Thursday, August 28, 2014

Praktikum Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology

Praktikum Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology - Saat kita belajar mengenai jaringan komputer biasanya akan ada sebuah kegiatan dimana kita harus melakukan analisa untuk dapat memahami materi jarkom tersebut. Salah satunya adalah analisa tentang cara pengiriman data yang berdasarkan pada topology jaringan.

Materi ini berkaitan dengan jaringan komputer atau IP yang termasuk kedalam infrastruktur yang harus kita pahami keberadaannya. Jika anda hendak melakukan praktikum jaringan komputer (jarkom) ada baiknya anda membaca materi tugas praktikum tentang Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology yang akan diberikan berikut. Informasi ini akan berhubungan erat dengan beberapa hal berikut:
1. Jaringan komputer
2. Topologi jaringan komputer
3. Kelebihan dan kekurangan topologi jaringan
4. Macam-macam topologi jaringan
5. Topologi jaringan internet
6. Pengertian topologi jaringan
7. Topologi jaringan bus
8. Jenis-jenis topologi jaringan
9. Topologi jaringan mesh

Tujuan diadakannya penelitian atau analisa pada praktikum komputer ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai cara pengiriman data berdasarkan topologi. Hal ini berkaitan dengan rancangan jaringan yang penjelasannya dapat anda baca langsung di bawah ini.

Rancangan Jaringan dan Hasil Analisis
1. Peer to Peer
Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time). 

Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology

Jaringan ini memungkinkan 1 komputer berfungsi sebagai client maupun server sehingga pengiriman antara 1 komputer dengan komputer lainnya bisa berjalan dengan lancar.

2. Hub
Dengan Hub transfer data dilakukan dengan mengecek semua IP address yang terhubung dalam sebuah jaringan. Kelemahan dari Hub adalah jika ada 2 komputer atau lebih mengirim data ke 1 komputer yang sama maka akan terjadi tabrakan data (crash).

Praktikum Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology

Analisa dan hasil selanjutnya adalah mengenai switch dan juga double switch beda network id, jika anda merasa Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology ini perlu anda dalami silahkan dilanjutkan dengan dua materi pembahasan tersebut.

3. Switch
Dengan Switch transfer data langsung kepada IP yang dituju, walaupun ada 2 komputer yang mengirimkan ke 1 komputer yang sama tidak akan terjadi crash.

4. Double Switch Beda Network ID
Double switch dengan network id yang berbeda membuat pengiriman data tidak bisa dilakukan


Setelah pembahasan dan analisa yang ada di atas sekarang kita akan membuat sebuah kesimpulan. Kesimpulan praktikum tentang Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology yaitu:

  1. Peer to peer adalah jenis jaringan yang memungkinkan sebuah computer bisa bertindak sebagai server atau client. Perbedaan Hub dan Switch terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. 
  2. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan. Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut. 
  3. Pada percobaan ke-4 double switch dengan network id yang berbeda membuat pengiriman data tidak bisa dilakukan, transfer data sukses jika network id sama kalaupun menginginkan network id berbeda harus menggunakan bantuan router
Mudah-mudahan sedikit ringkasan atau rangkuman materi jaringan komputer (jarkom) ini bisa menjadi tambahan bahan belajar bagi rekan semua. Jangan lupa, beberapa materi yang berkaitan dengan tugas praktikum kali ini sudah di bahas juga di bagian bawah, silahkan dipelajari juga.

Praktikum Analisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah