Friday, November 11, 2016

Kumpulan Soal Jawaban tentang Permutasi dan Kombinasi

Kumpulan Soal dan Jawaban tentang Permutasi dan Kombinasi - Berikut sudah saya siapkan sebuah soal terkait dengan materi permutasi dan kombinasi. Soal ini sifatnya hanya sebagai sebuah pembelajaran saja untuk kalian di  rumah guna menjadikan kalian lebih pintar ketika di sekolah. Dengan demikian anda akan menjadi murid yang dikenal dengan sebuah prestasi yang bagus.

Saya sadar bahwa terkadang banyak siswa yang belajar dengan serius hanya ketika ulangan saja, sehingga siswa tersebut seolah menanggung beban dari mata pelajaran yang sudah diberikan. Hal semacam tersebut tentulah tidak pernah kalian alami bila memang anda rajin belajar setiap hari walaupun sebentar.

Dengan rutin belajar setiap hari di rumah walaupun sebentar, anda akan sangat siap ketika dihadapkan dengan ujian. Berbeda dengan belajar ketika ujian akan datang, yang ada anda justru semakin stres. Itulah sebuah manfaat besar yang bisa didapat dari rutin belajar di rumah setiap hari.

Selain itu, belajar berlatih mengerjakan sebuah soal juga menjadi hal yang penting guna mengasah kemampuan anda dalam mengerjakan sebuah soal. Banyak soal yang bisa anda kerjakan untuk mengasah kemampuan anda. Salah satunya adalah yang akan saya sampaikan di bawah ini. Berikut sebuah soal terkait dengan permutasi dan kombinasi. 

1) Ada berapa cara bila 4 orang remaja (w,x, y, z) menempati tempat duduk yang akan disusun dalam suatu susunan yang teratur?

Jawaban:
4P4 = 4!
= 4 x 3 × 2 × 1
= 24 cara

2) Banyak cara memilih 4 pengurus dari 6 calon, yang ada sama dengan ....
Jawaban:
6C4 = 6!/4!(6-4)! = (6×5×4!)/4!2! = 15 cara

3) Siswa di minta mengerjakan 9 dari 10 soal ulangan, tetapi soal 1-5 harus di kerjakan. Banyaknya pilihan yang dapat diambil murid adalah.

Jawaban:
5C4 = 5!/4!(5-4)! = (5×4!)/4!1! = 5 cara

Di atas adalah sebuah soal sekaligus sebuah jawabannya yang fungsinya untuk memudahkan anda dalam proses belajar. Sehingga anda bisa mencoba soal yang lain yang tidak ada jawabannya. Sehingga sangat membantu anda menjembatani anda dalam menuju sebuah tingkatan mahir.

Di bwahpun saya masih punya sebuah soal terkait dengan sebuah kombinasi dan permutasi. Yang mana soal tersebut diharapkan bisa lebih memantapkan lagi pengetahuan anda tentang soal tersebut. Sebagaimana layaknya soal di atas, soal yang ada di bwahpun sudah dilengkapi dengan sebuah jawaban. Berikut langsung saja kita simak soalnnya.

4) Suatu kelompok belajar yang beranggotakan empat orang (A, B, C dan D) akan memilih ketua dan wakil ketua kelompok. Ada berapa alternatif susunan ketua dan wakil ketua dapat dipilih ?

Jawaban:
nPx = (n!)/(n-x)!
4P2 = (4!)/(4-2)!
= 12 cara (AB, AC, AD, BA, BC, BD, CA, CB, CD, DA, DB, DC) .

5) Sekelompok mahasiswa yang terdiri dari 10 orang akan mengadakan rapat dan duduk mengelilingi sebuah meja, ada berapa carakah kelima mahasiswa tersebut dapat diatur pada sekeliling meja tersebut?

Jawaban:
P5 = (10-1)!
= 9.8.7.6.5.4.3.2.1
= 362880 cara

Itulah sebuah soal dan sebuah jawaban yang sangat membantu anda dalam proses belajar. Dengan adannya soal ini mudah-mudahan bisa menjadi sebuah pencerah untuk anda semua dan menjadikan anda lebih pintar dan terus bersemangat untuk belajar. Karena hanya menguasai soal ini saja anda belum bisa dikatakan ahli fisika untuk itulah terus belajar tentang hal yang lain.

Kumpulan Soal Jawaban tentang Permutasi dan Kombinasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown