelah berapa detik kah kedua lampu menyala secara bersama-sama?

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah lampu lalu lintas yaitu antara yang berwarna hijau dan yang berwarna kuning. Lampu hijau akan menyala lalu padam pada setiap 15 detik, sedangkan yang kuning akan  akan menyala lalu pada setelah 20 menit. Setelah berapa detik kah kedua lampa akan menyala secara bersamaan..?

4) Agni menabung setiap 15 hari sekali. Dini menabung setiap 30 hari sekali. Setelah berapa hari mereka menabung secara bersamaan?

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah rutinitas menabung antara Agni dan Dini. Yang mana pada soal di atas menjelaskan baha setiap 15 hari sekali Agni selalu menabung, tetapi berbeda dengan Dini yang menabung setiap 30 hari sekali. Pertannyaannya adalah setelah berapa harikah mereka akan menabung bersama..?


5) Hari ini Amel dan Jami bertemu di toko buku. Amel pergi ke toko buku setia 14 hari sekali. Jami pergi ke toko buku setiap 21 hari sekali. Berapa hari lagi mereka akan ketemu di toko buku?

Soal di atas adalah sebuah soal yang menceritakan tentang Amel dan jami. Yang mana pada soal di atas menjelaskan bahwa Amel pergi ke toko buku setiap 14 hari sekali, sedangkan Jami pergi ke toko buku setiap 21 hari sekali. Pertanyaannya adalah berapa hari lagi mereka akan kembali bertemu di toko buku..?

Kumpulan Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown