Saturday, May 16, 2015

Aktivitas Fisik Pencegah Rematik

Materi Aktivitas Fisik Pencegah Rematik - pada materi tugas sekolah kita kali ini akan membahas mengenai salah satu topik pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjas). Yang akan kita bahas adalah mengenai salah satu penyakit yaitu rematik atau reumatik. Disini akan kita bahas rangkuman materinya kemudian juga mengenai bahan tugas powerpoint atau tugas presentasi. Jadi selain bisa mempelajari ringkasan materinya kita bisa mendapatkan referensi untuk powerpoint aktivitas fisik pencegah rematik. Selengkapnya mari langsung kita bahas di bawah ini.

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Aktivitas fisik yang tidak ada (kurangnya aktivitas fisik) merupakan faktor risiko independen untuk penyakit kronis, dan secara keseluruhan diperkirakan menyebabkan kematian secara global. 

Penyakit rematik sudah dikenal lama, dan sampai sekarang masih banyak menyerang penduduk dunia. Penyebab rematik sangat bervariasi. Umumnya, dipengaruhi oleh masalah autoimun yaitu sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian. Akibatnya, tulang rawan di sekitar sendi menipis. Sebagai gantinya, muncullah tulang baru. Olahraga yang teratur memperbaiki kondisi kekuatan dan kelenturan sendi serta memperkecil resiko terjadinya kerusakan sendi akibat radang sendi. 

Selain itu, olahraga memberi efek menghangatkan tubuh sehingga mengurangi rasa sakit dan mencegah penggenapan asam urat pada ujung-ujung tubuh yang dingin karena kurang pasokan darah. Jalan kaki, bersepeda, dan joging bisa dijadikan alternatif olahraga untuk mengatasi rematik dan asam urat. Selain itu, olahraga yang cukup dan teratur memperkuat sirkulasi darah dalam tubuh. Namun, lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan latihan inti. Hal ini untuk menghindari kejadian rematik lebih parah

Bagi Anda penderita rematik, beberapa upaya pencegahan dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa aktivitas fisik. Aktivitas fisik tersebut terdiri dari beberapa bentuk gerakan latihan:
  1. Latihan isotonik, yakni latihan kontraksi otot dengan gerakan sendi. Pembebanan dilakukan bertahap dan ada peningkatan beban. Latihan isotonik ini dapat dilakukan dengan menggerakkan kaki dalam posisi duduk dan diberi beban.
  2. Latihan isometric yaitu latihan kontraksi quadriceps (kedua kaki pada bagian paha) tanpa gerakan sendi, lutut ekstensi penuh, dan secara bertahap diberi penahan. Anda dapat melakukan latihan ini dengan meletakkan bantalan kecil di bawah lutut ketika berbaring dan mengangkat sedikit kaki Anda kemudian menurunkannya lagi secara berulang-ulang.
  3. Latihan peregangan, latihannya mirip ketika Anda sedang melakukan pemanasan sebelum aktivitas atau olahraga. Misalnya, menengokkan kepala ke kiri dan kanan, atas-bawah, dan miring kanan-kiri, merentangkan gerak sendi secara penuh seperti mencoba posisi duduk dengan kaki lurus dan mencoba meraih jempol kaki dengan tangan Anda.
  4. Latihan isokinetik, latihan ini berupa gerakan terkendali melalui rentang sendi, dengan kecepatan angular konstan. Gerakan dilakukan dalam posisi duduk tegap di kursi, kedua tangan mengangkat beban lalu menggerakkannya (otot memanjang atau memendek).
  5. Latihan dalam air, latihan ini dipengaruhi gaya gravitasi dan daya apung di dalam air sehingga mengurangi tekanan pada sendi. Latihan ini bisa dilakukan dengan menggerak-gerakkan kaki di dalam air sambil berpegangan pada sisi kolam renang.


Rematik adalah penyakit yang biasanya berupa peradangan, pembengkakan, dan kekakuan atau pembatasan gerak yang diikuti rasa sakit pada sendi atau otot. Gangguan tersebut dapat pula berupa kekacauan metabolik struktur jaringan ikat tubuh. Penyakit ini menyerang anggota gerak, yaitu sendi, otot, tulang dan jaringan sekitar sendi. Cegah rematik dengan olahraga, hindari aktivitas fisik berlebihan, upayakan bobot badan ideal, konsumsi buah dan sayur. 

Mencegah agar rematik tak kambuh - Kenali Rematik kenalirematik.com/mencegah-agar-rematik-tak-kambuh/Feb 3, 2014 - Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar rematik tidak kambuh. 1. Lakukan Aktivitas Fisik. Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa ...Obat Rematik Herbal, Alami & Tradisional Cara Mencegah Rematik, Mengobati Rematik & Menyembuhkan Rematik. ... salah satu aktivitas fisik yang bisa membantu meringankan keluhan nyeri sendi.

Atasi Rematik Sejak Dini - Sinar Harapan Mar 21, 2014 - Cegah rematik dengan olahraga, hindari aktivitas fisik berlebihan, upayakan ... Untuk mencegah munculnya penyakit rematik berbagai upaya ...Pencegahan Penyakit Rematikpenyakitrematik.com/pencegahan-penyakit-rematik/Kurangi aktivitas fisik yang berlebihan – Selalu upayakan berat badan ideal – Kurangi konsumsi makanan sumber lemak hewani – Konsumsi buah dan sayur Gejala Rematik, Ciri-ciri Rematik, Tanda-tanda Penyakit Rematik, Penyebab Rematik Serta Pencegahan dan Pengobatan Rematik. ... Ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga tidak lagi mampu melakukan pekerjaannya. ... Dengan demikian dalam mengobati penyakit ini, tidak hanya dari segi fisik, melainkan ... Penyebab Rematik dan Osteoporosis - remapo obat alami ...

pengobatan dan pencegahan rematik, steoporosis,pengapuran,asam urat ... Kurangnya konsumsi kalsium dan protein, kurangnya aktivitas fisik dan kurangnya ...cara mencegah rematik | Obat Rematik Saat Hamil Oct 13, 2014 - Posts about cara mencegah rematik written by cattyfera. ... Kurangi aktivitas fisik yang berlebihan. 3. Upayakan berat badan ideal. 3. Kurangi ...Makanan Sehat Untuk Penderita Rematik | Obat Rematik ...Jun 19, 2014 - Aktivitas fisik. Meskipun bukan jenis makanan, namun rutin melakukan aktivitas fisik juga mencegah tulang melemah. Maka dari itu jangan ...Obat Herbal Yang Ampuh Untuk Rematik pengobatansecaraalami.com/obat-herbal-yang-ampuh-... Jan 8, 2015 - Relaksasi. - Kurangi aktivitas fisik yang berlebihan. Untuk pencegahan rematik yang selanjutnya adalah mengobatinya dengan obat. Dan saya ..

Aktivitas Fisik Pencegah Rematik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda