Tuesday, July 11, 2017

Cara Menentukan Struktur Atom Berdasarkan Tabel Periodik

Cara menentukan struktur atom berdasarkan tabel periodik - meski sebentar kalau sering-sering belajar kan bagus, benar tidak? Ya, maka dari itu kali ini kita akan kembali belajar dengan sedikit materi khususnya dari pelajaran Kimia SMA. Kali ini kita akan berbicara mengenai atom. 

Sudahkah kalian tahu bagaimana cara menentukan struktur atom berdasarkan tabel periodik? Nah, bagi kalian yang belum tahu silahkan ikuti pembahasan pada topik kali ini yang akan membahas mengenai struktur atom dan juga tabel periodik.

1) Menentukan nomor atom dan nomor massa
2) Daftar unsur menurut nomor atom
3) Contoh soal mencari nomor atom
4) Contoh soal konfigurasi elektron beserta pembahasannya
5) Contoh soal nomor atom dan nomor massa
6) Cara menentukan nomor atom dengan konfigurasi elektron
7) Lambang atom dan keterangannya
8) Kulit atom adalah

Sengaja kita tidak akan membahas terlalu banyak agar tidak bosan dan pusing. Kalau hanya sedikit kan kita akan lebih mudah mengingat dan memahami materinya, benar tidak? Ya, sekarang kita mulai saja belajar kimia berikut.

A. Partikel Dasar Penyusun Atom

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut. Struktur atom menggambarkan bagaimana partikel-partikel dalam atom tersusun. Atom tersusun atas inti atom dan dikelilingi elektron-elektron yang tersebar dalam kulit-kulitnya. Secara sistematis dapat digambarkan
partikel-partikel subatom sebagai berikut.

Tabel Partikel Dalam Atom

Sebagian besar atom terdiri dari ruang hampa yang di dalamnya terdapat inti yang sangat kecil di mana massa dan muatan positifnya dipusatkan dan dikelilingi oleh elektron-elektron yang bermuatan negatif. Inti atom tersusun atas sejumlah proton dan neutron. 

Jumlah proton dalam inti atom menentukan muatan inti atom, sedangkan massa inti ditentukan oleh banyaknya proton dan neutron. Lalu, bagaimana selanjutnya? Sekarang kita sudah belajar dan mengingat kembali mengenai partikel dasar. Waktunya kita lanjut ke bagian susunan.

B. Memahami Susunan dari Sebuah Atom

  1. Lihatlah nomor atom dari tabel periodik. Nomor atom selalu lebih kecil dari nomor massa.
  2. Nomor atom merupakan jumlah proton. Oleh karena sifat atom netral, maka nomor atom juga merupakan jumlah elektron.
  3. Susunlah elektron-elektron dalam level-level energi, selalu isi level terdalam sebelum mengisi level luar.
Dua hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda melihat susunan dalam tabel periodik. Jumlah elektron pada tingkat terluar (atau kulit terluar) sama dengan nomor golongan (kecuali helium yang hanya memiliki 2 elektron. Gas Mulia biasa disebut dengan golongan 0 bukan golongan 8). Hal ini berlaku di seluruh golongan unsur pada tabel periodik (kecuali unsur-unsur transisi). 

Jadi, jika Anda mengetahui bahwa barium terletak pada golongan 2, berarti barium memiliki 2 elektron pada tingkat terluar; iodium merupakan golongan 7 yang berarti iodium memiliki 7 elektron pada tingkat terluar. Gas mulia memiliki elektron penuh pada tingkat terluar.

Itulah sedikit pembahasan kita kali ini. Biarkan kata orang pelajaran kimia itu pelajaran yang susah dan membosankan tapi kalau kita rajin tidak akan terasa berat. Di kelas kita sudah mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Di rumah kita mengulang kembali rangkuman materi kita. 
50 Soal dan Pembahasan tentang Struktur Atom

Selanjutnya, untuk menguji dan mengukur kemampuan dan pemahaman kita mengenai materi tersebut kita tinggal berlatih dengan soal-soal latihan. Bagi yang ingin latihan soal bisa langsung ke bagian khusus bank soal. Kita cukupkan saja sampai disini, semoga bermanfaat.

Referensi:
BSE Kimia SMA Kelas X (Arifatun)

Cara Menentukan Struktur Atom Berdasarkan Tabel Periodik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes Handoko