Wednesday, August 13, 2014

Rangkuman Materi Tehnik-Tehnik Pengolahan Data

Rangkuman Materi Tehnik-Tehnik Pengolahan Data - Untuk memperbanyak referensi khususnya berbagai ringkasan materi atau rangkuman yang bisa digunakan untuk belajar kali ini kita akan bahas mengenai Tehnik-Tehnik Pengolahan Data. Mudah-mudahan dengan ringkasan yang akan diberikan cara belajar kita lebih efektif dan lebih mudah memahami materi tersebut.

Pada rangkuman materi ini kita akan membahas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan pengantar teknologi informasi yaitu Tehnik-Tehnik Pengolahan Data. Pembahasan ini akan meliputi beberapa hal yaitu:
1. Batch Processing System 
2. Database system
3. Data communication systems
4. Offline communication systems
5. Online Communication System 

Selain materi-materi di atas, akan dibahas juga beberapa pengertian dan contoh untuk materi yang berkaitan yaitu mengenai:
a. Online Realtime communication system
b. Time Sharing System 

Jika anda kebetulan memang sedang belajar mengenai salah satu materi kuliah pengantar teknologi komputer ini maka silahkan baca dan cermati serta pahami Rangkuman Materi Tehnik-Tehnik Pengolahan Data yang ada berikut ini.

1. Batch Processing System 
Adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. 

Contoh : e-mail dan transaksi batch processing.

2. Database system
Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Contoh : Program pada mesin kasir/ Infentori data mini market

3. Data communication systems
Transmisi informasi yang dihasilkan dengan computer.

Contoh: Jaringan akses terminal/ melakukan komunikasi dengan operator lain.

4. Offline communication systems
Offline communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit). 

Contoh : pengolahan informasi dari audience televise/radio.

5. Online Communication System 
Berbeda dengan sistem komunikasi offline, pada sistem ini data yang dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer, dalam hal ini CPU. Data yang dikirimkan akan langsung diterima oleh komputer pusat untuk diolah. On Line Communication System dapat berbentuk remote job entry (RJE) system, realtime system,time sharing atau distributed data processing system. 

Contoh: transaksi online. 

6. Online Realtime communication system
Realtime System; sesuatu yang memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer, diolah di pusat komputer seketika pada saat data diterima dan mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga. 

Contoh : ATM 

7. Time Sharing System 
Adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian. Christopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. 

Baru pada tahun 1961, pertama kali sistem yang benar-benar berbentuk time sharing system dilakukan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System) yang bisa melayani sebanyak 8 pemakai dengan menggunakan komputer IBM 7090.

Contoh : Jaringan Komputer/ Networkgroup

Untuk materi lain yang berkaitan dengan mata kuliah pengantar teknologi informasi anda bisa membacanya di bagian bawah tulisan ini. Jangan lupa, untuk lebih mudah dalam mencari referensi berbagai tugas kuliah silahkan catat alamat website ini. Itu saja ulasan singkat mengenai Tehnik-Tehnik Pengolahan Data kali ini, semoga bermanfaat.

Rangkuman Materi Tehnik-Tehnik Pengolahan Data Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Marwiyah