Thursday, July 13, 2017

Pentingnya Memasang Meta Tag untuk Optimasi SEO Situs

Istilah SEO dan Meta Tag bagi blogger pemula merupakan istilah baru, cara memasang meta tag untuk SEO juga masih belum faham apa maksud dan tujuannya. Untuk sedikit gambaran dan panduan, berikut akan dibahas mengenai Meta Tag untuk SEO. Masihkah strategi meta seperti ini sesuai dengan perkembangan saat ini?


Dalam dunia blogging, istilah yang akan kita bahas ini memang sangat penting dan banyak sekali hubungannya dengan kualitas sebuah situs dalam menembus mesin pencari. Perkembangan SEO sampai sekarang ini pun terus melaju dengan pesat. Lalu, apakah yang dimaksud dengan SEO tersebut?

"SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma dari mesin pencari tersebut (Sumber: Wikipedia)."

Melihat dari kutipan di atas, secara sederhana dapat dikatakan bahwa SEO merupakan sebuah metode agar postingan kita bisa terindex dan menempati halaman pertama google. Itu berarti, meta tag dalam hal ini hanya salah satu yang biasa digunakan dalam optimasi mesin pencari tersebut.

Banyak metode yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan pengunjung dengan menerapkan metode SEO, salah satunya yaitu memasang meta tag. Kita dapat mencoba belajar memasang meta tag untuk SEO untuk meningkatkan kinerja situs di mesin pencari baik google, yahoo atau lainnya. 

Dalam perkembangannya, saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa tema situs yang sudah meracik bahkan sampai pada seo tag ini. Bagi para pengguna atau blogger yang masih baru belajar mungkin akan lebih mudah jika mencari tema blog yang sudah dioptimasi secara maksimal. 

Meski begitu, kita juga bisa mempelajari juga bagaimana cara implementasi atau penerapan model seo meta tag tersebut seperti yang banyak di bahas oleh para master. Untuk gambaran saja, bagi yang ingin mencoba, berikut ini langkah memasang meta tag pada blog.
  • Login ke dasboard blog dan masuk ke Template.
  • Kemudian pilih edit HTML.
  • Centang Expand Widget Template.
  • Lalu cari kode berikut ini
<b:include data='blog' name='all-head-content'/> atau <title><data:blog.pagetitle/></title> atau <title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title> atau <title><data:blog.title/></title>
  • Letakkan kode berikut ini di bawah kode diatas
<b:if cond='data:blog.url == &quot;Isi dengan Url blog sobat&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content='Isi dengan deskripsi blog sobat' name='description'/>
<meta content='Isi dengan keyword blog sobat' name='keywords'/> </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>

Di atas hanya sedikit gambaran dalam penerapan meta tag dalam sebuah situs. Dari langkah atau cara di atas dapat diketahui bahwa dalam menerapkan optimasi ini kita akan berhadapan dengan kode-kode yang bisa dikatakan cukup rumit. 

Dalam penerapannya, kita juga perlu melakukan penyesuaian pada html editor untuk blog dari blogger yang digunakan. Cukup rumit dan sulit, maka sebenarnya lebih disarankan jika kita menggunakan template yang sudah seo. 

Biasanya template terbaru sekarang sudah termasuk didalamnya ada optimasi seperti ini. Demikianlah panduan blogging kali ini, rekan dapat membaca panduan lainnya pada posting tutorial blogger. Semoga dapat membantu kita semua.

Pentingnya Memasang Meta Tag untuk Optimasi SEO Situs Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko