Thursday, July 13, 2017

Cara Mencegah dan Mengatasi Copy Paste dalam Situs Blog

Sudah rahasia umum bahwa kegiatan copy paste untuk hal pencurian menjadi perhatian besar banyak pemilik situs. Banyak yang mengeluh dengan kegiatan duplikasi yang dianggap merugikan. Bahkan, banyak yang melakukan cara keras dengan mencegah copy paste dari situs atau blog yang dikelola. Hal itu bertujuan untuk mengurangi atau mencegah hal yang dianggap merugikan tersebut.


Sebelum kita sampai pada cara atau penerapan metode ini, ada sebuah pertanyaan mendasar yang perlu disajikan. Apakah sebenarnya pemilik situs benar-benar perlu melakukan langkah untuk mencegah copy paste tersebut? Jika diperlukan, apakah manfaatnya, apakah langkah tersebut efektif?

Dalam menjawab pertanyaan tersebut kita bisa melihat atau mencontoh situs-situs besar yang sudah terkemuka. Ada hal umum yang bisa dipelajari yaitu kebanyakan situs besar tidak ada yang mencegah copy paste. Kenapa bisa demikian?

Pada kenyataannya, dunia online adalah dunia yang tidak terbatas. Semua orang bisa mencari dan mengakses informasi yang sengaja dibagikan oleh pengelola situs. Salah satu akibatnya, banyak terjadi hal merugikan bagi pemilik yaitu copy paste. 

Namun begitu, rasanya mencegah copy paste di dunia online merupakan hal yang sangat berat. Apalagi pemilik situs dihadapkan juga dengan persaingan dengan situs lain yang serupa. Coba bayangkan, bagaimana jika pengunjung situs kita memang perlu untuk melakukan copy paste. Jika tidak bisa tentu mereka akan memilih pergi dan mencari situs lain, benar bukan?

Dilema memang, tetapi banyak juga pengelola yang ingin tahu sedikit teknik atau langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kerugian yang dirasakan. Salah satunya dengan cara memasang script anti copy paste di situs yang dikelola.

Copy Paste isi suatu blog atau situs sebenarnya tidak ada masalah, yang jadi masalah adalah saat artikel tersebut digunakan tanpa mencantumkan sumber penulis atau bahkan menggunakan lalu mengakui sebagai hasil karya sendiri karena itu ada cara mencegah copy paste yang tidak bertanggungjawab tersebut. Untuk alasan tersebut berikut beberapa tips untuk mencegahnya.

A. Mematikan Fungsi Select Text

Trik ini bukan untuk mematikan fungsi klik kanan (right click) tapi mematikan fungsi select text (memblok teks). Sehingga walau fungsi klik kanan ada, jika kita tidak bisa memilih teks maka mana mungkin kita bisa meng copy nya.


Berikut cara  mematikan fungsi select text:

1. Masuk ke menu Design > Page Element > Add a Gadget > 
2. Klik di HTML/Javascript > Kemudian copy paste kode Java Script di bawah ini.
<script type="text/javascript">var omitformtags=["input", "textarea", "select"]omitformtags=omitformtags.join("|")function disableselect(e){if (omitformtags.indexOf(e.target.tagName.toLowerCase())==-1)return false}function reEnable(){return true}if (typeof document.onselectstart!="undefined")document.onselectstart=new Function ("return false")else{document.onmousedown=disableselectdocument.onmouseup=reEnable}</script>

3. Klik Save, selesai.

Dengan menambahkan scrip di atas pada laman situs yang dikelola, pengelola situs dapat mencegah aktivitas seleksi teks yang ditampilkan dalam situs tersebut. Ini artinya, pengunjung tidak akan bisa men-drag atau mem-blog isi artikel yang ada dalam situs. Oleh sebagian kalangan cara ini dianggap dapat mencegah dan mengurangi kerugian copy paste.

B. Mematikan Klik Kanan Pada Blogspot

Cara lain yang dapat kita gunakan untuk mencegah copy paste adalah dengan menghilangkan atau mematikan fungsi klik kanan pada blog. Berikut langkah-langlah mematikan klik kanan pada blog:

1. Silahkan login ke Blogger.
2. Klik Design/Rancangan.
3. Trus edit HTML, lalu jangan lupa centang ‘Expand widget templates’.
4. Kemudian cari kode </head> dan setelah itu copy kode html di bawah ini di atas kode </head> tersebut.
<script type=”text/javascript”>
function click(e) {
if (document.all) {
if (event.button == 2 || event.button == 3) {
alert(message);
return false;}}
else {
if (e.button == 2 || e.button == 3) {
e.preventDefault();
e.stopPropagation();
alert(message);
return false;}}
}if (document.all) {
document.onmousedown = click;
}else { document.onclick = click;} </script>
5. Save/simpan template

Dengan dua cara diatas yaitu mematikan fungsi select text dan mematikan fungsi klik kanan blog kita kemungkinan besar dapat terhindar dari copy paste. Meski begitu, jika rekan ingin menerapkan metode ini seyogyanya dipertimbangkan juga mengenai kenyamanan pelanggan. 

Apakah pengunjung situs anda tidak akan terganggu? Lalu, apakah teknik ini tidak justru merugikan situs itu sendiri? Karena dewasa ini perkembangannya, para pemula yang ingin sukses dalam dunia blogging juga tahu bahwa copy paste artikel untuk situs sendiri hanya akan mematikan kesuksesan sendiri.

Cara Mencegah dan Mengatasi Copy Paste dalam Situs Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko