Saturday, August 2, 2014

Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI IPA

Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI IPA - Hari ini kita akan latihan dengan beberapa soal untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap berbagai materi bahasa Indonesia yang telah di ajarkan di sekolah. Jika rekan pelajar semua ingin mengasah keterampilan menjawab soal silahkan coba kerjakan latihan berikut.

Latihan berikut merupakan latihan Soal UAS khususnya untuk semester genap Bahasa Indonesia kelas XI program studi ilmu pengetahuan alam (IPA). Terdiri dari dua jenis soal yaitu soal latihan pilihan ganda dan juga soal uraian. 

Keduanya tidak dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasan jadi bisa digunakan untuk mengukur kemampuan kita dalam memahami materi pelajaran yang telah diberikan. Silahkan langsung kerjakan bank soal, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Materi SMA, Tata Bahasa, tersebut di bawah ini.

Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI IPA
Untuk nomor 1 s.d. 3 cermati kutipan berikut!
…. Kami atas nama komite sekolah menyambut gembira dengan dilaksanakannya acara peringatan Maulid Nabi Muhamad saw. Dengan acara ini kami berharap para siswa mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah swt. Kami bersyukur, berkat kepemimpinan Bapak Drs. Undang Sumantri, selaku kepala di SMA ini, para siswa begitu antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

1. Yang memberi sambutan dalam teks di atas adalah ….
  1. Kepala SMA
  2. Kepala Sekolah
  3. Komite Sekolah
  4. Ketu OSIS
  5. Guru SMA
2.  Pidato tersebut disampaikan dalam acara ….
  1. peringatan Maulid Nabi Muhamad saw.
  2. peningkatan keimanan
  3. peningkatan ketakwaan
  4. upacara bendera
  5. sumpah pemuda
3.  Harapan yang diinginkan pembawa sambutan adalah ….
  1. membiasakan melaksanakan peringatan hari keagamaan
  2. membiasakan memperingati Maulid Nabi Muhamad saw.
  3. para siswa mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan
  4. para guru mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan
  5. kepala sekolah harus meningkatkan keimanan para siswa
4.  Sekian yang dapat kami sampaikan, mohon maaf apabila pengarahan kami tidak memuaskan. Terus terang saja sebenarnya kami belum menguasai materi yang disajikan ini, karena kami diminta memberikan pengarahan ini secara mendadak sehingga kurang persiapan. Di samping itu, pengetahuan kami di bidang ini memang kurang. Sekali lagi kami mohon maaf.
Komentar yang tepat untuk penggalan pidato di atas adalah ….
  1. pemberi pidato cukup bagus karena beliau terus terang apa adanya
  2. pemberi pidato cukup bagus karena beliau bersikap konsekuen
  3. sikap pemberi pidato dalam sambutannya cukup jantan
  4. sikap yang ditunjukkan oleh pemberi pidato kurang bagus karena terlalu jujur
  5. sikap yang ditunjukkan pemberi pidato kurang bagus karena dirinya terlalu merendahkan diri
Untuk nomor 5 dan 6 bacalah kutipan berikut!
Beberapa pohon tanaman di halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk. Apa sebabnya? Ternyata tanaman tidak mendapat sinar matahari, karena terhalang oleh pohon kayu besar yang ditanam di pinggir jalan.

5.       Gagasan utama paragraf di atas adalah …
  1. Beberapa pohon tanaman di halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain.
  2. Beberapa pohon tanaman tidak mau berbunga.
  3. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk.
  4. Tanaman tidak mendapat sinar matahari.
  5. Tanaman terhalang oleh kayu besar.
6.       Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf …
  1. naratif
  2. argumentatif
  3. persuasif
  4. ekspositoris
  5. deskriptif
Untuk nomor 7 dan 8, bacalah kutipan artikel berikut!
Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam mengatasi masalah kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat adalah mengenai tanggungan beban negara karena banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut.
Ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan,17 Agustus 1945, oleh Soekarno — Hatta, jumlah penduduk negara kita sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensvs penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat, yakni 203,45 juta jiwa.

7.       Ide pokok paragraf pertama dalam artikel tersebut adalah ....
  1. beban negara terhadap beban penduduk
  2. meningkatnya penduduk usia lanjut di Indonesia
  3. meningkatnya jumlah generasi muda setelah merdeka
  4. perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan
  5. perhatian terhadap masyarakat bangsa Indonesia
8.       Rangkuman isi artikel tersebut adalah ...
  1. Penduduk Indonesia berjumlah 203,45 juta, terdiri atas generasi muda dan penduduk usia lanjut.
  2. Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada waktu itu penduduk Indonesia 70 juta jiwa.
  3. Penduduk Indonesia setiap tahun bertambah terus karena masyarakat tidak tertarik ikut program KB.
  4. Jumlah penduduk Indonesia setiap tahun berkembang terus sehingga menjadi beban pemerintah.
  5. Indonesia harus berjuang terus dalam mengatasi masalah penduduk yang  berkembang hampir tiga kali lipat sejak kemerdekaan.
Untuk nomor 9 dan 10 bacalah kutipan novel berikut!
“Walau apa katamu terhadapku, walau kaucaci maki aku, kaukutuki aku, aku terima. Tapi, untuk membiarkan Masri dan Arni hidup sebagai suami istri, padahal Tuhan telah melarangnya, o ... o... o .... itu telah melanggar prinsip hidup setiap orang yang percaya pada-Nya. Kau memang telah berbuat sesuatu yang benar sebagai ibu yang mau memelihara kebahagiaan anaknya. Tapi, ada lagi kebenaran yang lebih
mutlak yang tak bisa ditawar-tawar lagi, yakni kebenaran yang dikatakan Tuhan dalam kitab-Nya. Prinsip hidup segala manusialah menjunjung kebenaran Tuhan”
Kemarau, A.A. Navis
9.       Nilai agama yang terdapat dalam kutipan novel tersebut ...
  1. Segala keputusan hendaknya selalu dikembalikan pada ajaran agama.
  2. Kesabaran seorang ayah dalam menghadapi perilaku anakanaknya.
  3. Tuhan melarang perkawinan beda agama.
  4. Keikhlasan seorang ibu dalam membahagiakan anaknya.
  5. Melanggar prinsip agarna mendatangkan kesengsaraan.
10.    Unsur intrinsik yang paling menonjol adalah ….
  1. penokohan
  2. alur
  3. setting
  4. amanat
  5. tema
11.    Surat yang isinya memberikan kewenangan kepada seseorang untuk bertindak dan berbuat sesuai dengan keinginan pemberi wewenang, disebut ….
  1. surat resmi
  2. surat dinas
  3. nota dinas
  4. surat kuasa
  5. surat perintah
12.                            Surat Kuasa
Yang bertanda tangan di bawah ini:
nama                : Ny. Herlina
alamat              : Jln. Kates 15 Sragen
pekerjaan        : Pegawai Negeri Sipil

memberikan kuasa kepada:
nama                : Nina Deswanti
alamat              : Jln. Kates  20 Sragen
pekerjaan        : pelajar

Kekurangan surat kuasa di atas disebutkan berikut ini, kecuali ….
  1. isi surat kuasa
  2. tanda tangan pemberi kuasa
  3. tanda tangan yang diberi kuasa
  4. tempat dan tanggal surat
  5. identitas pemberi dan yang diberi kuasa
13.    Perhatikan kutipan memo berikut!
Harap segera disusun program OSIS yang baru untuk dibawa dalam rapat OSIS tanggal 25 Agustus 2007, pukul 14.00, di Aula.
Terima kasih.
Perbaikan memo di atas adalah ….
  1. Harap segera dibuat program baru OSIS untuk diperdebatkan dalam rapat OSIS tanggal 25 Agustus 2007, pukul 14.00, di Aula.
Terima kasih.
  1. Harap segera disusun program OSIS yang baru untuk diperiksa dalam rapat OSIS tanggal 25 Agustus 2007, pukul 14.00, di Aula.
  2. Susunlah segera program OSIS yang baru untuk dibawa dalam rapat OSIS tanggal 25 Agustus 2005, pukul 14.00, di Aula.
Terima kasih.
  1. Harap segera disusun program OSIS yang baru untuk diputuskan dalam rapat OSIS tanggal 25 Agustus 2007, pukul 14.00, di Aula.
Terima kasih.
  1. Segera susun program OSIS untuk didiskusikan dalam rapat, di aula, 25 Agustus 2007, pukul 14.00.
Terima kasih.

Untuk nomor 14 s.d. 16 bacalah kutipan cerita berikut!
“Kalau begitu, mengapa Syarifuddin meninggal pada hari kedua, setelah dia disunat? Darah tak banyak keluar dari lukanya. Syarifuddin kan juga penurut. Pendiam. Setengah bulan, hampir, dia mengurung diri karena kau ingatkan kelakuan abangnya sehari sebelum disunat itu. Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran setengah malam penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak.
Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.

14.    Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerita di atas adalah ….
  1. orang pertama
  2. orang pertama dan ketiga
  3. orang kedua
  4. orang kedua dan ketiga
  5. orang ketiga
15.    Dalam kutipan di atas, watak Syafrudin digambarkan oleh pengarang dengan cara ….
  1. penggambaran langsung oleh pengarang
  2. penggambaran dialog antartokoh
  3. tingkah dan tindakan laku tokoh
  4. ciri fisik tokoh
  5. jalan pikiran tokoh
16.    Yang dimaksud orang yang tamak dan lintah darat dalam kutipan di atas adalah ….
  1. Lasuddin
  2. ibu Lasuddin
  3. Syarifudin
  4. ayah Lasuddin
  5. Kamarudin
Untuk soal 1 dan 2 bacalah paragraf berikut!
Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang
luas. Ketika bunga-bunganya sudah bermunculan, putih tipis
terumbai-umbai bergerak ditiup angin seperti busa air di arus kali
deras... hampir tidak tampak di sana seorang pun yang
menggarap tanah. Sepanjang mata memandang hanya semak
belukar membentang luas.

17.    Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ...
  1. Suasananya bagai tak berpenghuni.
  2. Terhampar tanah kosong yang tiada dimanfaatkan.
  3. Di sana tumbuh pohon singkong liar lebat daunnya.
  4. Orang mengatakan bahwa daerah itu adalah daerah tak bertuan.
  5. Binatang pengerat tampak modar-mandir di antara pematang
18.    Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ….
  1. narasi
  2. argumentasi
  3. persuasi
  4. eksposisi
  5. deskripsi
Untuk soal 3 s.d. 5 bacalah paragraf di bawah ini!
Pelanggaran lalu lintas sering dilakukan. Contohnya menyeberang tidak di tempat yang sudah disediakan. Sopir bus menghentikan mobil sekehendak hati. Pengendara kendaraan bermotor sering ngebut. Pengendara juga banyak yang tidak memiliki SIM.

19.    Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
  1. Pelanggaran lalu lintas sering dilakukan.
  2. Pelanggaran itu contohnya menyeberang tidak di tempat yang sudah disediakan.
  3. Bus menghentikan mobil sekehendak hati supir.
  4. Pengendara kendaraan bermotor sering ngebut.
  5. Pengendara juga banyak yang tidak memiliki SIM.
20.    Berdasarkan letak kalimat utamanya, merupakan paragraf ….
  1. deduktif
  2. induktif
  3. campuran
  4. naratif
  5. deskriptif
Migrasi atas perpindahan penduduk sebenarnya merupakan suatu reaksi kesempatan ekonomi pada suatu wilayah (region). Pola migrasi di negara-negara yang telah berkembang biasanya seimbang dan memperlihatkan saling tergantung antarwilayah (interdependensi) di dalamnya. Migrasi juga merefleksikan keseimbangan aliran sumber daya manusia dari suatu wilayah ke wilayah lainnya.

21.    Paragraf di atas dikembangkan secara deduktif, karena ….
  1. kalimat utamanya terletak di akhir paragraf
  2. dimulai dengan pernyataan-pernyataan khusus dan diakhiri dengan kesimpulan secara umum
  3. dimulai dengan pernyataan umum kemudian diikuti penjelasan secara khusus
  4. kalimat utamanya terletak di tengah paragraf
  5. pikiran utamanya terletak pada kalimat utama
22.    Tujuan seseorang melakukan wawancara antara lain ….
  1. untuk melatih kemampuan berbicara
  2. untuk menggali informasi
  3. untuk mengetahui latar belakang nara sumber
  4. untuk berlatih bertanya
  5. untuk bersilaturahmi
23.    Tujuan wawancara: mengetahui apa saja yang disediakan sekolah.
Kalimat wawancara yang sesuai dengan tujuan wawancara tersebut adalah ...
  1. Bagaimana pengumpulan fasilitas sekolah ini?
  2. Apa fungsi fasilitas sekolah ini?
  3. Apa saja fasilitas yang tersedia di sekolah ini?
  4. Mengapa perlu fasilitas di sekolah ini?
  5. Di mana saja dapat digunakan fasilitas itu?
24.    Di bawah ini merupakan manfaat kerangka karangan, kecuali ….
  1. mempermudah membantu mencari data yang diperlukan
  2. mempermudah mengembangkan karangan
  3. mempermudah menulis judul karangan
  4. supaya karangan sistematis
  5. menghindari pengungkapan gagasan yang berulang-ulang
25.    Untuk memahami isi bacaan dengan baik dan lengkap akan tepat bila dilakukan dengan kegiatan membaca …
  1. bersuara
  2. intensif
  3. nyaring
  4. cepat
  5. ekstensif
26.    Tujuan seseorang melakukan wawancara antara lain ….
  1. untuk mengetahui keberadaan tokoh
  2. untuk menggali informasi
  3. untuk melakukan perkenalan dan persahabatan
  4. untuk melaksanakan tugas dari sekolah
  5. untuk dipublikasikan lewat media tulis
27.    Hal yang harus dihindari ketika wawancara adalah….
  1. bertanya sesuai dengan informasi yang diperlukan
  2. bersikap sopan
  3. sampaikan dengan kalimat yang panjang lebar dan terurai
  4. tidak memotong pembicaraan narasumber
  5. mencatat pokok informasi yang disampaikan narasumber
28.    perhatikan teks wawancara berikut!
T:  Jadi, Bapak merokok sudah sekitar 31 tahun? Apakah tidak ada keluhan karena rokok, Pak?
J: Oh, kalau keluhan banyak sekali. Misalnya, ketika bapak sakit batuk-batuk, kurang lebih enam bulan tidak sembuh-sembuh. Bapak menghentikan dulu rokok karena anjuran dokter.
T:  Tapi mengapa sekarang Bapak merokok lagi?
J: Nah, ini yang susah lagi menjawabnya. Bagaimana, ya, mungkin sudah kecanduan. Saat bapak menghentikan merokok, justru berat badan bapak jadi turun, lagi pula rasanya perut ini jadi tidak enak, terutama setelah makan, rasanya “asam” mulut ini.
Ide pokok wawancara tersebut adalah ….
  1. penyakit batuk yang tak kunjung sembuh
  2. merokok sudah 31 tahun
  3. kecanduan rorok
  4. kalau tak merokok mulut asam rasanya
  5. badan jadi kurus karena tidak merokok
29.    Di bawah ini yang bukan fungsi dialog dalam drama, adalah….
  1. untuk menggambarkan watak
  2. untuk menciptakan konflik
  3. supaya cerita lebih hidup
  4. untuk membentuk alur
  5. supaya dapat dipentaskan di atas panggung
30.    Drama yang isinya mengisahkan tokoh yang mengharukan atau menyedihkan termasuk drama ….
  1. komedi
  2. pantomim
  3. tragedi
  4. sandiwara
  5. opera
31.    Lurah : Kenapa Pak Wongso Kariyo tidak melapor pada Pak Jagabaya?
Cokro  : Dia sudah melapor pada Pak Jagabaya!
Wongso   : Edan! Diam saja atau telinga Pak Lurah yang sudah budeg! Tiap hari saya datang kemari. Tiap hari saya ribut dengan Pak Lurah. Tiap hari saya teriak otot-ototan dengan Pak Lurah, tapi Pak Lurah Cuma diam saja. Cuma plang plongo.
Konflik yang terkandung dalam kutipan drama tersebut adalah …
  1. Kecemasan Pak Lurah yang sangat berlebih-lebihan.
  2. Telinga Pak Lurah yang tidak berfungsi dengan baik.
  3. Pak Wongso  tidak melaporkan kejadian dengan jelas.
  4. Pak Lurah tidak menanggapi laporan Pak Wongso.
  5. Pak Lurah memarahi Pak Wongso setiap hari.
32.    Betapa apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, Pak Ansana, adalah pencinta alam. Maka tidak mengherankan apabila anaknya, Larasati, kemudian menjadi ahli biologi. Atik senang buku, ia satu dengan buku. Ia membuat kariernya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi, bahwa ia menampilkan penutur-penutur sesuai dengan tingkat dan lingkungan.
Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi novel di atas adalah….
  1. kelebihan pengarang dalam menggambarkan latar
  2. cara Mangunwijaya bercerita dalam novel
  3. latar belakang kehidupan sosok Atik
  4. pemaparan keturunan tokoh Atik
  5. kepandaian Mangunwijaya dalam menuturkan cerita

Untuk nomor 5 dan 6 bacalah teks berikut dengan cermat!
Korupsi di Indonesia sudah terjadi secara sistematis, baik di sektor publik maupun di sektor swasta. Bahkan, sejalan dengan budaya antikorupsi di kalangan masyarakat yang semakin menipis, budaya KKN semakin menebal terutama dipicu oleh sistem penyelenggaraan negara yang tidak transparan, tidak mengikutsertakan faktor akuntabilitas publik, kurang profesional, dan masih sebagian besar dilaksanakan secara manual. Sistem tatap muka antara aparatur pemerintah dan masyarakat masih tetap dipertahankan dan tampak lebih ”menyenangkan” dibandingkan dengan yang dipandang kurang ”sopan” dan kurang jelas jika tidak unjuk muka.
33.    Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
  1. Antikorupsi dan budaya di kalangan masyarakat semakin menipis.
  2. Sistem penyelenggaraan negara yang tidak transparan dan kurang profesional.
  3. Sistem komunikasi canggih melalui sistem online dan secara manual.
  4. Kondisi korupsi secara sistematis di Indonesia di sektor publik dan swasta.
  5. Sistem tatap muka antara aparatur pemerintah dan masyarakat ”menyenangkan”.
34.    Di bawah ini yang bukan penyebab budaya KKN semakin menebal, adalah....
  1. budaya anti korupsi di kalangan masyarakat semakin menipis
  2. pemerintah tidak sungguh-sungguh menangani KKN
  3. sistem penyelenggara negara yang tidak transparan
  4. tidak mengikutsertakan akuntabilitas publik
  5. sistem tatap muka antara aparatur pemerintah dan masyarakat masih tetap

Bacalah teks berikut dengan saksama!
Pada jam-jam berangkat kerja kira-kira pukul 07.00 Jalan Yos Sudarso, Depok penuh sesak dengan kendaraan. Hari ini pukul 16.00, saat pulang kerja, aku terjebak macet di jalan tersebut. Aku coba lagi di waktu yang sama, tetapi di hari kerja yang berbeda, hasilnya tetap sama. Namun, anehnya sepanjang hari Minggu, arus lalu lintas di Jalan Yos Sudarso, Depok tersebut terlihat lancar.
35.    Kesimpulan yang sesuai dengan paragaf di atas adalah …
  1. Kecuali hari libur, Jalan Yos Sudarso, Depok selalu macet pada jam berangkat dan pulang kerja.
  2. Hanya pada hari Minggu saja arus lalu lintas lancar, sedangkan sepanjang waktu hari lainnya Jalan Yos Sudarso, Depok selalu macet.
  3. Tiada hari tanpa macet di Jalan Yos Sudarso, Depok, termasuk hari besar nasional.
  4. Hanya pada jam tertentu saja Jalan Yos Sudarso, Depok, mengalami kemacetan, begitu juga hari libur.
  5. Selama sepekan penuh, pada jam kerja, Jalan Yos Sudarso selalu dipenuhi kendaraan, kecuali pukul 08.00.
36.    Dari tulisan-tulisannya yang mula-mula kelihatan bahwa Idrus tidak terus menjadi orang yang skeptis, tetapi pernah mengalami romantiknya. Setelah bosan dengan romantik itu, dengan sengaja mencari jalan lain dan tiba di corak kesederhanaan baru (Nieuwe Zakelijkheid). Kemudian di masa Jepang juga harus mengarang lukisan-lukisan dari kehidupan sehari-hari dipandang dari kacamata realistis humoristis yang hanya mungkin berhasil dengan ukuran yang benar tentang perbandingan di dalam kehidupannya, mendengarkan semboyan kemakmuran bersama. Novelnya Jalan lain ke Roma, adalah perpaduan yang berhasil dari romantis idealistis, Ave Maria dan Kejahatan Membalas Dendam dan Corat-Coret di Bawah Tanah berupa realisme.
(H.B. Yassin)
Hal yang diresensi dalam kutipan resensi tersebut adalah ….
  1. kepengarangan
  2. kelemahan buku
  3. keunggulan buku
  4. bahasa pengarang
  5. sinopsis cerita
37.    Penggunaan tanda baca koma yang benar terdapat dalam kalimat …
  1. Saya akan pergi, jika kamu akan ikut.
  2. Saya akan pergi jika, kamu akan ikut.
  3. Saya, akan pergi jika kamu ikut.
  4. Jika kamu ikut, saya akan pergi.
  5. Jika, kamu ikut saya akan pergi.

Untuk nomor 8 dan 9, bacalah penggalan berikut!
Tina         : Tuhan menakdirkan semua nasib manusia, kita hanya menjalani.
Ibu            : Na, pikiran begitu itulah yang tak kusukai. Kau sudah ditakdirkan Tuhan punya suami buta, tidak adakah usahamu untuk mengubah takdir itu? Sebab takdir itu baru jatuh setelah manusia berusaha. Tina, kau bukan anakku jika kau tidak berani melawan takdir yang pahit.
Tina         : Aku sudah berusaha, Abas juga sudah berusaha, dan inilah hasilnya. Kami dapat membelanjai diri untuk hidup sehari-hari.

38.    Konflik yang terjadi antara tokoh Tina dan ibu didasari oleh ....
  1. pandangan mengenai takdir
  2. usaha melawan takdir
  3. perbedaan takdir manusia
  4. nasib merupakan takdir
  5. pasrah menjalani takdir
39.    Watak Tina dalam kutipan di atas adalah ….
  1. penyayang
  2. penyabar
  3. pemarah
  4. pemaaf
  5. pendendam
40.    Keadaan Abas yang buta dijelaskan oleh pengarang dengan cara…
  1. dialog Tina dengan ibu
  2. pernyataan tokoh Abas
  3. dialog Abas dengan Tina
  4. dialog Abas dengan ibu
  5. dijelaskan langsung oleh pengarang
41.    Perhatikan identitas buku di bawah ini:
1. Judul Buku               : Menulis Secara Populer
2. Pengarang               : Ismail Marahimin
3. Penerbit    : Pustaka Jaya
4. Tahun Terbit            : 1993
5. Kota Terbit                : Jakarta
Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan EYD adalah ...
  1. Ismail Marahimin, Menulis secara populer, Pustaka Jaya : Jakarta. 1993.
  2. Marahimin, Ismail 1993. Menulis secara Populer. Jakarta : Pustaka Jaya
  3. Ismail, Marahimin, 1993. Menulis secara Populer. Jakarta : Pustaka Jaya
  4. Marahimin Ismail, Menulis secara Populer. Menulis secara Populer 1993.Jakarta : Pustaka Jaya.
  5. Marahimin Ismail 1993. Menulis secara Populer. Jakarta : Pustaka Jaya.
Bacalah kutipan hikayat berikut!
Syahdan akan Permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputera laki-laki yang baik parasnya. Maka fata Permaisuri, “Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini peroleh anak.” Maka kata Nata, “Sungguh seperti kata Tuan; Kakanda pun demikianlah juga bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan pun Yayi, akan jadi ganti pun Kakanda di dalam dunia ini, kalau-kalau kita berdua dikehendaki oleh sang yang sukma, kembali ke kayangan kita.” “Maka kata Permaisuri, Kakang Aji marilah fata memuja pada segala Dewa-Dewa memohonkan kalau-kalau dianugrahfan oleh Dewata mulia raja akan kita akan anak ini.”

42.    Nilai agama yang terkandung dalam penggalan naskah sastra Melayu klasik tersebut adalah ....
  1. ingin dianugerahi seorang anak yang cantik atau ganteng
  2. memuja pada dewa-dewa agar dianugerahi seorang anak
  3. berkomunikasi secara sopan terhadap suami atau istri
  4. berdoa kepada Tuhan agar diberikan kebahagiaan
  5. akan kembali ke kayangar jika dianugerahi seorang anak
43.    Saat itu aku dihadapkan pada suatu dilema. Apakah aku akan mendekatinya dan terus terang mengatakan kepadanya siapa aku ini sebenarnya atau tetap begini saja seterusnya. Semenjak aku menjadi mandor kebun, aku tidak pernah berhubungan lagi dengan Mas Sudibyo.
Watak tokoh “aku” yang terlihat dalam penggalan novel adalah ....
  1. egoistis
  2. ceroboh
  3. lemah
  4. penyabar
  5. peragu

44.    Setiap tahun di sekolah saya diadakan perkenalan bersama (Persama) dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini sudah disusun dalam program kerja OSIS. Panitia yang terbentuk akan merencanakan kegiatan tersebut tanggal 4-15 September 2004 di perkemahan Cidahu, Sukabumi. Untuk itu, panitia menyusun proposal.
Kalimat berisi tujuan pelaksanaan kegiatan dalam penulisan proposal sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
  1. Kegiatan OSIS ini sudah disusun dalam program jangka panjang sehingga harus dilaksanakan sesuai dengan program yang ada.
  2. Kegiatan ini dilaksanakan di Cidahu, Sukabumi dan pesertanya adalah seluruh siswa kelas X dan pengurus OSIS.
  3. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 4-5 September 2004, untuk itu segera daftarkan diri ke ruang sekretariat OSIS.
  4. Kegiatan bersama ini diadakan untuk mengakrabkan dan menjalin kerja sama antara anggota OSIS dari berbagai ekstrakurikuler yang ada di sekolah.
  5. Kegiatan ini memerlukan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, setiap peserta dikenakan biaya Rp50.000,00

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.       Manfaat apa yang didapat bila kamu membaca resensi?
2.       Bila kamu disuruh menanggapi pementasan drama, hal apa saja yang harus kamu tanggapi?
3.       Apa yang dimaksud wawancara?
4.       Tuliskan langkah-langkah bila kamu akan melakukan wawancara!
5.       Hal-hal atau unsur-unsur apa saja yang harus ada dalam surat kuasa?
6.       Kenapa novel dikatakan cerita fiksi?
7.       Jelaskan perbedaan novel dengan teks drama!
8.       Tulislah sebuah paragraf sebab-akibat yang ada hubungannya dengan masalah transportasi!
9.       Sebutkan langkah-langkah yang harus kamu lakukan bila akan mementaskan drama!
10.    Samakah pidato dengan sambutan? Jelaskan!

Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI IPA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti