Ringkasan Materi Rekayasa Perangkat Lunak - Pada kesempatan ini kita akan belajar kembali atau mengulang materi yang telah dipelajari sebelumnya. Materi tersebut yaitu mengenai perangkat lunak. Pada pembahasan ini kita tidak akan belajar secara menyeluruh melainkan hanya mengingat kembali pokok-pokok atau inti pembahasan.
Jika anda sedang belajar mengenai Rekayasa Perangkat Lunak dan merasa belum begitu menguasai materi ini maka anda bisa mengingat lagi inti pembahasan-nya di rangkuman yang akan diberikan. Rangkuman ini akan mengingatkan kembali tentang beberapa hal penting yaitu:
- Software
- Tujuan software (perangkat lunak)
- Jenis atau macam software (klasifikasi)
- Software Process model dan
- Prinsip desain yang baik
Selengkapnya mengenai inti-inti dari beberapa pokok bahasan di atas bisa anda baca kembali seperti yang dijelaskan sebagai berikut.
Jika anda sedang belajar mengenai Rekayasa Perangkat Lunak dan merasa belum begitu menguasai materi ini maka anda bisa mengingat lagi inti pembahasan-nya di rangkuman yang akan diberikan. Rangkuman ini akan mengingatkan kembali tentang beberapa hal penting yaitu:
- Software
- Tujuan software (perangkat lunak)
- Jenis atau macam software (klasifikasi)
- Software Process model dan
- Prinsip desain yang baik
Selengkapnya mengenai inti-inti dari beberapa pokok bahasan di atas bisa anda baca kembali seperti yang dijelaskan sebagai berikut.
1. Software Engineering
Adalah suatu ilmu yang bersifat teknikal dan manajerial, untuk produksi dan maintenance software, dimana berfungsi untuk pengembangan modifikasi, estimasi biaya.
2. Tujuan utama perangkat lunak
Disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer pada dasarnya untuk memudahkan dalam mengoperasikan komputer & mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer mendapatkan software yang ekonomis yaitu software yang terpercaya dan bekerja efisien pada mesin ( komputer )
3. Klasifikasi Perangkat Lunak
a. System Software
Kumpulan program yang ditulis untuk membantu program lain. Contoh : OS
b. Real Time Software
PERANGKAT LUNAK yang digunakan untuk mengukur / menganalisa / mengontrol proses pemasukan data dari lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang sesuai dengan keinginan. Contoh : Program pada pengukuran tutup botol pada industri minuman
c. Bussines Software
Perangkat Lunak yang banyak digunakan dalam adalah Perangkat lunak aplikasi bisnis. Contoh : MYOB
d. Engineering and Scientific Software
Perangkat Lunak yang digunakan dalam adalah Perangkat lunak aplikasi teknik dan rekayasa. Contoh : Software untuk robot
e. Embedded Software
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol suatu proses dalam pabrik, biasanya disimpan dalam ROM. Contoh : Program untuk magic jar
f. Personal Computer Software
digunakan dalam Perangkat lunak aplikasi komputer mikro. Contoh : Ms. Word, Ms. Excel
g. Artificial Intellegence Software
Perangkat Lunak yang digunakan dalam adalah Perangkat lunak aplikasi kecerdasan buatan. Contoh : program untuk robot.
h. Web Perangkat lunak
Contoh : Mac. Dreamweaver
Sudah ingat kembali mengenai Materi Rekayasa Perangkat Lunak yang di atas? Kalau sudah anda bisa lanjut dengan dua hal lagi yaitu sebagai berikut.
4. Software Process model
- Linier Sequential Model = Sebuah pendekatan pengembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial. Disebut juga classic life cycle. Contoh : Waterfall model , V model, RAD Model
- Prototyping Model = berfungsi sebagai mekanisme pendefinisian kebutuhan
- Evolutionary Model – contoh : Incremental Model, Spiral Model, Component Assembly Model, Concurrent Development Model
- Formal Model
- Fourth Generation Techniques
5. Prinsip desain yang baik
- Naturalness/Bersifat Natural – Dialog yang dibangun harus diusahakan secara natural/alamiah sesuai dg kebiasaan & kemampuan user. Misal : bhs: copy, save, open, print rename mudah dimengerti
- Consistency/Bersifat konsisten – Konsisten sangat penting untuk menghindari frustasi user
- Minimizing/Bersifat - Setiap dialog yang dibangun harus diupayakan untuk Meminimalkan USER ERROR dan Meminimalkan perubahan data yang disebabkan oleh USER (sengaja/tidak)
- Supportiveness/Memiliki daya dukung (Bantuan) - Memiliki fasilitas/kemampuan asistesi, mis: msgbox salah
- Flexxibility/Sifat fleksibel - Diberikan berbagai cara untuk dapat mengakses software
Sedikit namun kiranya inti atau point penting dalam Ringkasan Materi Rekayasa Perangkat Lunak di atas bisa menjadi media pengingat bagi kita semua. Silahkan dilanjutkan pada materi berikutnya, terima kasih banyak atas kunjungannya!