Saturday, December 28, 2013

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Siapapun biasanya banyak membutuhkan yang namanya surat lamaran pekerjaan, karena itulah kali ini akan dibuatkan sebuah contoh surat lamaran kerja inisiatif sendiri sebagai bahan belajar bersama. Setelah menyelesaikan pendidikan biasanya kita akan segera mencari pekerjaan dan itu berarti kita membutuhkan lamaran pekerjaan.

Surat lamaran kerja terdiri dari dua jenis yaitu surat lamaran kerja inisiatif sendiri dan surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan. Untuk surat yang akan kita bahas yaitu surat lamaran kerja inisiatif sendiri adalah sebuah lamaran pekerjaan yang ditulis dan dikirimkan berdasarkan niat pribadi seseorang untuk mengajukan diri menjadi karyawan pada suatu lembaga.

Bentuk suratnya yaitu menggunakan format surat resmi yang didalamnya terdapat tempat dan tanggal surat, isi surat dan juga nama terang dan tanda tangan. Pada bagian isi, surat lamaran ini akan lebih singkat. Untuk mengetahui bagaimana suratnya silahkan langsung dipelajari contoh lamaran tersebut sesuai yang dicantumkan berikut.



Contoh Surat Lamaran Kerja atas Inisiatif Sendiri


Jakarta, 30 Oktober 2013

Hal                   : Lamaran Pekerjaan
Lampiran          : Satu Berkas

Kepada    : Yth Bapak/Ibu Kepala Bagian Personalia
                   PT Jos Uye Production
                   Jln Sumur Bir No 203c
                   di Tempat


Dengan hormat
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : ...............................
Tempat tanggal lahir      : ...............................
Alamat                         : ...............................
Pendidikan terakhir       : ...............................
Status                           : ...............................
No HP                        : ...............................

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan:
1. Daftar riwayat hidup
2. Fotocopy KTP yang masih berlaku
3. Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir
4. Fotocopy SKKB
5. Fotocopy SKCK dari kepolisian
6. Fotocopy Surat pengalaman kerja
7. Pas foto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja di PT Jos Uye Production. Atas waktu dan perhatian yang bapak ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya



(....................)



Contoh tersebut di atas merupakan contoh lamaran kerja yang umum digunakan, meski demikian silahkan dipelajari terlebih dahulu sebelum sobat menggunakannya. Apabila ada format atau contoh yang lebih baru maka akan lebih baik jika kita juga mempelajarinya.

Terakhir, kami ingin menekankan bahwa dalam membuat surat lamaran kita harus menggunakan bahasa baku yang baik dan benar. Jangan sekali-kali kita menggunakan bahasa yang tidak baku karena hal tersebut akan mempengaruhi diterima atau tidaknya lamaran yang diajukan. Itu saja, silahkan dipahami dan jangan lupa untuk melihat referensi contoh dan format surat lain yang dibutuhkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti