Tuesday, November 15, 2016

Kumpulan Latihan Soal Ulangan Pelajaran IPS Kelas 5

Kumpulan Latihan Soal Ulangan Pelajaran IPS Kelas 5 - Soal di bawah ini adalah sebuah soal mata pelajaran IPS untuk sekolah dasar kelas 5, semester 2 genap. Yang mana soal ini dimaksudkan sebagai sebuah media untuk belajar, terlebih untuk menghadapi sebuah ulangan semester.

Sehingga dengan terbiasa mengerjakan sebuah soal tentulah tidak gagap lagi ketika dihadapkan pada situasi ulangan semester. Untuk bisa mahir dan tidak lupa ketika mengingat materi ini, membiasakan mengerjakan sebuah soal tentulah menjadi hal sangat perlu.

Karena dengan rajin mengerjakan sebuah soal maka pikiran anda akan terpacu mengadirkan sebuah ingantan anda, sehingga ingatan anda akan selalu kuat dan tidak mudah lekang oleh waktu.

Membiasakan setiap hari selama pulang sekolah untuk mengerjakan soal menjadi hal yang diharuskan. Tetapi batasi sesuai dengan sebuah kemampuan tubuh anda, bila tubuh anda lelah maka istirahat dahulu dan mulai mengerjakan lagi setelah badan anda terasa segar.

Dengan demikian anda bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan soal. Berikut sebuah soal yang akan saya sajikan untuk anda semua, sebagai sebuah pembelajaran menghadapi sebuah ujian tengah semester, dan ujian semester.

Dengan adanya soal ini diharapkan anda tidak lagi gagap dalam menghadapi soal terkait dengan mata kulai IPS. Untuk itu mari langsung saja kita simak soal di bawah ini. 

A. Isilah titik-titik pada soal dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1) Tujuan belanda membentuk v.o.c di Indonesia adalah….
2) Untuk menarik hati rakyat, jepang melakukan gerakan….
3) Gubernur jenderal belanda yang mengajukan sistim tanam paksa adalah….
4) Ketua PPKI adalah….
5) Pemberontakan rakyat singaparna, jawa barat pada jepang dipimpin oleh….

Soal di atas adalah soal yang berkaitan dengan sebuah kehidupan di masa lalu. Yaitu sebuah sejarah dari pada bangsa Indonesia yang pernah mengalami penjajahan oleh negara Belanda dan Jepang. Hingga muncullah sebuah organisasi persiapan kemerdekaan yang hadir pada waktu itu.

Terkait dengan sejarah, maka isilah soal dia atas dengan baik dan benar. Dengan mengisi secara baik dan benar artinya anda sudah memberitahukan kepada dunia bahwa anda adalah anak Indonesia sejati, karena mengetahui sejarah negara Indonesia berdiri.

6) Dua kota jepang yang di bom atom oleh sekutu……………..dan……………..
7) Panitia sembilan menghasilkan suatu naskah yang selanjutnya disebut….
8) Tokoh golongan tua yang menjemput sukarno-hatta dari rengas dengklok adalah….
9) Para pemuda menculik sukarno-hatta dan membawa mereka ke….
10) Komandan resimen banyumas yang tewas dalam pertempuran ambarawa adalah….

Soal di atas adalah sebuah soal yang dekat kaitannya sebuah pristiwa dimana kemerdekaan Indonesia sudah hampir dekat. Yang mana ada 5 macam soal di atas yang kaitannya dengan sebuah sejarah.

Ada yang berkaitan dengan Jepang, panitia sembilan. Tokoh golongan tua dan muda, dan komandan resimen yang tewas.

Isilah soal di atas dengan baik dan benar sesuai dengan kejadian sejarah yang sebagai mana semestinya. Sehingga dengan demikian ingatan anda tentang sejarah tidak akan lekang oleh waktu karena sering kali terasah.

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1) Apa penyebab perang diponegoro?
2) Mengapa bandung dibumihanguskan?
3) Sebutkan nama 5 tokoh yang berjasa dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?
4) Mengapa perlawanan rakyat Indonesia melawan penjajah belanda selalu dikalahkan?
5) Apa yang harus kita lakukan untuk menghargai jasa para pahlawan?

Isilah soal di atas dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang ada dipikiran anda. Bila memang apa yang ada dipikiran anda benar-benar sesuai dengan jawaban dari soal tersebut, maka artinya anda sudah menguasai mata pelajaran ini.

Kumpulan Latihan Soal Ulangan Pelajaran IPS Kelas 5 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown