Sunday, January 14, 2018

Contoh Kultum Singkat Judul Legalisasi Amal

Contoh Kultum Singkat Judul Legalisasi Amal - Belajar melalui kultum secara berkesinambungan tentunya dapat meningkatkan iman dan taqwa kita, untuk itu berikut ini saya sajikan sebuah contoh yang dapat diambil hikmah dan pembelajaran yang ada didalamnya. 


Contoh ini selain dapat dipelajari juga dapat digunakan oleh sobat untuk berlatih membawakan sebuah kultum singkat. Seperti apa, mari kita lihat dan pelajari langsung di bawah ini.

Legalisasi Amal
Contoh Kultum Singkat

Terkadang atau sering dalam hidup, kita berusaha memaafkan tindakan kita atau kata lainnya melegalisasikan perbuatan kita. Maksudnya, kita mengatakan perbuatan kita benar dengan dalih yang berusaha kita cari kebenarannya. 

Sebagai contoh, ketika kita menunda melaksanakan sholat ketika adzan berkumandang, maka kita berdalih “Saya harus menyelesaikan tugas”, “Saya harus mengasuh anak dulu” dan lain sebagainya sehingga begitu pintarnya kita mendapatkan alasan yang seolah alasan kitalah yang paling benar. 

Atau cerita lain seperti seorang pencopet atau pelacur yang melegalkan usahanya demi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

Bolehkah kita melakukan hal tersebut?
Cerita yang mirip tertuang dalam kisah nabi Yusuf dalam surat Yusuf. Ketika itu, saudara-saudara Yusuf melempar Yusuf ke dalam sumur dan mereka melaporkan kepada nabi Yaqub (ayah mereka) bahwa Yusuf telah dimakan serigala. Maka Yaqub tidak mempercayai hal tersebut dan berkata:

“Hanya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu” QS. Yusuf 18

Perkataan yang sama diulangi oleh nabi Yaqub dalam ayat 83 kepada saudara-saudara Yusuf beberapa puluh tahun kemudian. 

Pengungkapan perkataan ini secara berulang mengisyaratkan bahwa pentingnya Allah swt mengingatkan kita semua untuk tidak dengan mudah mendalihkan bahwa perbuatan kita adalah benar.

Bagaimana agar kita tidak terjerumus pada hal tersebut? Janganlah kita terburu-buru dalam bertindak. Seringlah kita bertanya pada diri kita sendiri “Apakah memang yang saya lakukan ini berbuah amal kebaikan atau berbuah kemaksiyatan?” Atau “Apakah saya mendapatkan ridho Allah dalam melakukan hal ini atau malah membuat murka-Nya. Jadi, sering-seringlah kita berinstropeksi.
Wallahu a’lam bish showab

Meski singkat, ada banyak manfaat yang dapat diambil dari contoh kultum tersebut. Jika sobat memerlukan contoh lain baik itu untuk belajar maupun untuk menggali ilmu agama lebih dalam dapat melihat contoh lainnya di kumpulan contoh kultum yang merupakan rangkaian Contoh Kultum yang didalamnya termasuk kultum Legalisasi Amal ini.

Jangan lupa untuk tetap berkunjung ke blog ini untuk mendapatkan update terbaru contoh kultum lainnya atau untuk informasi dan referensi tugas belajar di sekolah. Sampai bertemu di pembahasan lainnya.

Contoh Kultum Singkat Judul Legalisasi Amal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti