Thursday, May 23, 2019

Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia

Materi kali ini adalah tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Kita akan membahas sejarah kerajaan yang bercorak Hindu Budha yang ada di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia.

Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia

Masyarakat Indonesia mengenal agama Hindu Budha dari India sudah sejak sekitar abad ke-4. Agama Hindu Budha ini tercermin dengan adanya berbagai kerajaan yang bercorak hindu budha di tanah air yang memberikan warna sendiri pada sejarah Indonesia.

Kerajaan-kerajaan tersebut memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan hindu budha di Indonesia

Bagi perkembangan bangsa Indonesia selanjutnya, kerajaan hindu budha tersebut mampu memberikan berbagai macam watak dan tatanan sosial yang melekat didalam masyarakat bahkan sebagian tatanan sosial masih diterapkan sampai saat ini. 

Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa keberadaan kerajaan-kerajaan tersebut sangatlah penting bagi pembentukan negara ini.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang kerajaan yang bercorak hindu budha tersebut berikut ini dibuat daftar kerajaan hindu budha beserta sejarah lengkapnya.

A. Kerajaan Hindu-Budha di Kalimantan

Kerajaan Hindu Budha tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan salah satunya di daerah Kalimantan. Kerajaan-kerajaan yang terletak di Kalimantan tersebut yaitu:
  1. Kerajaan Kutai
  2. Kerajaan Negara Daha
  3. Kerajaan Negara Dipa
  4. Kerajaan Kuripan
Karena artikel mengenai berbagai kerajaan di Kalimantan tersebut tidak sedikit dan lumayan panjang maka silahkan lihat detail dari masing-masing kerajaan tersebut melalui tautan di atas.

Dari pembahasan terpisah tersebut anda bisa mendalami mengenai letak kerajaan hindu budha di Kalimantan dan berbagai corak kehidupan yang ada pada masa itu.

Selain itu anda juga akan mendapatkan informasi mengenai berbagai peninggalan dari kerajaan tersebut yang tentunya akan memberikan bukti sejarah keberadaan masing-masing kerajaan. 

    B. Kerajaan Hindu/Buddha di Jawa

    Setelah kita mengenal beberapa kerajaan yang bercorak Hindu Budha di daerah Kalimantan kita juga dapat mempelajari lebih dalam materi tentang kerajaan Hindu Budha yang terletak di daerah Jawa. Untuk kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Jawa ada beberapa kerajaan yaitu:
    1. Kerajaan Salakanagara (150-362)
    2. Kerajaan Tarumanegara (358-669)
    3. Kerajaan Kadiri (1042 - 1222)
    4. Kerajaan Singasari (1222-1292)
    5. Kerajaan Majapahit (1292-1527)
    6. Kerajaan Sunda Galuh (669-1482) 
    7. Kerajaan Kalingga 
    8. Kerajaan Mataram Hindu 
    Karena artikel ini merupakan rintisan yang akan mempermudah anda dalam mempelajari kerajaan hindu budha di Indonesia maka masing-masing kerajaan akan dibahas secara terpisah agar lebih jelas seperti halnya pada daerah Kalimantan.

    Jika anda ingin mengetahui lebih jauh berbagai pengaruh dan juga bukti kerajaan yang ada di pulau jawa tersebut silahkan klik pada tautan yang ada di atas.

    Beberapa pembahasan mungkin belum tersedia jadi anda bisa mencari referensi lain di bagian akhir tulisan ini. Jangan sampai anda ketinggalan informasi mengenai kekayaan budaya dan sejarah yang ada di bumi tanah jawa tersebut.

      C. Kerajaan Hindu/Buddha di Sumatra

      Yang terakhir, pada pembahasan mengenai sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia kita juga akan mempelajari kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha yang terletak di Sumatra.

      Kerajaan tersebut adalah Kerajaan Melayu Dharmasraya dan juga Kerajaan Sriwijaya. Untuk mempelajari secara lengkap mengenai dua kerajaan tersebut silahkan ikuti tautan berikut:
      1. Kerajaan Malayu Dharmasraya 1183–1347
      2. Kerajaan Sriwijaya 600–1300
      Dalam perkembangannya, kerajaan-kerajaan tersebut mengalami jatuh-bangun yang akhirnya runtuh untuk selama-lamanya, tak terkecuali Sriwijaya atau Majapahit. 

      Contohnya, dalam bidang sosial-ekonomi, masyarakat Hindu-Buddha tersebut mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing, bergantung kepada letak geografis, geologis, lingkungan ekologis, serta kekuatan militer, hukum, dan politik mereka. 

      Dalam bidang sosial di hampir setiap kerajaan terdapat pengkelasan dalam masyarakat, meski tidak seketat di India.

      Begitu kompleknya perkembangan setiap kerajaan tersebut juga menggambarkan bahwa indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang majemuk dan berbeda-beda karena itu juga lah kerajaan di nusantara ini banyak yang berusaha bersatu dalam satu panji.

      Dengan adanya sedikit ilustrasi mengenai rangkuman materi ini diharapkan anda bisa lebih paham mengenai Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Sejarah adalah guru yang terbaik, jadi pastikan anda bisa mengambil hikmah dari perjalanan bangsa ini. 

      Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes