Wednesday, October 5, 2016

Mendeskripsikan Ragam Gerak Tari Melinting

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya akhirnya kelompok kita dapat menyelesaikan tugas seni budaya ini. Dalam tugas seni budaya kali ini kita bisa mengetahui tentang tari melinting, baik sejarahnya, ragam geraknya, asal daerahnya, maupun yang lainnya. 

Selain itu kita jadi lebih mengetahui tentang keragaman budaya Indonesia yang banyak dan beragam. Indonesia memang negara yang mempunyai keragaman suku dan budaya, salah satunya adalah tari Melinting yang berasal dari Lampung. 

Tetapi dibalik itu semua Indonesia tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Indonesia memang negara yang berbeda-beda dari segala unsur seperti agama, suku, kebudayaan dan yang lainnya, itulah Indonesia negara yang berbeda-beda tetapi tetap satu kesatuan.

Semoga kita bisa menjadi salah satu warga negara yang bisa memegang teguh kesatuan dan persatuan walaupun dengan berbagai macam perbedaan. Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang sempurna, makalah ini kami buat untuk menerima kritikan dan saran yang bertujuan untuk membangun semangat kita agar bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak sangat diharapkan untuk memperbaiki segala kekurangan kita. Semoga makalah ini dapat dimanfaatkan atau bermanfaat bagi semua kalangan yang berperan sebagai generasi penerus perjuangan bangsa dengan belajar dengan giat dan tekun. Sekian dari kelompok kami.

Menurut Sudarsono, bentuk penyajian adalah wujud tarian secara keseluruhan yang di pertunjukan dengan melibatkan elemen-elemen dalam komposisi tari. Adapun elemen-elemen tersebut adalah elemen gerak, iringan (musik) tata rias, busana, tempat pertunjukan, dan properti. 

Gerak, elemen gerak merupakan salah satu unsur popok dalam tari terwujud setelah anggota-anggota badan manusia yang telah terbentuk digerakkan. Gerak merupakan substitusi dari tari. Menurut lentur geraknya terdapat dua jenis gerak yaitu gerak murni dan gerak maknawi. 

Gerak murni adalah gerak yang digarap sekedar untuk mendapatkan artistik dan tidak dimaksudkan untuk menggambarkan sesuatu. Sedangkan gerak kimiawi adalah gerakan yang mengandung arti yang jelas dan sudah mengalami sterilisasi atau distorsi. 

Gerak murni banyak digunakan dalam garapan tari yang non representasional, sedangkan gerak maknawi banyak terdapat dalam garapan tari yang representasional, namun dengan tidak menutup kemungkinan masuknya gerak murni. 

Gerak dalam tari melinting adalah gerak-gerak maknawi, yaitu setiap gerakan mempunyai maksud atau makna. Pada adegan pembukaan makna geraknya adalah bahwa putra dan putri punyimbang melakukan penghormatan kepada para punyimbang/tamu agung. 

Pada adegan Kugawo Ratu, makna gerak adalah melambangkan keperkasaan putra putri punyimbang. Pada adegan knui melayang keagungan dan kelemahan kelembutan punyimbang ungkapan keleluasaan berpendapat/bersikap. Pada adegan penutup makna gerak adalah bahwa para putra putri punyimbang penghormatan kepada punyimbang.

Pada tarian daerah yang satu ini, gerakannya dibedakan antara penari putera dan penari puteri. Gerakan penari putera ada 11 diantaranya adalah gerakan babakh kipas, jung sumbah dan juga gerakan kenuy melayang. Selengkapnya untuk gerakan penari putera yaitu sebagai berikut!
  1. Babakh kipas
  2. Jung sumbah
  3. Kenuy melayang
  4. Salaman
  5. Suali
  6. Niti batang
  7. Sapah ayun
  8. Sukhung
  9. Sekappung balik palau
  10. Lutcak kijang
  11. Nyiduk
Untuk penari puteri ada beberapa gerakan yang namanya sama tetapi ada juga yang tidak. Kalau untuk penari putera ada sebelas gerakan tetapi pada penari putri hanya terdiri dari delapan gerakan. Selengkapnya untuk ragam gerak pada penari puteri yaitu sebagai berikut!
  1. Babakh kipas
  2. Jung sumbah
  3. Sukhung sekapan
  4. Timbangan/tipipih mabel
  5. Ngiyun biyas
  6. Nginjak lado
  7. Nginjak tahi manuk
  8. Lapah ayun
  9. Melayang.

Setelah membuat makalah ini, yang memuat tentang sejarah tari melinting, kostum, ragam gerak tari melinting dan alat musiknya kita jadi lebih mengetahui keragaman budaya Indonesia. Salah satu nya adalah tari melinting yang berasal dari labuhan maringgai lampung timur indonesia. 

Tarian ini pada awalnya hanya dipentaskan saat gawi adat dan di tarikan di balai adat, penari-nya pun hanya putra dan putri dari Ratu Melinting. Tetapi seiring perkembangan jaman dari segi fungsi, kostum, dan kegunaannya pun berubah menjadi berfungsi untuk tarian penyambutan tamu pada acara-acara besar di Lampung dan sebagai hiburan. 

Sekarang tari melinting bisa ditarikan oleh muda-mudi di Lampung, dan dipentaskan di tempat terbuka. Jadi, sekarang tari ini bisa di pelajari oleh semua orang.

Jadi, cintailah segala bentuk keragaman budaya di Indonesia karena sudah sewajarnya kita melakukan itu semua. Ketika kita mencintai budaya kita sendiri kita sudah melakukan partisipasi dalam upaya bela negara.

Mendeskripsikan Ragam Gerak Tari Melinting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko