Saturday, February 2, 2013

Tugas: Macam-Macam Peninggalan Kebudayaan Manusia Purba

5:45 AM By Kumpulan Tugas

Tugas: Macam-Macam Peninggalan Kebudayaan Manusia Purba. Ketika kita belajar mengenai kebudayaan manusia purba kita akan dikenalkan juga mengenai macam-macam peninggalan zaman purba ini. Sering kali untuk menguji pemahaman kita, kita dituntut untuk setidaknya mengetahui berbagai peninggalan kebudayaan atau peninggalan sejarah dari manusia purba tersebut. Untuk membantu memahami berbagai jenis peninggalan ini, kali ini kita akan membahas mengenai macam peninggalan sejarah manusia purba beserta fungsi dari peninggalan tersebut.

Salin / Copy

Macam-macam Peninggalan Manusia Purba

Kita dapat menemukan banyak peninggalan manusia purba yang sudah dikenal dalam dunia luas. Hasil peninggalan tersebut merupakan peninggalan kebudayaan yang tersisa yang dapat ditemukan oleh banyak ahli yang melakukan penelitian. Berikut ini saya akan menggolongkan beberapa peninggalan manusia purba agar kita lebih mudah dalam mengenali dan mengetahui berbagai fungsinya. Peninggalan tersebut seperti dibawah ini:

Peralatan Berburu Peninggalan Manusia Purba
Manusia purba menggunakan alat-alat sederhana yang terbuat dari bahan-bahan yang ada di alam untuk melakukan perburuan. Umumnya mereka menggunakan peralatan dari tulang serta batu untuk melakukan perburuan.

Perkakas Peninggalan Manusia Purba
Perkakas ini sudah tentu digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Diantara perkakas peninggalan manusia purba ini misalnya alat gerabah yang mempunyai nilai seni yang digunakan untuk menyimpan persediaan makanan.

Perhiasan Peninggalan Manusia Purba
Selain peninggalan diatas kita juga dapat menjumpai berbagai perhiasan peninggalan manusia terdahulu. Perhiasan ini ada yang berupa gelang dan ada juga yang berupa cincin.

Itulah beberapa peninggalan yang dapat kita ketahui, untuk lebih jelas lagi mengenai peninggalan kebudayaan manusia purba berikut ini akan saya sertakan gambar dan fungsi dari peninggalan manusia purba.

Daftar Peninggalan Manusia Purba

Kapak Persegi
Kapak persegi yang berukuran kecil bernama tarah berfungsi untuk mengerjakan kayu.

Kapak Lonjong
Kapak lonjong besar disebut welzanbell dan yang kecil disebut Klenbell.

Kapak Genggam
Kapak genggam berfungsi untuk membunuh binatang buruan atau sebagai senjata menyerang lawannya.

Kapak Corong
Fungsi: untuk berburu dan juga untuk bercocok tanam.

Moko
Moko = alat bunyi-bunyian zaman dulu berupa genderang dengan selaput suara dari logam, sipakai sebagai mas kawin atau pelengkap upacara kebesaran.

Dolmen
Dolmen berfungsi sebagai tempat sesaji dalam rangka pemujaan roh nenek moyang dan juga berfungsi sebagai peti mati.

Sarkofagus
Sarkofagus berfungsi sebagai peti mati dan dibuat dari batu utuh

Gerabah
Gerabah berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan barang yang memiliki nilai seni.

Kapak Genggam
Kapak genggam berfungsi untuk membunuh binatang buruan atau sebagai senjata menyerang lawannya.

Gelang dan Cincin dari perunggu
Galang dan cincin dari perunggu berfungsi sebagai perhiasan.

Candrasa
Candrasa = Candrasa ini diduga tidak berfungsi sebagai alat pertukangan atau pertanian,melainkan beralih fungsi sebagai alat perlengkapan upacara keagamaan dan tanda kebesaran

Menhir
Menhir merupakan tiang tinggi atau tugu batu yang digunakan untuk menghormati roh nenek moyang.

Bejana perunggu
Benjana perunggu fungsinya banyak, sebagai tempat minum, tempat upacara keagamaan dll

Punden Berundak
Fungsi punden berundak merupakan media pujaan arwah leluhur yang dikenal sebagai kebudayaan megalitik dan berkembang pada zaman neolitik, punden berundak dianggap suatu yang diilhami pendirian bangunan-bangunan candi pada masa klasik.

Nekara
Nekara =semacam bejana atau “dandang” perunggu yang bentuknya terbalik. Pada umumnya nekara mempunyai berbagai macam ornamen atau hiasan

Candrasa
Candrasa = Candrasa ini diduga tidak berfungsi sebagai alat pertukangan atau pertanian,melainkan beralih fungsi sebagai alat perlengkapan upacara keagamaan dan tanda kebesaran

Kapak Perimbas
Kapak perimbas digunakan dengan cara digenggam.

Arca Perunggu
Arca perunggu = patung kadang binatang, tempat penyembahan roh upacara keagamaan dll

Lihat juga tugas...!