Wednesday, July 16, 2014

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru

Surat Lamaran Pekerjaan. Membuat surat lamaran pekerjaan sepertinya terlihat sederhana tetapi pada kenyataannya membuat surat lamaran pekerjaan memerlukan keahlian dan pengetahuan tentang surat menyurat yang tidak semua orang menguasai. 
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam penulisan surat lamaran kerja, selain harus memperhatikan tata bahasa kita, kita juga harus memperhatikan tata cara penulisan dan pemilihan kalimat yang tepat. Tidak ada bahasa gaul, tidak ada bahasa informal dan tidak ada kalimat-kalimat yang tidak berguna dalam sebuah lamaran.

Lamaran kerja sendiri bisa dibedakan dalam beberapa jenis, misalnya jika dilihat dari sumber informasi lowongan kerja yang didapatkan. Sebagai contoh, surat lamaran kerja yang informasinya didapat dari iklan lowongan kerja tentu berbeda dengan lamaran yang dari informasi orang dalam.

Bukan berbeda dalam bentuk atau lainnya tetapi berbeda dalam hal kata - kata atau kalimat yang digunakan. Selain itu, surat ini juga harus ditulis rapi dan tidak ada noda atau bersih. Kadang surat seperti ini juga harus ditulis tangan, sesuai dengan yang diminta.

Tidak mudah memang jika belum terbiasa membuatnya. Untuk itulah berikut ini akan diberikan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat kita jadikan sumber acuan.

1) Contoh surat lamaran posisi manager keuangan

Yang pertama akan kita pelajari kali ini adalah sebuah lamaran yang akan ditujukan untuk sebuah posisi yang cukup bagus yaitu untuk posisi manager keuangan. Bagi anda yang kebetulan sedang mencari contoh untuk lamaran pada posisi ini bisa mempelajari langsung contoh yang diberikan.

                                                                               Makassar, 25 juli 2014

Kepada YTH. 
HRD Manager
PT. Apa Saja Finance TBK.
Makassar


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : ................
Tempat, Tanggal Lahir : .......................
Alamat : ..........................
No. Kontak : .............................
Pendidikan Terakhir : ..........................

Dengan ini mengajukan surat permohonan untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagai financing manager.

Saat ini saya memiliki pendidikan strata satu yang berkorelasi dengan pekerjaan terkait, dan memiliki sedikit pengalaman sebagai finance manager di salah satu perusahaan terkemuka.

Dengan surat permohohan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila di perlukan dan besar harapan saya untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara. Terima kasih !


Hormat Saya
Nama anda
Lampiran :
·         Daftar riwayat hidup
·         Foto ID (KTP)
·         Foto-copy ijazah terakhir

Seperti terlihat pada contoh akan berisi informasi data diri si pelamar. Kalau yang ada di atas contohnya ditulis dalam bentuk daftar yaitu mulai dari nama pelamar, tempat dan tanggal lahir sampai pada pendidikan yang telah diikuti.

Penulisan data diri tersebut tentu tidak selamanya harus seperti itu, bisa juga data diri ditulis dalam bentuk paragraf yang menjelaskan informasi-informasi diri si pelajar tersebut. Supaya lebih jelas silahkan lihat contoh kedua.

2) Contoh lamaran posisi marketing pemasaran

Kalau di atas kita sudah belajar posisi untuk melamar pegawai jadi manager sekarang kita coba untuk melihat cara melamar kerja untuk posisi pemasaran. Sebenarnya tidak jauh berbeda dari contoh yang pertama, mari kita pelajari dulu suratnya di bawah ini

Jakarta, 17 Oktober 2011
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Manager personalia
PT. Jaya terus

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Jaya terus, seperti yang termuat dari harian Fajar pada tanggal 14 Oktober 2011. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Jaya terus sebagai berikut:
Nama : ..........................
Tempat & tgl. Lahir : .......................
Pendidikan Akhir : ......................
Alamat : .....................
HP : ......................
Email : ...........................
Status Perkawinan : ..........................(single/nikah)

Saat ini saya bekerja sebagai staff di PT. Hampir mati, Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Tidak jauh berbeda bukan? Ya, memang bentuk atau format surat yang bisa digunakan tidak hanya satu. Anda yang membutuhkan bisa menyesuaikan format mana yang paling cocok dan tepat. Yang terpenting lamaran anda bisa cepat diterima dan segera bekerja, benar tidak?

Dari dua contoh diatas kita dapat menyusun surat lamaran pekerjaan dengan menyesuaikan beberapa, tapi ingat, contoh diatas hanyalah sebagian kecil bahan acuan kita dalam menyusun surat lamaran pekerjaan karena saat ini ada beberapa format dan sistem penulisan yang sudah agak berbeda.

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko