Monday, May 20, 2019

Koleksi Contoh Procedure Text Terlengkap

Koleksi Contoh Procedure Text Terlengkap - Materi kali ini adalah mengenai Procedure Text, sudah tahu kan itu apa? Buat yang belum paham mengenai materi bahasa Inggris ini, berikut akan kita bahas mulai dari pengertian procedure text sampai dengan koleksi contohnya lengkap buat rekan pelajar semua.

Melalui pembahasan ini kita akan berusaha mengingat kembali materi ini. Dengan membaca sedikit mengenai inti materinya dan juga mempelajari contoh-contoh yang sudah disiapkan.

Sebenarnya ada satu kata kunci yang bisa digunakan untuk mengingat materi ini. Ya, kata "procedure" merupakan inti dari materi ini. Kalau ingat arti kata tersebut pasti ingat isi dari teks ini.

Benar sekali. Procedure artinya langkah atau prosedur. Jadi kita bisa tahu gambaran isi dari teks ini. Tapi, kalau memang agak lupa lebih baik kita ulas kembali mengenai materinya. Langsung saja berikut pembahasannya.

A. Pengertian dan Generic Structure Procedure Text

Ada tiga definisi "umum" mengenai procedure text : (1)Texts that explain how something works or how to use instruction / operation manuals e.g. how to use the video, the computer, the tape recorder, the photocopier, the fax. (2) Texts that instruct how to do a particular activity e.g. recipes, rules for games, science experiments, road safety rules. (3) Texts that deal with human behaviour eg how to live happily, how to succeed.

Dari keterangan di atas, dapat kita garis bawahi bahwa procedure text adalah (1) Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan pedoman instruksi / penggunaan. Contoh : cara menggunakan video, komputer, mesin fotokopi, fax dll.

(2) Teks yang menunjukan cara melakukan aktifitas tertentu. Contoh : resep, aturan bermain game, eksperimen ilmiah, aturan keamanan berkendara.

(3) Teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. contoh : cara hidup bahagian, cara sukses. dll..

"The purpose procedural text is to tell the reader how to do or make something. The information is presented in a logical sequence of events which is broken up into small sequenced steps. These texts are usually written in the present tense. The most common example of a procedural text is a recipe."

Tujuan procedure text adalah memberitahu pembaca cara melakukan / membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis.

Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Teks ini biasanya ditulis menggunakan present tense. Contoh paling umum procedure text adalah resep masakan.

Generic Structure Procedure Text 
Seperti halnya pengertian procedure text di atas, generic structure (susunan umum) procedure text juga ada tiga :

(1) Goal (Maksud atau tujuan)
(2) Material Needed (Materi / alat / bahan yang dibutuhkan)
(3) Methods or Steps (Metode / langkah-langkah)

Yang pertama adalah maksud dan tujuan. Kemudian ada materi, alat atau bahan yang dibutuhkan dan terakhir langkah atau metode yang digunakan. Tidak sulit bukan menyusun teks bahasa Inggris tersebut?

B. Contoh Procedure Text

Kalau hanya membahas mengenai materinya mungkin tidak akan lengkap dan tidak akan membuat kita cepat paham. Oleh sebab itu kita sengaja membuat koleksi tersendiri untuk contohnya. 

Kami akan menyiapkan berbagai contoh procedure text bahasa Inggris yang paling menarik dan juga beda dari lainnya. Nanti dilengkapi juga dengan terjemahannya atau artinya sekaligus. Berikut contohnya.

HOW TO MAKE RUJAK

Rujak is one of popular traditional food from Indonesia. This one is simple and delicious, also contains many useful fiber and vitamin for our bady. Here is the recipe:

Utensil:
· Knife
· Stone mortar
· Plate

Ingredients:
· 1 cucumber
· ½ papaya
· 1 onion
· 1 peneapple
· 1 medium young mango
· 1 apple
· And the other fruits what do you want

Sauce Ingredients:
· 3 hot chilli
· 1 tablespoon taramind
· 1 teaspoon Salt
· 1 teaspoon petis
· ¼ cup Palm sugar
· Some water

Directions:
1. Prepare the materials
2. Peel the fruits
3. Wash it until clean
4. Slice it into a small pieces
5. Mix all the fruit and put it at the plate
6. To make the sauce, take chilli, tamarind and salt
7. Place it at the mortar and use the pastle to grind it together
8. Add Palm Sugar, petis and some water
9. Grind all of them again until soft and well combined
10. Pour the grinded spices into the fruits and mix well
11. Rujak is finish and ready to be served.

Nanti rekan pelajar semua bisa memilih sendiri mana yang akan dibaca dan dipelajari di rumah. Beberapa contoh tersebut diantaranya sebagai berikut. Silahkan dipelajari lebih dulu.

1) Nasi Goreng "Fried Rice"
2) How To Ride A Bicycle
3) Making Meatballs (exclude the soup)

Tiga contoh di atas bisa dipelajari lebih lanjut untuk memahami apa dan bagaimana materi bahasa Inggris ini. Kalau sudah ada gambaran nanti kita bisa lanjut dengan contoh-contoh yang lebih banyak.

Koleksi Contoh Procedure Text Terlengkap
Koleksi Contoh Procedure Text Terlengkap

Saya kira cukup untuk pembahasan kita kali ini mengenai koleksi contoh procedure text tersebut. Tidak terlalu panjang tetapi sudah cukup memuat inti semua materi. 

Setelah memahami materi ini saya yakin rekan pelajar semua ingin juga membahas materi selanjutnya yaitu tentang Expressing Promise. Semoga artikel kali ini dapat menambah pemahaman kita semua. 

Refferensi
www.englishindo.com

Koleksi Contoh Procedure Text Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes