Monday, January 12, 2015

Setting Wireless Adhoc dan Sharing Internet di Windows 7

Setting Wireless Adhoc dan Sharing Internet di Windows 7 - Hari ini kita akan berbicara mengenai jaringan komputer khususnya mengenai koneksi sambungan internet menggunakan wireless. Kita akan membahas bagaimana Cara Setting Wireless Adhoc dan juga Sharing Internet di Windows 7. Melalui panduan ini diharapkan kita akan lebih mudah jika harus melakukan instalasi wireless khususnya wireless adhoc. Mudah-mudahan bisa membantu tugas yang diberikan.

Sebelum kita bahas lebih jauh kita akan bahas mulai dari awal agar lebih memahami aktivitas yang akan kita lakukan tersebut. Ad Hoc secara bahasa berarti "untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu saja. Dalam pengertian lain, jaringan ad hoc adalah jaringan bersifat sementara tanpa bergantung pada infrastruktur yang ada dan bersifat independen.

Ad Hoc Network adalah jaringan wireless yang terdiri dari kumpulan mobile node (mobile station) yang bersifat dinamik dan spontan, dapat diaplikasikan di mana pun tanpa menggunakan jaringan infrastruktur (seluler ataupun PSTN) yang telah ada. Contoh mobile node adalah notebook, PDA dan ponsel. Jaringan ad hoc disebut juga dengan spontaneous network atau disebut MANET (Mobile Ad hoc NETwork). (Sumber: Hendri)

Sekedar mengingatkan saja, sekarang kita akan langsung ke pembahasan yaitu mengenai Setting Wireless Adhoc dan bagaimana Sharing Internet di Windows 7. Bagaimana cara melakukan setting jaringan wireless tersebut. Lalu bagaimana juga cara untuk sharing (membagi) koneksi dari jaringan wireless yang sudah ada? Berikut langkah untuk Setting Wireless Adhoc dan Sharing Internet di Windows 7.


1.       Klik network access >


2.       Change adapter setting >


3.       Pilih koneksi internet anda yang aktif (misal yang saat ini saya menggunakan provider M2) > properties


4.       Berikan  check mark seperti gambar dibawah ini > OK


5.       Klik manage wireless network >

6.       Add wireless network >

7.       Pilih Create an ad hoc network >


8.       Isikan field dengan ketentuan berikut :

Network name         : berikan nama network terserah anda
Security type             : no authentication berarti terbuka untuk umum
Security key              : password untuk mengkoneksikan wireless, anda bisa mengkosongkan apabila dirasa tidak perlu





9.       Koneksi wireless yang anda buat sudah berhasil, anda bisa mengkoneksikan jaringan internet wireless anda dengan 1 komputer lainnya.

Selesai sudah, sekarang menggunakan Setting Wireless Adhoc dan Sharing Internet di Windows 7 ini kita dapat mengkonfigurasi jaringan yang ada dan menggunakannya lebih di satu perangkat. Semoga sedikit panduan atau tutorial komputer jaringan tersebut di atas bisa bermanfaat. 

Setting Wireless Adhoc dan Sharing Internet di Windows 7 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah