Monday, August 27, 2018

Cerita Rakyat Asal Mula Danau Laut Tawar

Cerita Rakyat - Asal Mula Danau Laut Tawar.  Asal Mula Danau Laut Tawar merupakan cerita rakyat kedua yang di share disini setelah Asal Usul Tari Guel. Sama dengan cerita tari guel,  Asal Mula Danau Laut Tawar juga merupakan cerita rakyat dari aceh. 

Cerita Rakyat - Asal Mula Danau Laut Tawar
Kalau menikmati sebuah cerita rakyat seperti ini kita akan masuk ke nuansa yang berbeda. Seolah kita akan diajak untuk ikut menyaksikan bagaimana permulaan kejadian suatu tempat. 

Bagaimana menurut anda semua, cukup menarik juga bukan? Untuk melihat bagaimana ceritanya langsung saja dibaca dibawah ini.

Cerita Rakyat Asal Mula Danau Laut Tawar

Alkisah dulu di Takengon pernah ada sebuah kerajaan, tidak diketahui secara jelas apa nama kerajaannya tapi yang pasti di kerajaan itu ada seorang putri yang bernama Putri Pukes.

Putri Pukes mencintai seorang pria dari kerajaan lain tapi hubungan mereka tidak disetujui oleh orang tua Putri Pukes. Tapi sang putri tetap teguh dengan keinginannya sehingga akhirnya terjadilah pernikahan.

Saat Putri Pukes akan pergi menuju kerajaan suaminya, orang tua yang dari awal hubungan mereka tidak setuju berpesan…"Jika kau sudah pergi meninggalkan kerajaan ini janganlah sekalipun engkau palingkan wajahmu ke belakang "

Sang putri yang saat itu bimbang antara sayang dengan orang tuanya serta cinta pada suaminya ternyata tidak dapat menahan kesedihan akibat kehilangan itu.

Serta merta saat perjalanan yang dikawal oleh beberapa prajurit itu sang putri tidak sadar memalingkan wajahnya ke belakang…tiba-tiba bersamaan dengan itu datanglah petir yang diiringi dengan hujan lebat.

Parapengawal menganjurkan kepada putri utk berteduh di sebuah gua yang tdk jauh dr tempat mereka.

Setelah berteduh dan mereka akan melanjutkan perjalanan, para pengawalpun memanggil putri yang berdiri di sudut sendirian. Tapi dipanggil berkali-kali sang putri tidak menyahut, ternyata setelah didatangi badan sang putri sudah mengeras seperti batu.

Sampai sekarang patung membatu sang putri sudah membesar dibagian bawahnya, tapi masih jelas bentuk sanggul dan perawakan yang mungil dari sang putri.

Bagian bawah badannya yang besar katanya diakibatkan air matanya yang sampai sekarang kadang-kadang masih jatuh.

Kata sang penjaga jika orang yang mengunjungi dan mengetahui kisah putri terus merasa sedih patung sang putri bisa saja tiba-tiba ikut mengeluarkan air matanya.

Disana juga ada lubang tempat suami sang putri lari, yang katanya sampai sekarang arwahnya masih sering menjaga sang putri…begitulah kata sang penjaga. Akibat hujan deras tadi terjadilah Danau Laut Tawar yang sampai sekarang banyak dikunjungi oleh orang.

Refferensi
http://folktalesnusantara.blogspot.com/2008/12/asal-mula-danau-laut-tawar.html
http://tourismresort-indonesia.blogspot.com/2011/09/laut-tawar-lake.html

Cerita Rakyat Asal Mula Danau Laut Tawar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mandes