Friday, August 29, 2014

Analisis Perbandingan Kinerja Switch dan Hub

Analisis Perbandingan Kinerja Switch dan Hub - Anda sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi dan memilih jurusan komputer, pastinya anda akan banyak membutuhkan bahan belajar mengenai komputer. Biasanya yang namanya mahasiswa kita harus bisa mengambil banyak pengetahuan dari banyak sumber baik itu modul, majalah dan bahkan berbagai artikel online di internet.

Seperti biasanya, karena website ini fokus pada berbagai hal kebutuhan bahan pelajaran baik siswa maupun mahasiswa maka kali ini kita akan membahas mengenai sebuah rangkuman analisa mata kuliah jaringan komputer (jarkom). Materi ini akan membahas mengenai Switch dan Hub. Jika anda sedang belajar mengenai jaringan anda bisa membaca artikel lengkapnya berikut.

Tujuan pembahasan kali ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai kedua hal tersebut. Diharapkan dengan bahan ini anda semua bisa Membandingkan kinerja Switch dan Hub dan mengambil kesimpulan dari analisa (analisis) yang dilakukan. 

Biasanya kegiatan seperti ini dilakukan saat ada praktikum di kelas yaitu contohnya melakukan simulasi switch dan hub menggunakan software packet tracer 3.2. Berikut penjelasan materi selengkapnya mengenai Analisis Perbandingan Kinerja Switch dan Hub pada analisisnya.

1) Simulasi Switch
Switch adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan bebepara LAN yang terpisah serta menyediakan filter paket antar LAN. Switch adalah peralatan multi port, masing-masing dapat mendukung satu workstation, jaringan Ethernet atau jaringan Token Ring. 

Meskipun terhubung dengan jaringan yang berbeda pada masing-masing port, switch dapat memindahkan paket data antar jaringan apabila diperlukan. Dalam hal ini switch berlaku seperti bridge multi port yang sangat cepat (paket data difilter oleh switch dengan alamat yang dituju).
Analisis Perbandingan Kinerja Switch dan Hub
Mari kita buat simulasi switch menggunakan Packet Tracer v. 3.2. Siapkan minimal 3 komputer (PC), dan masukan IP address berikut.

Misal :
1 . PC1 (IP address : 192.168.1.1)
2 . PC2 (IP address : 192.168.1.2)
3 . PC3 (IP address : 192.168.1.3)



Analisis Perbandingan Kinerja Switch dan Hub kemudian dilakukan dengan simulasi. Lakukan simulasi (simulation), klik tanda seperti tanda surat (create new packet), lalu sebagai contoh klik PC1 kemudian PC2 jalankan dengan meng-klik tanda play. Berikut simulasi pengiriman datanya :


Dari simulasi di atas dapat diketahui bahwa dengan Switch transfer data langsung kepada IP yang dituju.

2) Simulasi Hub
Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. 

Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisionsdan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater). Mari kita buat simulasinya menggunakan packet tracer 3.2. Siapkan minimal 3 komputer (PC), dan masukan IP address berikut :

Misal :
1 . PC4 (IP address : 192.168.1.4)
2 . PC5 (IP address : 192.168.1.5)
3 . PC6 (IP address : 192.168.1.6)
Lakukan simulasi (simulation), klik tanda seperti tanda surat (create new packet), lalu sebagai contoh klik PC4 kemudian PC5 jalankan dengan meng-klik tanda play. Berikut simulasi pengiriman datanya :

Dengan Hub transfer data dilakukan dengan mengecek semua IP address yang terhubung dalam sebuah jaringan. Kelemahan dari Hub adalah jika ada 2 komputer atau lebih mengirim data ke 1 komputer yang sama maka akan terjadi tabrakan data (crash).


Perbedaan Hub dan Switch terletak dari bagaimana packet data/informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan. Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.

Sekarang dengan analisis yang telah dilakukan pada simulasi tersebut kita bisa lebih tahu lagi mengenai perbedaan antara hub dan switch dalam hal transfer data. Mudah-mudahan Analisis Perbandingan Kinerja Switch dan Hub bisa bermanfaat bagi anda semua. 

Analisis Perbandingan Kinerja Switch dan Hub Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah