Monday, July 14, 2014

Klub Besar Sepak Bola Dunia Yang Terkenal

Klub Sepak Bola Dunia: Bagian dari olah raga sejagat Sepanjang sejarah sepak bola, ada banyak klup-klup besar yang mewarnai pertandingan populer ini. Klub-klub besar ini bukan hanya memiliki reputasi tinggi tetapi juga telah menyumbangkan prestasi gemilang di cabang oleh raga ini. 

Klub mana sajakah yang pernah menjadi bintang di lapangan? Bagi pemain sepakbola  klub merupakan sesuatu yang sangat berarti. Tanpa klub seorang pemain sepak bola tidak akan pernah menjadi apa-apa dan bahkan bukan siapa-siapa. 

Klub lah yang akan menjadikan seorang pemain sepak bola menjadi bintang. Dibawah ini beberapa klub besar dunia yang menjadi sorotan semua pemain:


Real Madrid 


Real Madrid adalah klub raksasa dari Spanyol. Pesaing Barcelona ini tak segan-segan menggelontorkan banyak uang untuk memenuhi Real Madrid

Real Madridambisinya menjadi yang terbaik di dunia. Klub yang didirikan pada tanggal 6 Maret 1902 tak pernah sekalipun terdegradasi ke divisi bawah. Mereka selalu bertahan di divisi primera utama.

Meski telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli pemain top dunia, salah satunya Christiano Ronaldo yang transfernya memecahkan rekor transfer Zinedine Zidane, Real Madrid tetap miskin prestasi. Terakhir mereka menjadi juara Liga Champions pada tahun 2002

Barcelona
Rival abadi Real Madrid ini memang tak seroyal Real Madrid dalam membelanjakan uang untuk membeli pemain. Tapi, prestasi mereka begitu moncer mengalahkan prestasi Real Madrid. Klub yang didirikan pada tahun 1889 ini telah menyetujui kesepakatan dengan Unicef yang mana Unicef diperkenankan memasang logonya di seragam para pemain Barcelona.
Peraih liga Champion 2008/2009 dengan mengalahkan Manchester United 2-0 juga menyumbangkan 0,7 persen keuntungannya kepada Unicef. Salah satu bintangnya yang mendapat Balloon d' Or adalah Lionel Messi, pesepakbola dari Argentina.

Manchester Utd
Keberhasilan skuad Sir Alex Ferguson menjuarai Liga Primer Inggris musim lalu serta pencapaian mereka ke final Liga Champions membuat United tetap menjadi yang terbaik di luar dua klub raksasa Spanyol di atas. Secara komersial, kerja sama dengan Aon dan Nike, terus membuahkan hasil, 27 persen pendapatan didapat dari sana. Bagaimanapun juga, duopoly hak siar di Spanyol untuk Madrid dan Barcelona membuat United selalu kalah langkah dari saingannya tersebut.

Bayern Munchen
Bayern Munchen adalah klub raksasa dari Jerman. Klub yang didirikan pada tahun 1900 ini telah berkali-kali menjadi juara Liga Jerman. Klub raksasa ini telah menjadi juara liga Champion sebanyak empat kali. Pada Mei 2010 lalu klub yang bermarkas di Alianz Stadion ini dikalahkan Inter Milan pada final Liga Champion 2009/2010.

AC Milan
AC Milan menjadi pemimpin diantara klub Italia lainnya, skuad asuhan Max Allegri tersebut berhasil mempertahankan posisi ke-tujuh. Mereka berhasil meraih gelar Scudetto musim lalu mengakhiri dominasi Inter Milan. Statistik Milan cukup mengkhawatirkan setelah 46 persen pendapatan mereka didapat dari hak siar. Hasil dari tiket pertandingan Milan cukup buruk, dalam sepuluh besar Liga Italia, Milan berada di posisi kedua dari bawah. Beruntung, pendapatan mereka dapat terkatrol setelah bekerja sama dengan Emirates. Bagaimanapun juga, jika Milan gagal menembus di atas babak 16 besar di Liga Champions, mereka tidak akan dapat menikmati kenaikan dalam sumber pendapatan hak siar.

Lyon
Lyon adalah klub raksasa dari Prancis. Klub yang didirikan pada tahun 1899 ini juga memiliki prestasi yang tak kalah moncernya. Selama tujuh kali berturut-turut dia menjadi juara Liga Prancis, sebuah prestasi yang tak bisa disamai oleh klub raksasa lain manapun.

Liverpool
Liverpool adalah klub raksasa dari Inggris. Klub yang dikenal dengan sebutan The Reds ini telah lima belas kali menjadi juara Liga Champion (dulu Piala Champion). Klub yang berada satu kota dengan klub Everton selalu masuk lima besar di Divisi Utama Liga Inggris. Terakhir kali menjadi juara Liga Champions pada tahun 2005 lalu dengan mengalahkan A.C. Milan meski mereka telah ketinggalan 3-0.

Dengan bantuan pemain kedua belas, para suporter yang bersemboyan You'll never walk alone",  Liverpool pun sukses membawa trofi Liga Champion ke Anfield Stadion. Klub raksasa yang didirikan pada tangga 12 Maret 1892 ini pada musim kompetisi lalu hanya duduk di peringkat tujuh yang mengakibatkan Liverpool tak bisa  mengikuti Liga Champion musim ini.


Klub Besar Sepak Bola Dunia Yang Terkenal
Manchester United
Contoh Makalah Sepak Bola

Seiring berjalannya waktu klub-klub sepak bola terus tumbuh dan bukan tidak mungkin akan muncul klub baru yang menggantikan kejayaan klub terdahulu. 

Referensi

Klub Besar Sepak Bola Dunia Yang Terkenal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko