Wednesday, May 22, 2019

Makalah Singkat Tari Mandau Kalimantan

Makalah Singkat Tari Mandau Kalimantan - Berikut kita akan membahas tari daerah yaitu Tari Mandau. Tari ini berasal dari daerah Kalimantan Tengah yang merupakan tari tradisional untuk pertunjukan dan persembahan. 


Dengan contoh makalah ini kita diharapkan bisa memahami lebih jauh mengenai tarian daerah ini. Misalnya, kita bisa mengetahui asal daerahnya. Atau, kita bisa mengetahui jenis tarian tersebut. 

Selain itu kita tentu diharapkan dapat mengetahui fungsi tari daerah ini. Selanjutnya kita juga bisa menggali pesan - pesan yang ada dalam gerak tari-nya. Selengkapnya tentang Tari Mandau - Tari Daerah Kalimantan sebagai berikut.

Makalah Singkat Tari Mandau Kalimantan
Asal Tari : Kalimantan Tengah
Jenis Tari : Tari Tradisional
Fungsi Tari : Pertunjukan dan persembahan

Sinopsis
Tarian Mandau merupakan satu dari sekian banyak jenis tari yang lahir dari kultur Budaya masyarakat Suku Dayak di Kalimantan Tengah. 

Tari Mandau Suku Dayak simbolisasi dari semangat juang masyarakat Suku Dayak dalam membela harkat dan martabatnya.

Selain menggambarkan patriotisme warga Bumi Tambun Bungai untuk menjaga tanah kelahirannya, Tari Mandau Suku Dayak Kalteng juga merupakan simbolisasi keperkasaan pria Suku Dayak Kalimantan Tengah dalam menghadapi segala macam tantangan dalam aspek kehidupan.

Dalam setiap pertunjukan atau persembahan Tari Mandau diringi alunan suara kemerduan Gandang dan Garantung bertalu kencang. 

Harmonisasi perangkat musik tradisional tersebut memunculkan irama penuh semangat, seolah mengajak mereka yang mendengar dan menyaksikan persembahan Tari Mandau semakin bersemangat layaknya pejuang Suku Dayak yang siap terjun ke medan juang.

Makalah Singkat Tari Mandau Kalimantan

Kelompok penari Tari Mandau seringkali dilengkapi dengan menggenggam Mandau pada tangan sebelah kanan, sedangkan di tangan kiri Talawang menangkis serangan musuh sebagai tameng kok.

Makalah Singkat Tari Mandau Kalimantan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes