Wednesday, February 17, 2021

Koleksi Contoh Text Report dan Terjemahannya

Koleksi contoh text report bahasa inggris dan terjemahannya akan melengkapi materi pelajaran yang sudah kita pelajari. Pelajaran bahasa Inggris memang salah satu pelajaran yang cukup penting. Untuk itulah kita harus menguasai setiap materi yang diajarkan.


Tidak apa-apa. Tiada hari tanpa tugas, memang terkadang melelahkan namun jangan putus asa, jangan menyerah. Semua ini ada proses menuju kesuksesan dan kehidupan lebih baik kita. Jika anda malas, anda masa depan anda akan suram, ingat itu kawan!

Pada tugas sekolah kali ini topik kita adalah tentang report text. Rekan semua mungkin sudah tahu yang dimaksud text report itu tapi tak ada salahnya kita membahas contoh dan terjemahannya terbanyak disini. Baiklah langsung saja kita masuk pada pembahasan tersebut.

Sebelum sampai ke contoh yang dimaksud tentu kita harus mengetahui lebih jauh tentang materi ini. Oleh karena itu kita juga akan mengingat kembali mengenai materi ini dari awal.

Semua akan kita ulang kembali meski tidak begitu detail. Dengan begitu kami berharap rekan pelajar semua bisa mengingat kembali apa yang sudah lupa. Baru nanti pelajaran kita akan disempurnakan dengan berbagai contoh yang sudah disiapkan.

1) Contoh report text tumbuhan
2) Contoh report text tentang satelit
3) Contoh report text tentang tempat
4) Contoh report text tentang teknologi
5) Contoh report text singkat tentang alam
6) Contoh report text singkat tentang benda
7) Contoh report text beserta generic structure
8) Contoh report text beserta generic structure dan terjemahannya

Kita akan buat lengkap dan mendalam khusus untuk di contohnya. Dengan begitu kita nanti bisa belajar menyusun atau membuat sendiri teks yang dimaksud. Seperti apa, mari kita mulai dengan mengingat kembali pengertiannya.

A. Pengertian Report Text

Istilah report text sering juga dikenal dengan sebutan informational report. Report, dalam Concise Oxford Dictionary Edisi 10, diartikan sebagai 1) an account given of a matter after investigation or consideration. 2) a piece of information about an event or situation.

Jika disimpulkan, secara bahasa report text adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu peristiwa atau situasi, setelah diadakannya investigasi dan melalui berbagai pertimbangan.

Definisi report text ini juga hampir mirip dengan apa yang sering disebutkan dalam berbagai buku bahasa Inggris di tingkat menengah, "Report is a text which present information about something, as it is. It is as a result of systematic observation and analyses." [Report adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal dengan apa adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisa secara sistematis.]

Dengan demikian, sebenarnya teks report dan descriptive mempunyai perbedaan yang cukup jelas, meski nampak keduanya dikatakan sebagai "saudara kembar" sekalipun. Intinya, dalam text itu biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

B. Generic Structure Report Text

Di atas kita sudah mengingat kembali mengenai definisi dari teks ini. Sekarang kita lihat lebih dekat mengenai susunan dari teks tersebut. Ya, kita juga harus tahu mengenai struktur dari teks tersebut bukan?

Seperti halnya dengan descriptive text, Report text juga hanya memiliki dua struktur umum [generic structure] yaitu:

1. General Clasification
Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.

2. Description: tells what the phenomenon under discussion ; in terms of parts, qualities, habits or behaviors; Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.

Ada juga beberapa keterangan mengenai generic structure report text, yang meliputi :
  • General information
  • Bundles of Specific Information
General information adalah bagian yang menyebutkan informasi umum dari tema tulisan yang. Sedangkan Bundles of specific information, adalah penjabaran dari informasi umum tersebut.

Saya sendiri lebih cenderung setuju dengan generic structure kedua; karena hal ini bisa membuat siswa lebih paham akan cara menulis report text.

C. Tujuan Report Text

Sudah dua hal penting kita pelajari kembali, sekarang kita melangkah ke hal berikutnya yaitu mengenai tujuan dibuatnya teks ini. Ada yang masih ingat tidak apa tujuan dari repot teks ini, hayo angkat tangan.

Setiap tulisan pasti memiliki tujuan mengapa tulisan itu ditulis. Begitu juga dengan text bahasa inggris yang satu ini. Beberapa pakar menyebutkan bahwa tujuan teks report adalah :
Its social purpose is presenting information about something. They generally describe an entire class of things, whether natural or made: mammals, the planets, rocks, plants, countries of region, culture, transportation, and so on.
Jika disimpulkan, tujuan report text adalah untuk menyampaikan informasi hasil pengamatan dan analisa yang sistematis. Informasi yang dijelaskan dalam report text biasanya bersifat umum, baik itu alamiah ataupun buatan seperti binatang mamalia, planet, bebatuan, tumbuh-tumbuhan, negara bagian, budaya, transportasi, dan lain sebagainya.

Sudah ingat kembali ya, sekarang kita akan menuju ke pembahasan selanjutnya. Tidak cukup jika kita hanya mengingat mengenai struktur dan juga tujuan. Masih ada pola tata bahasa yang juga patut untuk kita cermati.

D. Pola tata bahasa dalam report text

Setiap tulisan pasti memiliki ciri bahasa tersendiri; jika recount text dan narrative text cenderung memiliki ciri menggunakan simple past, lalu bagaimana dengan report text? Oke berikut adalah pola grammar yang umum digunakan dalam teks report, yang meliputi :
  1. Use of general nouns, eg hunting dogs, rather than particular nouns, eg our dog;
  2. Use of relating verbs to describe features, eg Molecules are tiny particles;
  3. Some use of action verbs when describing behaviour, eg Emus cannot fly;
  4. Use of timeless present tense to indicate usualness, eg Tropical cyclones always begin over the sea;
  5. Use of technical terms, eg Isobars are lines drawn on a weather map;
  6. Use of paragraphs with topic sentences to organise bundles of information; repeated naming of the topic as the beginning focus of the clause.
Keterangan :
  • General nouns, maksudnya adalah, suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat umum. Coba bandingkan : Hunting dogs >< My dog. Hunting dogs bersifat umum; sedangkan my dog bersifat khusus. 
  • Relating verbs, dalam grammar disebut juga dengan linking verbs. Seperti to be [is, am, are: present], seem, look, taste dan lain sebagainya. 
  • Timeless present tense adalah salah satu penanda waktu dalam simple presentseperti "often, usually, always" dan lain-lain. 
  • Technical terms, maksudnya adalah istilah-istilah yang meliputi teks report tersebut. Misalnya tentang "music" maka, istilah-istilah musik harus ada.
Itu tadi sedikit mengenai pola bahasa yang digunakan dalam teks ini. Sekarang sudah ingat lagi bukan? Ya, belajar memang harus seperti itu, meski sedikit tapi kalau dilakukan secara terus menerus maka hasilnya juga akan kelihatan.

E. Koleksi contoh report text lengkap

Setelah beberapa waktu mengingat kembali berbagai materi atau teori yang ada di atas maka kita juga perlu untuk mempelajari contoh-contoh langsung. Dengan mempelajari contoh yang lengkap maka kita bisa lebih mudah dalam memahami materi ini.

Ada banyak contoh yang akan disiapkan. Namun begitu kita tidak bisa menghadirkan langsung berbagai contohnya di sini. Berikut ini adalah contoh text Report yang dapat kita gunakan untuk pemahaman kita pada materi ini:

1) Kind of Earthquake
2) Tipes of Volcanic Eruption
3) Human Body Energy
4) Thanksgiving
5) Orangutans
6) Blue Whale
7) Harvesting Machines
8) Television
9) Athletics
Belum begitu lengkap namun kita akan terus menghadirkan contoh lain yang terbaru sesuai dengan kebutuhan rekan semua. Ya, mudah-mudahan beberapa judul di atas bisa dijadikan bahan referensi belajar kita bersama.

Koleksi Contoh Text Report dan Terjemahannya
Koleksi Contoh Text Report dan Terjemahannya
Demikian pembahasan tentang contoh text repot pada pertemuan kali ini. Silahkan melanjutkan ke pembahasan lain mapel bahasa inggris yang terbaru. Tetap semangat, rajin belajar untuk meraih masa depan yang gemilang. Sampai bertemu lagi lain waktu.

Koleksi Contoh Text Report dan Terjemahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes