Saturday, August 2, 2014

Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia

12:09 AM By Kumpulan Tugas

Materi kali ini adalah tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Kita akan membahas sejarah kerajaan yang bercorak Hindu Budha yang ada di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia.

Masyarakat Indonesia mengenal agama Hindu Budha dari India sudah sejak sekitar abad ke-4. Agama Hindu Budha ini tercermin dengan adanya berbagai kerajaan yang bercorak hindu budha di tanah air yang memberikan warna sendiri pada sejarah Indonesia. Kerajaan-kerajaan tersebut memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan hindu budha di Indonesia

Bagi perkembangan bangsa Indonesia selanjutnya, kerajaan hindu budha tersebut mampu memberikan berbagai macam watak dan tatanan sosial yang melekat didalam masyarakat bahkan sebagian tatanan sosial masih diterapkan sampai saat ini. 

Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa keberadaan kerajaan-kerajaan tersebut sangatlah penting bagi pembentukan negara ini. Untuk mengetahui lebih dalam tentang kerajaan yang bercorak hindu budha tersebut berikut ini dibuat daftar kerajaan hindu budha beserta sejarah lengkapnya.

Salin / Copy

Kerajaan Hindu-Budha di Kalimantan

Kerajaan Hindu Budha tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan salah satunya di daerah Kalimantan. Kerajaan-kerajaan yang terletak di Kalimantan tersebut yaitu:
  1. Kerajaan Kutai
  2. Kerajaan Negara Daha
  3. Kerajaan Negara Dipa
  4. Kerajaan Kuripan

Kerajaan Hindu/Buddha di Jawa

Setelah kita mengenal beberapa kerajaan yang bercorak Hindu Budha di daerah Kalimantan kita juga dapat mempelajari lebih dalam materi tentang kerajaan Hindu Budha yang terletak di daerah Jawa. Untuk kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Jawa ada beberapa kerajaan yaitu:
  1. Kerajaan Salakanagara (150-362)
  2. Kerajaan Tarumanegara (358-669)
  3. Kerajaan Sunda Galuh (669-1482) 
  4. Kerajaan Kalingga 
  5. Kerajaan Mataram Hindu 
  6. Kerajaan Kadiri (1042 - 1222)
  7. Kerajaan Singasari (1222-1292)
  8. Kerajaan Majapahit (1292-1527)

Kerajaan Hindu/Buddha di Sumatra

Yang terakhir, pada pembahasan mengenai sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia kita juga akan mempelajari kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha yang terletak di Sumatra. Kerajaan tersebut adalah Kerajaan Melayu Dharmasraya dan juga Kerajaan Sriwijaya. Untuk mempelajari secara lengkap mengenai dua kerajaan tersebut silahkan ikuti tautan berikut:
  1. Kerajaan Malayu Dharmasraya 1183–1347
  2. Kerajaan Sriwijaya 600–1300
Dalam perkembangannya, kerajaan-kerajaan tersebut mengalami jatuh-bangun yang akhirnya runtuh untuk selama-lamanya, tak terkecuali Sriwijaya atau Majapahit. Contohnya, dalam bidang sosial-ekonomi, masyarakat Hindu-Buddha tersebut mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing, bergantung kepada letak geografis, geologis, lingkungan ekologis, serta kekuatan militer, hukum, dan politik mereka. Dalam bidang sosial di hampir setiap kerajaan terdapat pengkelasan dalam masyarakat, meski tidak seketat di India.

Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia
Relief Peninggalan Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia

Begitu kompleknya perkembangan setiap kerajaan tersebut juga menggambarkan bahwa indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang majemuk dan berbeda-beda karena itu juga lah kerajaan di nusantara ini banyak yang berusaha bersatu dalam satu panji.

Lihat juga tugas...!