Sunday, August 26, 2018

Materi PKN tentang Globalisasi, Pengertian Proses dan Contoh

Rangkuman materi PKN tentang globalisasi - pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai salah satu topik pelajaran PKN yaitu mengenai globalisasi. Yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai hal ini dan juga yang ingin membuat ringkasan materi silahkan simak ringkasan tentang globalisasi berikut ini
Pengertian, Proses, Dampak dan Contoh Globalisasi
Ada dua hal pokok yang akan kita ingat kembali mengenai pelajaran kali ini. Yang pertama tentu berkaitan dengan definisi dari kata "globalisasi" itu sendiri.

Kedua, kita juga akan membahas dan mengingat kembali bagaimana proses globalisasi. Dengan begitu kita bisa lebih dalam memahami mengenai tema kali ini. Seperti apa, mari kita pelajari bersama.

A. Pengertian Globalisasi 

Dalam setiap pembahasan materi tertentu tentu kita harus lebih dulu paham mengenai pengertian atau definisinya lebih dahulu. Nah, mungkin ada yang tahu apa definisi globalisasi? 
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Globalisasi adalah proses masuk ke ruang lingkup dunia. Globalisasi berasal dari kata globe/global yaitu dunia atau bola dunia. 

Dapat pula diartikan sebagai hal-hal kejadian secara menyeluruh dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi batas-batas yang mengikat secara nyata. 

Globalisasi adalah suatu keadaan yang mendunia dimana hubungan sosial dan saling ketergantungan antar negara dan antar manusia semakin besar, batas-batas kedaulatan suatu negara dan bangsa menjadi kabur serta keputusan atau kegiatan di belahan dunia yang satu dapat mempengaruhi keputusan belahan dunia yang lain. 

Secara literal, globalisasi adalah sebuah perubahan sosial berupa bertambahnya keterkaitan diantara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan tekhnologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional. 

B. Proses Globalisasi

Dimulai ketika Vasco da Gama dan Christopher Columbus dari Eropa 500 tahun lalu untuk berdagang, namun hal ini menjadi awal munculnya kehndak menguasai wilayah bangsa lain untukmenghisap kekayaan bangsa lain (kolonialisme), maka saat itulah sudah mulai tertanam benih-benih yang namanya Globalisasi. 

Oleh karena itu globalisasi merupakan kelanjutan darai kolonialisme. Era kolonialisme merupakan juga era perkembangan paham kapitalisme di Eropa. 

Paham kapitalisme dikembangkan oleh Adam Smith, Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang mengatur proses produksi dan pendistribusian barang dan jasa. 

Ciri-ciri kapitalisme adalah : 
  1. Sebagian besar sarana produksi dan distribusi dimiliki individu. 
  2. Barang dan jasa diperdagangkan dipasar bebas (free market) yang bersifat kompetitif, 
  3. Modal baik berupa uang atau dalam bentuk kekayaan lainnya diinvestasikan kebarbagai usaha untuk mendapatkan keuntungan atau laba. 
Proses berikutnya dilanjutkan dengan era pembangunan, yang ditandai dengan penekanan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang berpusat pada negara sendiri. 

Ketika era pembangunan mengalami krisis maka dunia masuk pada era baru yaitu globalisasi. Pada era globalisasi ini negara-negara didorong untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi global. 

Aktor utamanya bukan lagi negara sebagai mana di era pembangunan,melainkan perusahaan-perusahaan transnasional (Trannational Corporations, TNCs) dan bank-bank transnasional (Transnational Banks, TNBs), Bank Dunia dan IMF (International Monetary Fund) atau dana moneter internasional, WTO, APEC (Asia Fasific Economic Cooperation), dll. Semua proses globalisasi digerakkan oleh idiologi neoliberalisme. 

C. Dampak Globalisasi

Seperti juga yang lain, globalisasi juga memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Lalu, apa saja dampak yang dapat ditimbulkan oleh adanya globalisasi tersebut?

Dampak Positif
  1. Memperoleh informasi dan penambahan ilmu pengetahuan alam maupun sosial akan mudah dijangkau bagi setiap individu di berbagai belahan dunia manapun
  2. Jalinan komunikasi akan semakin mudah dan semakin canggih
  3. Mobilitas yang tinggi akan memudahkan siapapun di era globalisasi akan mudah dalam melakukan perjalanan baik perjalanan jauh maupun perjalanan pendek dengan adanya alat transportasi yang semakin beragam
  4. Sikap kosmopolitan ataupun toleransi antara satu individu dengan yang individu lain akan meningkat
  5. Perkembangan ekonomi, sosial dan budaya dengan globalisasi ini akan membawa individu semakin semangat dalam meningkatkan potensi dirinya
  6. Pemenuhan kebutuhan yang semakin kompleks dan tidan terbatas sedikit demi sedikit akan mulai terpenuhi secara berkala pada era globalisasi

Dampak Negatif
  1. Masyarakat yang konsumtif
  2. Segala informasi tidak tersaring untuk informasi baik maupun informasi buruk
  3. Pemborosan dan perilaku yang menyimpang dari adat ketimuran
  4. Lebih condong pada budaya barat sehingga budaya pribadi sering ditinggalkan
  5. Sikap individualis dan menutup diri sering terjadi pada individu yang mengikuti arus globalisasi secara terus-menerus
Di atas adalah dampak positif dan dampak negatif dari adanya globalisasi. Tentu dampak tersebut harus dijadikan sebagai bahan belajar agar kita bisa menyaring hal positif demi kehidupan yang lebih baik.

D. Contoh Globalisasi dalam Berbagai Bidang

Di atas kita telah membahas panjang lebar mengenai pengertian, proses dan juga dampak dari globalisasi. Tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas juga mengenai berbagai contohnya.

Berikut mari kita pahami juga beberapa contoh globalisasi dalam kehidupan masyarakat. Ada beberapa contoh yang dapat kita cermati misalnya dibidang ekonomi, sosial dan seterusnya.

Globalisasi di Bidang Ekonomi
Banyaknya Supermarket
Adanya jual beli online yang memungkinkan melakukan transaksi dengan orang yang jauh
Terciptanya mesin-mesin canggih untuk menunjang proses produksi
Adanya Ekspor dan Impor
Masuknya produk luar negeri dengan mudah
Terbukanya pasar bursa Internasional

Globalisasi di Bidang Sosial
Bahasa Asing masuk dengan mudahnya
Perempuan bekerja sudah tidak asing lagi
Masyarakat semakin heterogen
Hilangnya rasa gotong royong
Timbulnya rasa egoisme diantara masyarakat

Globalisasi di Bidang Budaya
Masuk dan menyebarnya budaya asing
Masuknya mode-mode pakaian luar negeri
Banyaknya imigrasi
Terjadinya pertukaran budaya Internasional
Hilangnya budaya-budaya tradisional secara perlahan

Globalisasi di Bidang Politik
Dibentuknya PBB
Timbulnya kerjasama antar negara
Timbulnya politik negara
Hubungan bilateral maupun multirateral antar negara dapat dengan mudah dilakukan
Munculnya ideologi-ideologi asing

Globalisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Munculnya berbagai macam handphone untuk memudahkan berhubungan dengan orang yang jauh
Adanya internet untuk memudahkan berkomunikasi dan mendapatkan informasi
Munculnya video call yaitu kita dapat bertatap muka dengan orang yang jauh
Informasi-informasi dan menyebar dengan cepat dan luas
Kita dapat melihat suatu kejadian dimanapun secara langsung dengan menggunakan televisi, internet, dan hp.

Demikianlah sedikit pembahasan kita mengenai globalisasi. Mudah-mudahan beberapa penjelasan singkat di atas dapat mempertajam pemahaman kita terhadap materi PKn tersebut. 

Lain waktu kita akan sambung lagi dengan beberapa rangkuman atau ringkasan materi lainnya. Silahkan dilanjut ke beberapa materi berikutnya yang sudah disiapkan dibagian bawah.

Materi PKN tentang Globalisasi, Pengertian Proses dan Contoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes