Friday, August 8, 2014

Kumpulan Contoh Tarian Mancanegara Lengkap

Selain tarian daerah yang telah dibahas, tarian mancanegara juga merupakan suatu karya seni yang patut untuk dipelajari dan sekarang kita akan membahas lengkap “kumpulan tarian mancanegara” dengan berbagai informasi diantaranya unsur-unsur tari, ragam gerak, kostum, musik pengiring, alat musik, tempat dan pertunjukan, bentuk tari serta fungsi dan tujuan tarian mancanegara.

Maksud dari tarian ini adalah merupakan jenis seni tari yang berasal dari negara lain selain dari Indonesia. Jadi, kalau di Indonesia ada tarian daerah yang banyak sekali sesuai dengan suku dan daerah asal masing-masing, di luar negeri banyak tarian-tarian serupa.

Istilah tari macanegara tersebut bisa dikatakan merujuk kepada tari yang belajar dari negara lain. Lalu, seperti apakah tari-tari dari negara lain tersebut? Ya sama bagusnya dengan tarian lokal atau tarian daerah. Semua memiliki ciri masing-masing sesuai asal negara-nya.

1) Contoh tari mancanegara
2) Seni tari mancanegara
3) Makalah seni tari mancanegara
4) Tari mancanegara diluar asia
5) Pengertian tari mancanegara
6) Tari mancanegara di asia
7) Tari mancanegara jepang
8) Video tari mancanegara

Ingin tahu seperti apa tarian yang ada tersebut? Nah, pada pembahasan kita kali ini akan dikupas lebih jauh mengenai daftar atau nama tari serta deskripsi singkat mengenai tari tersebut. Akan dilengkapi juga penjelasan ini dengan gambar tarinya sekaligus, penasaran?

A. Mengenal Lebih Dalam Tarian Mancanegara

Tarian mancanegara merupakan hasil seni yang banyak dijumpai dan layak untuk dipelajari. Tarian-tarian ini memiliki berbagai ciri khusus dan keunikan tersendiri sesuai dengan asal negara dan budaya setempat.

Tarian mancanegara tersebut juga menggambarkan karakteristik budaya dan kekayaan seni dari masing-masing negara asal yang juga merupakan identitas negara. Tarian-tarian tersebut ada yang secara khusus dipertunjukkan pada acara-acara tertentu dan ada juga yang secara umum digelar sebagai pertunjukan seni untuk hiburan.

Dengan mempelajari mengenai hasil seni ini kita sedikit banyak akan mendapatkan gambaran tentang negara tertentu selain juga mendapatkan keindahan dari gerakan-gerakan tari yang diperagakan dengan berbagai busana dan iringan musik.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai tarian mancanegara kita dapat menggali berbagai informasi mengenai unsur-unsur tari yang ada didalamnya sebagaimana disebutkan dibawah ini:

1) Ragam gerak tarian mancanegara
2) Kostum tarian mancanegara
3) Musik pengiring tarian mancanegara
4) Alat musik tarian mancanegara
5) Tempat dan pertunjukan tarian mancanegara
6) Bentuk tari tarian mancanegara
7) Fungsi tarian mancanegara
8) Tujuan tarian mancanegara
Dengan menggali lebih jauh mengenai berbagai unsur tersebut kita akan lebih mengenal berbagai tarian mancanegara terkenal yang banyak dipelajari dan digunakan dalam berbagai acara.

Dengan demikian, sebagai generasi muda kita tidak akan ketinggalan informasi mengenai hal-hal baru dan mengagumkan dari berbagai belahan dunia lain. Ingin tahu tarian apa saja yang bagus dari luar negeri?

B. Daftar Kumpulan Tarian Mancanegara 

Untuk rekan muda baik itu pelajar, mahasiswa maupun pengguna internet umum yang ingin mempelajari dan mengetahui informasi lebih dalam mengenai tarian mancanegara.

Berikut akan saya sajikan daftar kumpulan tarian mancanegara terkenal yang dapat dipelajari. Daftar kumpulan tersebut adalah sebagai berikut. Daftar Macam Macam Tarian Mancanegara
  1. Tarian Negara Kamboja
  2. Tarian Samba, Brazil
  3. Tari Bali, Indonesia
  4. Tarian Jepang
  5. Tarian Limbo, Afrika Barat
  6. Tari Balet
  7. Tari Tonga
  8. Tari Kathak, India
  9. Tari Tiwi, Australia
  10. Tari Flamenco, Spanyol
  11. Tari Haka, New Zealand
  12. Tari Buffalo
  13. Tari Morris, Inggris
  14. Tari Domba, Afrika Selatan
  15. Tari Jawa, Indonesia
  16. Tari Kipas, Korea
  17. Tari Yunani
  18. Tari Naga, China
Gadis Fuji - Tarian Mancanegara

1. Tarian Negara Kamboja.
Gerakannya lambat, seperti menghipnotis, mencerminkan gerakan tarian dari Negara Kamboja. Tubuh penari harus fleksibel dan seperti tak bertulang.

2. Tarian Samba, Brazil.
Gerakannya cepat dan seperti halnya tarian dari Amerika Selatan, mereka memiliki akar dari Afrika dan Karibia.

3. Tari Bali, Indonesia.
Di Bali, pelajaran menari diberikan secara terbuka sehingga semua orang dapat menyaksikannya. Pengajar tari bali tak hanya mengajarkan gerakan tari Bali, namun juga membetulkan posisi badan agar tercapai bentuk yang sempurna.

4. Tarian Jepang.
Gerakannya anggun dan biasanya mementingkan unsur simetris. Tarian Jepang tak hanya ditarikan oleh kaum muda saja, melainkan juga oleh kaum tua.

5. Tarian Limbo, Afrika Barat.
Penari limbo tak hanya menunjukkan kemahirannya menari, namun juga mencampurnya dengan gerakan akrobatik. Mereka harus bisa melewati kayu dengan melenturkan tubuh ke belakang. Makin mahir, mereka membakar kayu yang akan dilewati.

6. Tari Balet.
Untuk belajar tari balet, memerlukan waktu yang panjang agar bisa menguasai teknik-tekniknya. Dalam balet klasik, penari harus memiliki stamina kuat dan gerakan yang ditarikan harus terlihat anggun.

7. Tari Tonga.
Tarian yang berasal dari pulau Pasifik ini menarikan puisi yang dibuat berdasarkan mitos dan legenda. Misalnya, jika puisi tersebut menggambarkan bunga, penari mengayun-ayunkan tangannya seolah angin yang membawa wanginya bunga. Penari Tonga biasanya berdiri atau duduk, dengan menggerakkan tangan dengan anggun.

8. Tari Kathak, India.
Tarian dari India ini sangat enerjik dan penarinya dengan lihai dapat mengembangkan tarian dengan gerakan kaki dan tangan mereka. Penari akan berkomunikasi dengan pemusik seiring tariannya berlangsung.

9. Tari Tiwi, Australia.
Tarian yang berasal dari suku Aborogin, Australia ini dipertunjukkan dengan gerakan yang kuat, dimana setiap pergantian gerakan harus dilakukan dengan tepat sesuai pukulan alat musik.

10. Tari Flamenco, Spanyol.
Tiga komponen penting dalam tarian Flamenco adalah nyanyian, tarian dan gitar. Awalnya tarian ini hanya dipertunjukkan dengan tepukan tangan dan nyanyian yang mengiringi tarian. Baru belakangan ditambahkan gitar sebagai pelengkap.

11. Tari Haka, New Zealand.
Pada jaman dulu, suku Maori di New Zealand biasa menarikan tarian Haka sebelum berperang dan sesudah memenangkan peperangan. Kini, tim rugby New Zealand melakukan hal yang sama sebelum memulai pertandingan.

12. Tari Buffalo.
Tarian yang muncul di abad 19 ini dilakukan sebelum suku Blackfoot melakukan perburuan. Tarian ini dipercaya sebagai penghormatan terhadap hewan yang akan mereka buru (buffalo=kerbau).

13. Tari Morris, Inggris.
Tarian ini dipertunjukkan dalam festival-festival. Dulu hanya laki-laki yang menari Morris, namun sekarang semua orang menarikan tarian ini. Biasanya kostum yang mereka pakai adalah baju putih, topi dengan hiasan bunga, dan selempang dua warna yang disematkan bel kecil. Mereka juga membawa tongkat kecil atau sapu tangan.

14. Tari Domba, Afrika Selatan.
Tarian ini diperuntukkan bagi gadis yang menjelang dewasa.

15. Tari Jawa, Indonesia.
Penari Jawa harus elegan dan anggun, melambangkan spiritual dan kebijaksanaan kerajaan.

16. Tari Kipas, Korea.
Penari kipas dari Korea menggunakan kipas yang besar dalam berbagai warna. Lalu mereka menyatukan kipas mereka dan menggerakkannya secara teratur mengayun ke atas dan ke bawah.

17. Tari Yunani.
Tarian ini biasanya berbentuk lingkaran terbuka. Penari berpegangan tangan atau merangkul pinggang, atau bahu kemudian berputar-putar sambil mengangkat kaki mereka.

18. Tari Naga, China.
Dalam mitologi China, naga menggambarkan kegagahan, keningratan dan keberuntungan. Tari naga digunakan untuk mengusir setan dan membawa keberuntungan bagi semua orang. Penarinya memiliki kemampuan bela diri.

Demikianlah tadi apa yang dapat saya sampaikan mengenai Tarian Mancanegara Lengkap kali ini. Saya harap dengan berbagi informasi mengenai tema tersebut sobat pengunjung semua akan mendapatkan informasi berharga mengenai berbagai macam tarian dari negara lain yang populer diberbagai dunia. Sampai disini, semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga beberapa materi yang berkaitan di bagian bawah.

Kumpulan Contoh Tarian Mancanegara Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah