Saturday, August 25, 2018

Surat Resmi, Pengertian Contoh dan Bagian Bagiannya

Hi rekan pelajar semua, kali ini kita belajar tentang surat. Bagi yang belum paham tentang surat bisa mengikuti pembahasan kali ini yang meliputi pengertian surat, bagian-bagian surat dan juga contoh surat dalam Bahasa Indonesia
Surat Resmi, Pengertian Contoh dan Bagian Bagiannya
Selesai materi kita akan mendapatkan kumpulan contoh surat yang lengkap jadi jangan pergi dulu yaa...berikut pembahasan lengkapnya.

1) Pengertian Surat Resmi

Untuk lebih mendalami mengenai surat ini berikut akan diuraikan secara singkat mengenai pengertian surat. Surat adalah salah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak lain baik itu secara perorangan atau organisasi (kelompok).

Sebagai salah satu bentuk komunikasi tertulis, surat mempunyai unsur yang terlibat di dalamnya, yaitu:
  1. Pengirim, yaitu orang atau organisasi yang menyampaikan pesan.
  2. Pesan, yaitu isi surat berupa informasi, instruksi, gagasan, atau perasaan pengirimnya.
  3. Penerima, yaitu orang atau organisasi yang menerima pesan
  4. Saluran, yaitu bagaimana pesan tersebut diformulasikan dalam ragam bahasa tulis dan disajikan dalam format yang sesuai dengan keperluan.

Nah, sekarang kita sudah tahu bukan apakah yang dimaksud dengan surat? Surat resmi pun demikian, kurang lebih seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sekarang kita lihat bagian-bagiannya lebih jauh.

2) Bagian-Bagian Surat

Dalam surat resmi ada banyak bagian-bagian surat yang harus ada didalam sebuah surat. Surat resmi yang lengkap terdiri dari empat belas bagian, yaitu :
  1. Kepala surat
  2. Tanggal surat
  3. Nomor surat
  4. Lampiran
  5. Perihal/hal
  6. Alamat dalam/alamat tujuan
  7. Salam pembuka
  8. Isi surat, isi surat terdiri dari : a) kalimat pembuka; b) Isi surat yang sebenarnya d. kalimat penutup
  9. Salam penutup
  10. Nama organisasi
  11. Tanda tangan dan nama jelas
  12. Jabatan
  13. Lampiran
  14. Inisial

Itu tadi ringkasan untuk bagian - bagian yang ada dalam sebuah surat. Dengan mengetahui bagian-bagian tersebut tentu akan lebih mudah dalam menyusun surat yang dibutuhkan.

3) Kumpulan Contoh Surat Resmi

Berikut ini kumpulan contoh surat lengkap dari berbagai jenis surat, silahkan rekan pergunakan sebagai media pembelajaran dan referensi. Silahkan pelajari dan download contohnya jika rekan membutuhkannya.

1) Contoh surat lamaran pekerjaan
2) Gambar surat resmi 
3) Surat resmi sekolah 
4) Contoh surat resmi singkat 
5) Contoh surat resmi sekolah 
6) Contoh surat resmi perusahaan 
7) Contoh surat resmi undangan 
8) Macam macam surat resmi 
9) Contoh gambar surat resmi 

Ternyata ga terlalu susah bukan membuat surat, baik itu surat resmi atau lainnya. Bagi yang ingin download contoh surat selain yang dibahas di atas juga dapat melakukannya di blog ini dengan mengunjugi pembahasan sebelumnya di download contoh-contoh surat resmi.

Jangan lupa ikuti terus materi kita hanya di kumpulan-tugas-sekolahku dengan berlangganan melalui email atau sering-sering berkunjung ke blog ini. Sampai disini, sampai bertemu di tugas-tugas lainnya.

Surat Resmi, Pengertian Contoh dan Bagian Bagiannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti