Saturday, April 27, 2019

Tugas: Macam-Macam Peninggalan Kebudayaan Manusia Purba

Tugas sejarah, Macam-Macam Peninggalan Kebudayaan Manusia Purba. Ketika kita belajar mengenai kebudayaan manusia purba kita akan dikenalkan juga mengenai macam-macam peninggalan zaman purba ini. 

Sering kali untuk menguji pemahaman kita, kita dituntut untuk setidaknya mengetahui berbagai peninggalan kebudayaan atau peninggalan sejarah dari manusia purba tersebut. 

Untuk membantu memahami berbagai jenis peninggalan ini, kali ini kita akan membahas mengenai macam peninggalan sejarah manusia purba beserta fungsi dari peninggalan tersebut.

A. Macam-macam Peninggalan Manusia Purba 

Kita dapat menemukan banyak peninggalan manusia purba yang sudah dikenal dalam dunia luas. Hasil peninggalan tersebut merupakan peninggalan kebudayaan yang tersisa yang dapat ditemukan oleh banyak ahli yang melakukan penelitian. 

Berikut ini saya akan menggolongkan beberapa peninggalan manusia purba agar kita lebih mudah dalam mengenali dan mengetahui berbagai fungsinya. Peninggalan tersebut seperti dibawah ini: 

Peralatan Berburu Peninggalan Manusia Purba 
Manusia purba menggunakan alat-alat sederhana yang terbuat dari bahan-bahan yang ada di alam untuk melakukan perburuan. Umumnya mereka menggunakan peralatan dari tulang serta batu untuk melakukan perburuan. 

Perkakas Peninggalan Manusia Purba 
Perkakas ini sudah tentu digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Diantara perkakas peninggalan manusia purba ini misalnya alat gerabah yang mempunyai nilai seni yang digunakan untuk menyimpan persediaan makanan. 

Perhiasan Peninggalan Manusia Purba 
Selain peninggalan diatas kita juga dapat menjumpai berbagai perhiasan peninggalan manusia terdahulu. Perhiasan ini ada yang berupa gelang dan ada juga yang berupa cincin. 

Itulah beberapa peninggalan yang dapat kita ketahui, untuk lebih jelas lagi mengenai peninggalan kebudayaan manusia purba berikut ini akan saya sertakan gambar dan fungsi dari peninggalan manusia purba. 

B. Daftar Peninggalan Manusia Purba

Di atas kita telah mempelajari beberapa jenis atau macam peninggalan kebudayaan yang ada di Indonesia. Sekarang apa saja peninggalan tersebut? Berikut ini ada daftar peninggalan kebudayaan manusia purba.

Kapak Persegi 
Kapak persegi yang berukuran kecil bernama tarah berfungsi untuk mengerjakan kayu. 

Kapak Lonjong 
Kapak lonjong besar disebut welzanbell dan yang kecil disebut Klenbell. 

Kapak Genggam 
Kapak genggam berfungsi untuk membunuh binatang buruan atau sebagai senjata menyerang lawannya. 

Kapak Corong 
Fungsi: untuk berburu dan juga untuk bercocok tanam. 

Moko 
Moko = alat bunyi-bunyian zaman dulu berupa genderang dengan selaput suara dari logam, sipakai sebagai mas kawin atau pelengkap upacara kebesaran. 

Dolmen 
Dolmen berfungsi sebagai tempat sesaji dalam rangka pemujaan roh nenek moyang dan juga berfungsi sebagai peti mati. 

Sarkofagus 
Sarkofagus berfungsi sebagai peti mati dan dibuat dari batu utuh 

Gerabah 
Gerabah berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan barang yang memiliki nilai seni. 

Kapak Genggam 
Kapak genggam berfungsi untuk membunuh binatang buruan atau sebagai senjata menyerang lawannya. 

Gelang dan Cincin dari perunggu 
Galang dan cincin dari perunggu berfungsi sebagai perhiasan. 

Candrasa 
Candrasa = Candrasa ini diduga tidak berfungsi sebagai alat pertukangan atau pertanian,melainkan beralih fungsi sebagai alat perlengkapan upacara keagamaan dan tanda kebesaran 

Menhir 
Menhir merupakan tiang tinggi atau tugu batu yang digunakan untuk menghormati roh nenek moyang. 

Bejana perunggu 
Benjana perunggu fungsinya banyak, sebagai tempat minum, tempat upacara keagamaan dll 

Punden Berundak 
Fungsi punden berundak merupakan media pujaan arwah leluhur yang dikenal sebagai kebudayaan megalitik dan berkembang pada zaman neolitik, punden berundak dianggap suatu yang diilhami pendirian bangunan-bangunan candi pada masa klasik. 

Nekara 
Nekara =semacam bejana atau “dandang” perunggu yang bentuknya terbalik. Pada umumnya nekara mempunyai berbagai macam ornamen atau hiasan 

Candrasa 
Candrasa = Candrasa ini diduga tidak berfungsi sebagai alat pertukangan atau pertanian,melainkan beralih fungsi sebagai alat perlengkapan upacara keagamaan dan tanda kebesaran 

Kapak Perimbas 
Kapak perimbas digunakan dengan cara digenggam. 

Arca Perunggu 
Arca perunggu = patung kadang binatang, tempat penyembahan roh upacara keagamaan dll

Peninggalan Manusia Purba Beserta Gambarnya

Mudah-mudaan sedikit yang kita bahas dapat bermanfaat bagi kita semua. Yang ingin mempelajari lebih jauh mengenai Macam-Macam Peninggalan Kebudayaan Manusia Purba ini silahkan baca juga materi lengkap beserta gambar yang disediakan. Ada di tautan ya!

Tugas: Macam-Macam Peninggalan Kebudayaan Manusia Purba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pusta Swara