Sunday, February 23, 2014

Cara Ampuh Menghafal Tugas dengan Cepat

Cara menghafal yang akan dipaparkan disini sangat beda dengan cara-cara yang biasa kita lakukan atau bahkan yang sering orang sarankan. Cara ini terbukti ampuh dan tidak terlalu membebani fikiran kita. Penasaran kan bagaimana carfanya? Langsung aja kita bahas caranya ya....

Pertama-tama kita akan mempersiapkan diri kita untuk menghafal. Persiapan diri disini maksudnya adalah bahwa sebelum kita menghafalkan sesuatu ada hal penting yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan diri kita untuk menghafal. Persiapan yang harus kita lakukan sebelum menghafal adalah kesadaran diri (self understanding) akan pentingnya menghafal bagi kita. 

Kita harus benar-benar menanamkan kesadaran tersebut dalam diri kita karena kalau kita tidak mempunyai kesadaran tentang pentingya menghafal tersebut maka proses yang akan kita lakukan tidak akan dapat maksimal. 

Selain itu dalam proses menghafal nantinya, kita harus menghilangkan fikiran, perasaan ataupun kesadaran bahwa kita sedang menghafalkan sesuatu. Kita hanya perlu fokus mengingat apa yang akan kita hafalkan dan tidak perlu berfikir bahwa kita sedang menghafal. Selanjutnya, buang jauh-jauh mengenai target waktu yang akan dicapai (misalnya kita harus menghafalkan puisi dalam 1 minggu) karena hal tersebut hanya akan membebani diri kita dan mengganggu konsentrasi kita dalam mengingat. Dengan melakukan hal tersebut diatas kita akan benar-benar siap untuk mengingat dan menghafalkan suatu bahan pelajaran atau yang lainnya. 

Persiapan Bahan (Materi yang akan di hafal)

Untuk mempermudah menghafal kita harus memilah dan mengelompokkan materi dan bahan yang akan dihafal kedalam beberapa kelompok sesuai dengan tingkat kesulitannya. Contoh:
  1. Bahan yang berupa rumus pelajaran digabungkan jadi satu dalam proses menghafalnya
  2. Bahan atau materi cerita jadi satu proses 
  3. Bahan atau materi yang bersifat teori dan lain sebagainya
Proses kategori ini dapat kita sesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kebiasaan yang kita miliki. Perlu dicatat, beban pada pengelompokan materi yang sulit akan lebih berat; disini peran kita dalam mengelola emosi dan semangat akan sangat berperan.

Proses Menghafal

Ada dua teknik menghafal yang akan kita bahas disini yaitu teknik membaca cepat dan teknik memhafal gantung, berikut penjelasannya secara rinci.

Teknik membaca cepat
Teknik ini cocok digunakan untuk menghafalkan bahan dan materi yang sifatnya tidak terlalu berat dan tidak terlalu banyak. Langkah menghafalnya sebagai berikut:
  • Siapkan bahan atau materi yang akan kita pilih untuk dihafal
  • Beri tanda bagian materi yang ingin kita hafalkan dengan menggarisnya atau mewarnainya dengan spidol
  • Selanjutnya tentukan waktu yang akan kita gunakan untuk menghafal (misalnya harus hafal dalam 1 minggu)
  • Baca secara sekilas materi yang kita tandai tersebut setiap hari selama maksimal 10 menit
  • Ulangi selama waktu yang kita inginkan (misalnya 1 minggu)
  • Setelah itu tes tingkat kehafalan kita
  • Lakukan perbaikan jika hasilnya kurang dari 70%

Pada proses membaca singkat pada point 4 buang jauh-jauh keinginan untuk menghafal bahan yang kita baca karena pada teknik ini kita akan hafal hanya dengan membiasakan diri membaca (semakin sering membacanya kita akan semakin cepat ingat).

Tingkat keberhasilan dengan teknik ini akan sangat tergantung dengan penguasaan materi yang kita hafal, semakin menguasai hasilnya akan semakin bagus.

Teknik menghafal gantung

Teknik ini sebenarnya tidak jauh beda dengan teknik membaca cepat, dimana kita akan menghafal dengan cara membaca cepat (sekilas) tanpa niat untuk menghafal. Bedanya, dalam teknik ini kita akan menghafal dengan bantuan kertas-kertas ringkasan materi yang kita gantung atau tempel didinding kamar kita. Ulasan langkahnya sebagai berikut:
  • Sediakan kertas-kertas kecil sesuai keinginan kita
  • Tulis bahan atau materi yang akan kita hafal pada kertas tersebut (ingat materi jangan terlalu panjang!)
  • Tempel kertas-kertas tersebut dikamar tidur kita, bebas dimana saja asal dikamar.
  • Baca kertas-kertas tersebut setiap kali kita akan masuk dan keluar dari kamar kita
  • Lakukan evaluasi setelah beberapa waktu yang kita tentukan.
Teknik ini hanya cocok untuk kita-kita yang jarang keluar rumah dan sering menghabiskan waktu dirumah. Selain itu teknik ini hanya cocok untuk kita-kita yang sedikit mengabaikan kerapian ruangan kamar karena dengan menggunakan teknik ini kamar kita akan kelihatan seperti tempok pagar yang ditempeli berbagai poster, hee e e...

Dua teknik menghafal yang telah kita bahas diatas hanya akan berhasil secara maksimal jika KITA MELAKUKANNYA DENGAN TERUS MENERUS diikuti dengan tahab evaluasi dimana kita akan meluangkan waktu tambahan untuk menghafal kembali materi yang tidak kita hafal.

Semoga cara-cara diatas bisa membantu kita semua dalam menghafalkan materi dan bahan pelajaran yang kita dapat.

Cara Ampuh Menghafal Tugas dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko