Wednesday, May 15, 2019

Fenomena Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Fenomena Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari - Fenomena fisika yang saya maksud disini adalah fenomena alam yang berkaitan dengan hukum-hukum fisika yang sering terjadi dan sering kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari.


Ada banyak fenomena alam unik yang bisa kita amati dan pelajari yang berkaitan dengan hukum-hukum fisika. Berbagai macam fenomena tersebut juga merupakan salah satu materi yang harus dipelajari.

Di pelajaran Fisika, kita juga akan memahami bagaimana berbagai fenomena yang terjadi. Untuk itulah kita akan mencoba mengingat materi tersebut. Untuk lebih memperjelas akan kita bahas lebih dalam lagi tentang fenomena fisika ini.

A. Fisika dan Fenomena Alam

Fisika merupakan cabang dari ilmu alam (sains) yang karenanya fisika dapat menjelaskan berbagai fenomena  alam dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan fenomena alam merupakan kejadian yang terjadi secara alamiah dan dapat dicapai dengan logika manusia karena sifatnya tetap dan tidak berubah-ubah.

Sebagai contoh air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah merupakan sifat alamiah yang tetap (pasti) yang dapat dijelaskan dengan ilmu fisika. 

B. Fenomena Fisika

Ada banyak contoh fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari yang merupakan fenomena fisika, berikut beberapa fenomena alam yang sering kita temui:
  1. Fenomena Alam Fatamorgana
  2. Fenomena Terjadinya Petir
  3. Fenomena Alam Halo
  4. Fenomena Pelangi
  5. Es
  6. Busa
  7. Sereal
  8. Magnet
  9. Listrik Statis
  10. Efek Kacang Brazil
Fenomena Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Itulah beberapa fenomena atau kejadian alamiah yang sering kita jumpai yang berkaitan dengan hukum-hukum fisika atau dengan kata lain yang bisa kita jelaskan dengan ilmu fisika.

Dengan mengetahui ini, jelas bagi kita bahwa mempelajari Fisika merupakan kegiatan yang sangat menarik.

Fenomena Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes