Friday, November 26, 2021

Flora dan Fauna Identitas Pulau Sumatra

Flora dan Fauna Identitas di Pulau Sumatra - Selain flora fauna sulawesi, pulau sumatra juga mempunyai flora dan fauna identitas yang merupakan Flora Dan Fauna Pulau Sumatra. Apasajakah flora dan fauna yang menjadi ciri dan identitas pulau sumatra tersebut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Keanekaragaman setiap daerah tentu berbeda-beda satu dengan lainnya, dalam negeri luar negeri tentu sama saja memiliki ciri khusus atau ciri tersendiri yang bisa menjadi identitas daerah atau kawasan.


Tidak berbeda dengan pulau Sumatra, di pulau ini juga ada banyak flora dan fauna identitas yang tidak terdapat di daerah lain. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai hal ini ada baiknya kita baca juga beberapa artikel terkait di bawah ini.

1) Flora dan fauna di sumatera
2) Flora dan fauna di jawa
3) Fauna kalimantan
4) Flora di indonesia
5) Flora dan fauna di indonesia
6) Hewan khas sulawesi
7) Komodo

Keragaman ini tentu berkaitan erat dengan iklim dari suatu daerah yang pada akhirnya memberikan ciri khusus endemik hewan dan tumbuhan yang ada.

Khusus di pulau ini tentu ada beberapa flora dan juga fauna yang hanya ada disini. Mau tahu apa saja flora serta fauna pulau Sumatra tersebut, silahkan baca selengkapnya pada uraian berikut.

a. Fauna
Orangutan Sumatra
Orangutan Sumatra (Pongo abelii) adalah spesies orangutan terlangka. Orangutan Sumatra hidup dan endemik terhadap Sumatra, sebuah pulau yang terletak di Indonesia. 

Flora Dan Fauna Identitas Pulau Sumatra
Orangutan Sumatra (Pongo abelii)

Mereka lebih kecil daripada orangutan Kalimantan. Orangutan Sumatra memiliki tinggi sekitar 4.6 kaki dan berat 200 pon. Betina lebih kecil, dengan tinggi 3 kaki dan berat 100 pon. 

Harimau Sumatera
Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) hanya ditemukan di Pulau Sumatra di Indonesia, merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN. 

Flora Dan Fauna Identitas Pulau Sumatra

Populasi liar diperkirakan antara 400-500 ekor, terutama hidup di Taman-taman nasional di Sumatra. 

Gajah Sumatera
Gajah Sumatera adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di pulau Sumatera. Gajah Sumatera berpostur lebih kecil daripada subspesies gajah India. Populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam. 

Flora Dan Fauna Identitas Pulau Sumatra
Gajah Sumatera
Sekitar 2000 – 2700 ekor gajah Sumatera yang tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah Sumatera lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni manusia. 

Sekitar 83% habitat gajah Sumatera telah menjadi wilayah perkebunan akibat perambahan yang agresif untuk perkebunan. 

b. Flora
Bunga Rafflesia 
Padma raksasa (Rafflesia arnoldii) merupakan tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. 

Flora Dan Fauna Identitas Pulau Sumatra
Padma raksasa (Rafflesia arnoldii)

Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan). Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. 

Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya, terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat. Di Pulau Jawa tumbuh hanya satu jenis patma parasit, Rafflesia patma. 

Bunga Bangkai
Bunga bangkai atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif), Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia. 

Bunga ini dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m. 

Flora Dan Fauna Identitas Pulau Sumatra
Bunga Bangkai / Suweg Raksasa

Namanya berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya. 

Banyak orang sering salah mengira dan tidak bisa membedakan bunga bangkai dengan "Rafflesia arnoldii" mungkin karena orang sudah mengenal bahwa Rafflesia sebagai bunga terbesar dan kemudian menjadi bias dengan ukuran bunga bangkai yang juga besar. 

Cempaka wangi 
Cempaka wangi (Magnolia champaca syn. Michelia champaca) adalah pohon hijau abadi besar yang bunga putih atau kuningnya dikenal luas sebagai sumber wewangian. 

Cempaka wangi (Magnolia champaca syn. Michelia champaca) 
Tumbuhan asal anak benua India dan Asia Tenggara ini juga berguna kayunya dan berfungsi pula sebagai penghias taman. Bijinya terbungkus oleh salut biji yang disukai burung. 

Contoh Makalah Flora Dan Fauna Pulau Sumatra

Demikianlah tadi sedikit pembahasan untuk materi pelajaran geografi yang berkaitan dengan flora dan fauna pulau sumatra. Semoga dengan adanya pembahasan singkat di atas kita bisa lebih mengenal keragaman flora dan juga keragaman fauna yang ada di Indonesia khususnya di pulau Sumatra. Agar materi ini lebih lengkap silahkan baca juga beberapa materi pendukung lainnya di bawah ini.

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10983473

Flora dan Fauna Identitas Pulau Sumatra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes