Saturday, July 26, 2014

Macam Jenis Tarian Daerah Jawa

Tarian Daerah Jawa. Di daerah Jawa juga bisa kita temukan banyak tarian daerah yang indah, sebagai contoh ada tari serimpi dan juga tari jaipong. Mau tahu selengkapnya tentang Tarian Daerah Jawa? Silahkan ikuti materi kita kali ini tentang tarian daerah berikut.

Keberagaman budaya yang kita miliki merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Sebagai contoh dari kekayaan budaya tersebut adalah tari Jaipong yang merupakan tarian tradisional dari daerah Jawa.

Salin Copy Materi


Seni Tari Jawa kuwi awujud seni tari kang adi luhung, sakral lan relijius. TariJawa akèh jinisé, ing antarané Srimpi, Bedhaya, Gambyong, Wireng, Prawirayuda, Wayang-Purwa Mahabarata-Ramayana. Mligi ing Mangkunegaran kasebut Tari Langendriyan, kang njupuk saka crita Damarwulan.

Tari kang kawentar ing Kraton Solo antawisipun Bedhaya Ketawang lan Srimpi. Miturut Kitab Wredhapradhangga kang dianggep pangripta tari Bedhaya Ketawang iku panjenengané Sultan Agung (1613-1645) raja kapisan krajan Mataram. Tari Bedhaya Ketawang ora mung ditampilaké nalika jumenengan nata anyarananging uga saben taun sepisan ing dina jumenengan utawa Tingalan Dalem Jumenengan.

Nama Tarian Daerah Jawa 

Berikut ini adalah detail tentang seni tari yang berasal dari daerah Jawa, untuk pembahasan masing-masing tarian silahkan ikuti tautan yang ada.

Tarian Daerah Provinsi Jawa Barat


1. Tari Jaipong
2. Tari Topeng

3. Tari Merak Pasundan
Selengkapnya di Tari Jawa Barat

Tarian Daerah Provinsi Jawa Tengah


1. Tari Bambang Cakil
2. Tari Sintren

Selengkapnya di Tari Jawa Tengah

Tarian Daerah Provinsi Jawa Timur

1. Tari Gandrung Banyuwangi
2. Tari Remo
3. Tari Reog Ponorogo
4. Tari Jejer Gandrung
Selengkapnya di Tari Jawa Timur

Tari Bedhaya Ketawang - Tarian Daerah Jawa

Belajar mengenai kekayaan budaya Indonesia memang tak akan pernah membosankan. Selain tarian daerah yang memperkaya ada juga Flora dan Fauna Identitas Daerah yang merupakan ciri yang patut dibanggakan oleh setiap putra daerah dan Masyarakat Indonesia seluruhnya.

Refferensi
http://jv.wikipedia.org/wiki/Tari_Jawa

Macam Jenis Tarian Daerah Jawa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes