Tuesday, January 21, 2014

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan

Sebagai pelajar kita juga harus mempersiapkan bekal setelah menyelesaikan pendidikan, salah satunya adalah dengan mempelajari bagaimana membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan yang dimuat baik itu di media cetak maupun media lainnya. Untuk itu hari ini akan diberikan sebuah contoh surat lamaran untuk bahan referensi bersama.

Mengajukan lamaran berdasarkan iklan lowongan tentunya berbeda dengan mengajukan lamaran atas inisiatif sendiri. Sebagai referensi, berikut contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan yang telah dimuat sebelumnya. Pada lamaran berdasarkan iklan yang harus diperhatikan adalah kita harus mencantumkan sumber iklan yang dijadikan dasar untuk mengajukan lamaran pekerjaan tersebut.

Surat lamaran kerja berdasarkan iklan mencantumkan sumber iklan yang terdiri dari tanggal iklan, hal dan juga tempat iklan tersebut diterbitkan. Hal inilah yang menjadi pembeda antara lamaran berdasarkan iklan dengan lamaran berdasarkan inisiatif sendiri. Hal lain berkaitan dengan format penulisan, penggunaan bahasa dan juga bagian-bagian suratnya tidak berbeda dengan surat resmi lainnya.

Didahului dengan tempat dan tanggal surat kemudian hal, lampiran serta penerima surat pada bagian atas surat ini dapat menggunakan format lurus, setengah lurus atau lainnya. Pada bagian isi surat akan didahului dengan informasi iklan kemudian data pelajar dan seterusnya. Untuk lebih jelas silahkan lihat salah satu contoh yang disiapkan sebagai berikut.



Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasaran Iklan


Jakarta, 30 Oktober 2013

Hal           : Lamaran pekerjaan
Lampiran : Satu berkas

Kepada    : Yth Bapak/Ibu Kepala Bagian Personalia
                   PT Contoh Surat Central
                   Jln. Damai Daan Mogot No 007a
                   di Tempat

Berdasarkan iklan yang dimuat di situs format-contoh-surat.blogspot.com tanggal 10 November 2013 yang isinya menyatakan bahwa perusahaan PT Contoh Surat Central membutuhkan karyawan dalam bidang pemasaran maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : ............................
Tempat tanggal lahir      : ............................
Alamat                         : ............................
Pendidikan terakhir       : ............................
Status                           : ............................
No HP                         : ............................

bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu untuk menerima saya bekerja bersama surat ini saya lampirkan:

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotocopy KTP yang masih berlaku
3. Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir
4. Fotocopy SKKB
5. Fotocopy SKCK dari kepolisian
6. Fotocopy Surat pengalaman kerja
7. Pas foto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja di PT Contoh Surat Central. Atas waktu dan perhatian yang bapak/ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih .


Hormat saya

(............................)



Terkadang untuk contoh draft surat lamaran kerja berdasarkan iklan ini memang ada saja yang memiliki format berbeda tetapi inti dalam surat lamaran ini adalah informasi berdasarkan iklan yang kita jadikan rujukan. Apabila suatu saat sobat mendapatkan contoh yang berbeda tidak perlu risau, sobat dapat memilih mana yang paling sesuai dan paling pas untuk digunakan tentunya dengan beberapa pertimbangan tertentu.

Akhirnya, kami berharap apa yang diberikan pada kesempatan ini dapat menambah wawasan kita semua dalam hal membuat surat lamaran. Untuk contoh lain silahkan baca juga surat lamaran inisiatif sendiri yang juga telah disiapkan sebelumnya. Terima kasih banyak atas kunjungannya, semoga cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah