Monday, August 25, 2014

Materi Olahraga tentang Perwasitan Terlengkap

Materi Olahraga tentang Perwasitan Terlengkap - Salah satu materi yang harus dipelajari, dipahami dan dikuasai oleh siswa dalam pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan adalah mengenai perwasitan. Biasanya guru di sekolah akan menjelaskan mengenai berbagai hal berkaitan dengan perwasitan dari berbagai olahraga yang dipelajari. Terkadang, untuk memperkuat pemahaman, siswa juga diminta untuk membuat rangkuman materi atau ringkasan mengenai materi perwasitan yang sudah ditentukan.

Pada website tugas kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai hal itu, yaitu mengenai berbagai materi perwasitan olahraga yang harus dipelajari oleh rekan pelajar semua. Berkaitan dengan perwasitan ini biasanya kita akan belajar mengenai beberapa hal berikut:
1. Fungsi dan tugas wasit
2. Peraturan wasit dan permainan
3. Sarana dan prasarana wasit

Sebelum lebih jauh membahas mengenai perwasitan tersebut ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan wasit dan juga perwasitan. Untuk lebih jelas mengenai hal ini anda bisa membaca penjelasannya berikut


Difinisi Pengertian Perwasitan

Perwasitan adalah segala hal yang berhubungan dengan wasit. Wasit adalah seorang yang memimpin jalannya pertandingan. Namun menjadi seorang wasit tidaklah hanya bisa memimpin namun juga bisa menjadi penolong, penengah, pemisah, pengadil, penentu dan lain-lain. Wasit adalah faktor utama penentu lancarnya jalannya pertandingan. Karena wasitlah yang sepenuhnya menguasai lapangan pertandingan.

Menjadi seorang wasit yang bijaksana sangatlah sulit. Untuk menjadi seorang wasit yang bijaksana haruslah adil, tidak memihak, berpengetahuan luas,  jujur, tidak tempramental, sosialis, dan berdedikasi tinggi. Hal hal itulah yang perlu diterapkan untuk menjadi wasit yang bijaksana. 

Seorang wasit tidak hanya semata mata memimpin pertandingan, namun harus berlaku seadil-adilnya agar pertandingan itu berjalan dengan tertib dan lancar. Wasit haruslah mengerti secara mendetail tentang peraturan sesuai cabang olahraga yang digelutinya. Agar suatu waktu juka ada komplain dari pihak oficial club, pelatih maupun penonton seorang wasit tidak kebingungan menjelaskan keputusan.

Selain itu wasit haruslah mampu berfikir cepat, mampu mengambil tindakan dengan cepat tepat dan efisien. Untuk itu dibutuhkan  kondisi fisik dan psikis bagi seorang wasit haruslah prima. Wasit haruslah bisa memimpin dengan tegas, meski dibawah tekanan suporter maupun  oficial. Wasit tidak boleh ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau bahkan takut dalam mengambil keputusan. Jadi itulah hal hal tentang wasit, dan hal itulah yang di sebut perwasitan.

Filosofi perwasitan adalah pandangan mengenai sosok wasit. Wasit adalah orang yang ditunjuk sebagai pangambil keputusan dalam suatu pertandingan. Wasit adalah seorang yang memiliki wewenang untuk mempimpi/mengatur jalanya suatu pertandingan olahraga agar dapat berjalan benar dan adil.

Wasit memiliki hak penuh selama pertandingan kepada seluruh pemain, pelatih dan official dari awal akhir pertandingan. Ada beberapa istilah wasit :
  • Bahasa inggris (refree, jugde, atau linesman)
  • Bahasa Belanda (rednter adalah sebuah dewan untuk menilai dan menghakimi sesuatu atau seseorang)

Filosofi peran dan fungsi seorang wasit adalah wasit penengah, perantara, penentu, pemimpin, permirsah, pelerai, dan pendamai.
  1. Penengah, perantara artinya wasit adalah orang ketiga dalam pertandingan yang berfungsi sebagai penengah atau pemecah permasalahan daladm kesalahpahamaan baik antara pemain, supporter ataupun pelatih.
  2. Penentu pemimpin, artinya wasit adalah pemimpin atau figure, panutan atau model yang dapat diteladani dan dipertanggungjawabkan dalam setiap keputusan yang diambil. Wasit juga berperan sebagai penentu menang kalah dalam suatu pertandingan.
  3. Permirsah, pelerai, dan pendamai

Perwasitan dalam Olahraga

Setelah jelas dan mengerti mengenai arti dari kata perwasitan sekarang kita akan langsung membahas mengenai perwasitan dalam olahraga. Materi ini akan menjelaskan berbagai perwasitan yang perlu dipelajari yaitu untuk semua cabang olehraga yang ada. 

Untuk memudahkan kita dalam mempelajari materi ini, kita akan membagi jenis perwasitan tersebut kedalam tiga jenis materi yaitu:
1. Materi tentang Perwasitan Bola Besar
2. Materi tentang Perwasitan Bola Kecil
3. Materi tentang Perwasitan Olahraga Lainnya

Karena masing-masing materinya banyak maka penjelasan dari ketiganya akan diberikan terpisah sesuai dengan jenis olahraganya masing-masing. Untuk mempelajari masing-masing perwasitan silahkan melalui tautan yang ada di atas.

Pada materi Perwasitan Bola Besar akan dibahas seluruh perwasitan untuk olahraga yang termasuk bola besar yaitu meliputi:
a. Perwasitan sepak bola
b. Perwasitan bola basket
c. Perwasitan bola voli dan seterusnya.

Untuk Materi tentang Perwasitan Bola Kecil tentu akan membahas perwasitan bola kecil yaitu antara lain sebagai berikut:
a. Perwasitan bulutangkis
b. Perwasitan tenis meja
c. Perwasitan badminton
d. Perwasitan foofsal dsb

Sedangkan untuk materi tentang Perwasitan Olahraga lainnya kita akan belajar bagaimana menjadi wasit untuk beberapa olahraga selain dari kedua jenis tersebut misalnya untuk:
1. Perwasitan olahraga renang
2. Perwasitan olahraga lari
3. Perwasitan baseball
4. Perwasitan softball
5. Perwasitan lompat jauh dan lain sebagainya


Materi Olahraga tentang Perwasitan Terlengkap

Selain harus mengetahui dan memahami mengenai Materi Perwasitan seorang siswa juga dituntut untuk lebih mendalami beberapa hal lain seperti misalnya teknik dasar permainan, peralatan olahraga dan lain sebagainya. Jika anda membutuhkan materi tersebut silahkan baca langsung di bagian bawah tulisan ini.

Itu saja khusus Materi Olahraga tentang Perwasitan Terlengkap kali ini, semoga bisa menjadi tambahan referensi belajar kita semua. Jangan lupa catat alamat website ini untuk mencari berbagai referensi atau bahan belajar atau tugas yang anda butuhkan.

Materi Olahraga tentang Perwasitan Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Duwa Ananda