Tuesday, June 7, 2022

Flora dan Fauna Identitas Pulau Kalimantan

Flora Dan Fauna Identitas Pulau KalimantanKalimantan adalah salah satu pulau terluas di dunia yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Hal ini terbukti hingga kini ilmuwan masih sering menemukan ratusan spesies flora dan fauna baru setiap bulannya. 

Dari mulai yang biasa-biasa saja hingga yang unik semuanya ada. Kekayaan dari kalimantan ini terbukti dari penemuan beberapa flora fauna baru yang dilakukan oleh ilmuwan baru-baru ini. 

Mengenal keanekaragaman flora dan fauna yang menjadi ciri khusus pada suatu wilayah atau daerah sangatlah bermanfaat bagi kita. 

Dengan mengenal berbagai Flora dan Fauna Identitas dari Kalimantan kita bisa ikut serta berperan aktif dalam melestarikan kekayaan alam yang ada tersebut.

Nah, untuk materi kali ini kita akan berbicara banyak tentang berbagai flora dan juga fauna yang sudah kita sebutkan di atas.

Dengan adanya ringkasan materi atau rangkuman materi ini maka diharapkan kita bisa memiliki pemahaman lebih jauh mengenai berbagai kekayaan hewan dan tumbuhan yang ada di Indonesia khususnya di pulau Kalimantan. 

Apa saja flora fauna yang baru ditemukan tersebut? Ada banyak sekali flora dan fauna unik dan menarik yang ternyata ada di bumi kita ini. Lebih jelas mari kita lihat beberapa diantaranya seperti di bawah ini.

1. Barbourula Kalimantanensis
Diakui oleh para ilmuwan sebagai kodok tidak berparu-paru pertama di dunia. Hewan yang langka ini bernapas seluruhnya melalui kulit.

Tanpa paru-paru memungkinkan hewan ini untuk memiliki bentuk yang lebih aerodinamik untuk membantunya bermanuver di sungai-sungai Kalimantan yang deras.


Coba lihat, ternyata ada juga seekor hewan yang cukup menarik yang ada di salah satu pulau nusantara, cukup mengagumkan bukan? Ini adalah bukti bahwa bumi kita memiliki kekayaan keragaman yang cukup bisa dibanggakan.

2. Dendrelaphis Kopsteini
Masih ada yang lain selain jenis katak di atas yaitu sejenis ular yang juga sangat cantik. Hewan yang satu ini sering disebut dengan nama Dendrelaphis Kopsteini, seperti apa penampakan dari ular kecil yang cantik tersebut, pasti anda penasaran bukan?


Disebut juga Kopstein’s bronzeback adalah ular yang bisa tumbuh hingga 1,5 meter. Hewan ini memiliki warna terang dengan campuran biru, hijau dan coklat. Walaupun tampak menarik, namun ular ini memiliki gigitan yang menyakitkan.

3. Dendrobium Lohokii
Kita beralih pada satu jenis tumbuhan unik dan menarik yang ada di pulau Kalimantan. Siapa lagi kalau bukan jenis tumbuhan anggrek, yaitu namanya adalah Dendrobium Lohokii. Apakah anggrek yang satu ini cukup menarik dan indah?


Bisa dilihat dari gambar di atas, cukup cantik bukan? Nah, anggrek cantik yang satu ini dapat tumbuh setinggi 1 meter dan memiliki lebar bunga 2 - 3 cm. Tentu saja anggrek tersebut menjadi salah satu kekayaan yang patut dihargai, benar bukan?

4. Eirmotus Insignis
Yang nomor empat adalah jenis ikan kecil mungkil yang memiliki warna cukup menarik. Nama ikan tersebut adalah "eirmotus insignis", seekor ikan mungil yang memiliki loreng seperti zebra. Seperti apa bentuk ikan tersebut?


Bagaimana, cukup cantik juga bukan ikan tersebut? Ya, jangan salah, ikan ini tentu bisa menjadi salah satu kekayaan nusantara. Ikan sepanjang 1,5 inchi ini memiliki gerakan yang lambat dan lembut, merupakan salah satu jenis ikan dari 17 ikan baru yang ditemukan di kalimantan.

5. Eulichas villosa
Ada ikan, ada anggrek ada katak lalu apa lagi flora dan fauna yang ada di daerah Kalimantan ya? Tenang, masih ada yang lain yaitu yang bernama "eulichas villosa". Bisa ditebak apakah itu hewan atau tumbuhan?


Bisa dikatakan, eulichas villosa" ini adalah salah satu jenis kumbang. Kalau dilihat dari gambarnya tentu saja kumbang yang satu ini cukup unik, indah dan menarik, benar bukan? Ya, mahluk ini adalah salah satu kumbang unik dari daratan Kalimantan, belum banyak diketahui tentang kumbang ini.

6. Ibycus Rachelae
Selain jenis kumbang ada juga hewan lain yang cukup menarik yaitu dari jenis siput kecil. Apa nama hewan menarik tersebut? Namanya adalah "Ibycus Rachelae", seekor hewan yang masuk kategori siput kecil yang cukup unik dan indah.


Siput ini adalah yang paling unik dari seluruh penemuan terbaru. Selain warnanya yang hijau kekuning-kuningan, siput ini juga memiliki ekor yang panjang. Saat masa perkawinannya hewan ini menembakkan sejenis “panah cinta” kepada pasangannya.

7. Macrobrachium Kelianense
Kalau yang ke-7 ini adalah termasuk dalam jenis udang. Loh, kok udang, apa ada udang unik selain jenis udang yang biasa kita kenal selama ini? Ada, di Kalimantan ada satu spesies udang yang cukup menarik yaitu bernama "macrobrachium kelianense".


Dari penampilannya, jenis udang ini cukup menarik dan indah bukan? Udang spesies baru ini memiliki panjang 1 cm.

8. Rhacophorus Penanorum
Di atas sudah ada satu jenis katak yang cukup unik dan menjadi identitas di pulau ini, selain itu masih ada lagi satu jenis katak yang cukup indah. Nama katak tersebut adalah "rhacophorus penanorum", seekor katak yang berwarna cukup terang dan mencolok.


Kodok ini bisa melompat dari satu dahan ke dahan lainnya. Bukan itu saja keunikannya, kodok ini pada pagi hari berubah warna menjadi coklat. Cukup unik juga ya hewan yang satu ini, kalau selama ini yang kita kenal bisa berubah warna kan hanya bunglon, benar tidak?

9. Thrixspermum Erythrolomum
Di pulau Kalimantan juga masih ada jenis anggrek lain yang terlihat cukup cantik dan indah. Dari segi warna dan dari segi bentuk, anggrek yang satu ini cukup bisa membuat anda berdecak kagum jika melihatnya langsung. Seperti apa bentuknya?


Adalah salah satu dari 37 anggrek unik baru yang ditemukan di Kalimantan. Memang, untuk jenis tumbuhan yang satu ini banyak ditemukan jenis unik lainnya disini. Yang satu ini merupakan salah satunya yang cukup cantik.

10. Spectacled Flowerpecker
Selain yang sudah dijelaskan di atas ada juga jenis burung kecil cantik nan menawan. Sejenis burung kecil yang suka bunga. Sering disebut dengan nama "spectacled flowerpecker". Bagus ya nama burung tersebut?


Ya, perlu diketahui, yang satu ini masih tergolong baru. Burung abu-abu ini untuk sementara belum diberi nama ilmiah karena masih dalam tahap penelitian.

Sekarang percaya kan kalau pulau kalimantan merupakan pulau yang kaya flora dan fauna? Pastinya dong. Buat rekan yang ingin melihat kekayaan flora dan fauna dari daerah lain, sudah dibahas juga flora fauna jawa, flora fauna sumatra dan pulau lain di Indonesia. Silahkan simak aja langsung di Flora dan Fauna Identitas Daerah.

Referensi:
strano66.blogspot.com

Flora dan Fauna Identitas Pulau Kalimantan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes